Cara Membuat Roti Selai Nanas simple Dan Enak

cara membuat roti selai nanas

Camilan sehari-hari yang memiliki tekstur yang lembut berisi selai nanas asam manis ini sudah tidak asing di kalangan masyarakat, yang biasanya selalu membeli, sekarang kalian bisa membuatnya sendiri di rumah lho. Penasaran dengan cara membuat roti selai nanas? Yuk langsung saja simak.

 

Apa Itu Roti Selai Nanas?

Roti adalah produk pangan olahan yang merupakan hasil proses pemanggangan adonan yang telah difermentasi. Bahan utama dalam pembuatan roti terdiri dari tepung terigu, air, ragi, dan garam. Sedangkan bahan penambah rasa dan untuk menaikkan nilai gizi serta warna yaitu gula pasir, susu, dan telur , serta bahan pelembut yaitu lemak.

Untuk penguat gluten, memperpanjang daya simpan dan penambah vitamin bagi ragi atau sering disebut dengan bahan peningkat adalah bread improver. Roti yang lebih dikenal masyarakat pada umunya yaitu roti polos, tapi kini roti sudah di modifikasi dengan variasi bahan isi, seperti buah-buahan.

 

Sejarah Roti Selai Nanas

Menurut sejarah perkembangan, roti sudah ada sejak beberapa ratus tahun yang lalu di Negara Mesir kuno. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Kraus, Urike. and Ruth Mader (2004) masyarakat Mesir kuno mempunyai pikiran bahwa roti merupakan makanan yang mempunyai nilai gizi lebih baik dari makanan pokok lainnya, sehingga dalam berbagai bentuknya dijadikan sebagai makanan pokok penduduk banyak di Dunia.

Zaman dulu roti dibuat dari gandum yang digiling menjadi terigu murni yang dicampur air dan dibakar di atas batu panas atau dasar tungku yang sangat sederhana. Sejalan dengan kemajuan zaman dan teknologi ditemukan bahwa roti yang didiamkan beberapa saat mempunyai cita rasa dan tekstur lebih baik dibandingkan dengan roti yang langsung tanpa proses didiamkan terlebih dahulu.

 

Cara Membuat Roti Selai Nanas

cara membuat roti selai nanas

Bahan-Bahan :

  • 500 gram tepung terigu
  • 10 gram ragi instan
  • 75 gram gula pasir
  • 25 gram susu bubuk
  • 50 gram margarin
  • 1 butir telur
  • 250 ml air

Bahan selai Nanas :

  • 500 gram nanas, parut
  • 125 gram gula pasir
  • 3 cm kayu manis
  • 1 sdm air jeruk lemon

Cara Membuat Roti Selai Nanas :

  1. Yang pertama siapkan oven dengan suhu 190 derajat celcius.
  2. Selanjutnya, kedua membuat isian, masak nanas parut sampai kering, beri gula pasir, kayu manis, dan air jeruk lemon. Lalu aduk hingga mengental, angkat dan dinginkan.
  3. Kemudian, membuat roti, campurkan tepung terigu, ragi instan, gula, susu, dan margarin. Remas-remas hingga menjadi butiran kecil. Lalu, masukkan telur, aduk rata.
  4. Sementara itu, tekan-tekan adonan, kemudian balik. Sementara itu, diamkan lagi selama 15 menit sampai adonan naik kembali.
  5. Berikutnya, bagi adonan menjadi 20 buah, pipihkan, lalu isi dengan selai nanas.
  6. Selanjutnya, tata adonan roti di loyang yang telah diolesi margarin. Sementara itu, diamkan selama 30 menit. Lalu olesi permukaannya dengan kuning telur, kemudian, panggang selama 25 menit atau hingga matang.

 

Cara Menyimpan Roti Selai Nanas

cara membuat roti selai nanas

  1. Untuk membuat selai nanas tahan lama, pastikan Anda memilih nanas yang matang, manis, dan tidak tampak ciri-ciri sudah akan membusuk.
  2. Tidak hanya bahan utamanya saja yang harus diperhatikan, alat persiapan, pengolahan, dan wadah penyimpanan juga harus diperhatikan.
  3. Pastikan alat dan wadah yang digunakan sudah benar-benar bersih dan kering.
  4. Perhatikan, jangan menggunakan alat persiapan dan pengolahan yang berbahan aluminium. Karena, peralatan aluminium yang digunakan akan membuat selai menjadi pahit, dan berwarna kebiruan.
  5. Alat persiapan, pengolahan, dan penyimpanan yang tepat sebaiknya berbahan kaca dan kayu.
  6. Tapi, perhatikan juga khusus untuk peralatan berbahan kayu, harus benar-benar bersih dan tidak berjamur.
  7. Jika Anda belum yakin dengan kebersihan dan sterilnya peralatan yang dicuci menggunakan sabun di bawah air mengalir, cukup cuci peralatan Anda dengan air panas.
  8. Gula memang menjadi bahan pengawet alami dalam pembuatan selai nanas. Namun, jika dirasa penggunaan gula dalam campuran selai membuatnya tidak terlalu tahan lama, cukup taburi lagi gula pasir di bagian atas selai nanas yang sudah dimasukkan ke dalam wadah, dengan ketebalan ½ cm.
  9. Perhatikan area penyimpanan selai nanas. Pastikan area penyimpanan selai nanas bersih dan tidak dekat dengan barang lain yang dapat mengubah rasa serta aroma selai nanas. Seperti, sabun atau kapur barus.
  10. Agar selai nanas lebih tahan lama, simpan selai di dalam lemari pendingin. Karena, selai nanas yang disimpan di suhu ruang hanya akan bertahan selama lima hari, sedangkan jika di dalam lemari pendingin akan tahan hingga satu bulan, bahkan lebih.

 

Baca juga : cara membuat kue nastar nanas

Related posts