Cara Membuat Roti Ketawa Renyah Manis

cara membuat roti ketawa renyah

Roti ketawa, apa yang yang pertama kali terlintas di kepala kalian. Mengapa di sebu t roti ketawa? pada artikel kali ini saya akan membagikan resep cara membuat roti ketawa renyah. Sebelum ke resepnya ada baiknya mengetahui apa itu roti ketawa simak penjelasannya sebagai berikut.

 

Apa Itu Roti Ketawa

Roti ketawa merupakan kuliner tradisional asli Indonesia khas Pematangsiantar yang cukup terkenal. Bentuknya seperti onde-onde karena ditaburi wijen. Bedanya, roti ketawa pecah hampir terbelah dan keras tidak seperti onde-onde yang lembut.

Bentuknya yang bulat dan pecah tampak seperti bentuk mulut orang tertawa, maka orang Medan dan sekitarnya menyebut roti ketawa. Roti ketawa menjadi khas oleh-oleh Pematangsiantar, bisa didapatkan di Gerai Oleh-oleh Roti Ketawa Sambo di Jalan Pendeta Justin Sihombing, Siantar Timur, Pematang Siantar, Sumatera Utara.

 

Sejarah Roti Ketawa

Roti ini diperkirakan sudah terkenal dan mulai eksis sejak tahun 1978. Sama seperti dengan roti ganda, pembelinya harus mendatangi secara langsung ke tokonya tersebut. Hampir mirip dengan onde-onde roti ini memiliki bentuk yang bulat dan sama-sama ditaburi oleh biji wijen.

 

Mirip Onde Onde

Yang membedakan adalah roti ketawa ini digoreng di mana sisinya pecah hampir terbelah dan rasanya pun gurih. Bentuknya yang bulat dan terdapat belahan di permukaannya sehingga menyerupai seperti sebuah senyuman atau ketawa. Mungkin bentuk itulah yang menjadi asal mula roti ini disebut dengan nama roti ketawa.

Di beberapa daerah roti ini dipanggil dengan sebutan onde-onde ketawa. Roti ini memiliki tekstur yang sedikit keras, dan juga rapuh jika baru saja diproduksi atau dimasak.

 

Enak Disajikan saat Hangat Maupun Dingin

Bagi Anda yang ingin menikmati roti ketawa dengan sensasi roti yang hangat dan lembut di mulut, maka dapat mengonsumsi roti ketawa dalam keadaan masih panas.

Namun, jika ingin menikmati roti ketawa dengan sensasi yang lebih keras dan rapuh, Anda dapat mengonsumsinya ketika roti tersebut dalam keadaan dingin.

 

Cara Membuat Roti Ketawa Yang Mudah

Jika Anda ingin mencoba membuat roti ketawa sendiri di rumah, cara membuatnya tidak sulit. Bahan-bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan, yaitu tepung terigu, telur, mentega, gula, soda kue, pengembang, vanilla, wijen, air, serta minyak goreng. Lama pembuatannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama.

Bagi pemula, bisa jadi roti yang dihasilkan tidak terbelah sempurna atau biji wijen yang berjatuhan saat digoreng. Itulah mengapa dibutuhkan air sebagai salah satu bahan lengkapnya. Bukan hanya untuk dicampurkan di dalam adonan, tetapi juga untuk membaluri adonan mentah yang sudah dibentuk secara bulat-bulat sebelum dibaluri dengan wijen.

 

Cara Membuat Roti Ketawa Renyah Manis

cara membuat roti ketawa renyah

Bahan-Bahan :

  • ½ kg tepung terigu
  • 15 sdm gula halus
  • ½ sdt soda
  • 1 butir telur
  • 1 sdm margarine
  • ½ sdt baking powder
  • 50 ml minyak goreng
  • Air secukupnya
  • pewarna makanan secukupnya
  • Wijen secukupnya

    Cara Membuat Roti Ketawa Renyah

  1. Yang pertama campurkan semua bahan kecuali bahan pelengkap.
  2. Selanjutntya aduk rata, setelah kalis bentuk bulat bulat kecil, lakukan sampai adonan habis.
  3. Kemudian celupkan adonan yg telah dibulatkan ke dalam bahan pelengkap, air, kemudian gulingkan di tumpukan wijen.
  4. Sementara itu potong atas adonan menggunakan gunting, membentuk huruf x.
  5. Selanjutnya goreng di minyak panas dengan api kecil.
  6. Setelah mengapung dan matang, angkat tiriskan.

 

Harga Roti Ketawa

Karena bahannya yang sederhana dan digoreng dalam suhu yang tinggi, membuat roti ketawa tahan lama. Cukup simpan di dalam wadah plastik agar tetap enak bila ingin dikonsumsi lagi. Oh iya, harganya hanya berada di rentang Rp15.000 – 30.000 per pack. Tergantung jumlah dan ukurannya saja.

 

Kandungan Gizi Roti Ketawa

Kue Onde-Onde mengandung energi sebesar 101 kilokalori, protein 2,9 gram, karbohidrat 15,5 gram, lemak 3,1 gram, kalsium 0,02 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 1,57 miligram. Selain itu di dalam Kue Onde-Onde juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 35 gram Kue Onde-Onde, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

 

Tips Membuat Roti Ketawa Wijen

  1. Pada saat menggoreng roti ketawa ini perlu menggunakan api sedang. Saat menggunakan api besar maka bisa membuat roti ketawa cepat hangus dan tidak merata. Oleh karema itu ketika menggoreng roti ketawa perlu menjaga api pada suhu sedang.
  2. Gunakan wajan anti lengket, agar roti ketawa mudah matang merata serta tidak mudah hangus, disarankan untuk menggunakan wajan anti lengket yang tebal, dan tidak menggunakan bahan alumunium.
  3. Wijen terlepas ketika digoreng? Wijen pada roti ketawa ini lepas ketika digoreng maka harus digoreng sebelum dimasukkan dalam lemari pendingin selama kurang lebih 1 jam. Jika sudah dingin maka segera digoreng.
  4. Menggoreng dengan jumlah roti ketawa yang sesuai. Jika memasukkan adonannya terlalu banyak pada wajan maka dapat mengakibatkan roti berhenti berhenti antara satu dengan lainnya sehingga hasilnya tidak merata.

 

Baca juga : cara membuat roti ketawa wijen

Related posts