Cara Membuat Sale Pisang Renyah Tahan Lama

cara membuat sale pisang renyah tahan lama

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan resep atau cara lagi yaitu cara membuat sale pisang renyah tahan lama yang mudah untuk dibuat dan tentunya ala rumahan, dapat anda coba untuk membuatnya sedniri di rumah.

Namun sebelum kita membahas resepnya, kita akan membahas tentang pisang dan manfaat yang akan didapatkan jika mengonsumsinya.

Pisang

Pisang adalah nama umum yang diberikan untuk tanaman herba besar dengan daun besar memanjang yang tumbuh langsung dari batangnya. Batang pisang lunak karena terbentuk dari lapisan tengah yang lunak dan panjang. Batang agak keras ditemukan di permukaan tanah.

Pisang memiliki tangkai daun yang tersebar dan mudah sobek dengan batang yang runcing. Ukuran daun pada setiap jenis pisang juga bervariasi. Batang pisang menghasilkan bunga dalam jumlah banyak. Bagian bunga pisang akan membentuk buah yang disebut jengger.

Pisang dikelompokkan dalam satu bunga kompleks karena ukurannya berkurang. Secara taksonomi, pisang termasuk dalam genus Musaceae dan famili Musaceae. Berbagai jenis pisang tersebar di wilayah Malaysia. Varietas pisang yang paling banyak dibudidayakan di dunia adalah pisang hutan.

Pisang hutan jenis ini dapat tumbuh di hutan, perbukitan dan dataran rendah. Selain itu, pisang juga bisa ditanam bersamaan dengan tanaman lain seperti jagung dan singkong.Pisang dapat dipanen kapan saja, karena cocok untuk semua jenis musim.

Kematian pohon pisang hanya terjadi ketika pohon itu hanya berbuah satu kali selama hidupnya. Anda bisa makan pisang langsung atau dimasak terlebih dahulu. Kandungan nutrisi pada pisang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia dan juga dapat digunakan sebagai obat tradisional.

Awalnya, pisang adalah tanaman asli asli Asia Tenggara. Pisang tersebut kemudian menyebar ke seluruh wilayah dunia. Dari barat, pisang menyebar dari Samudra Atlantik ke pulau Madagaskar dan kemudian ke benua Afrika dan Amerika Latin dan Amerika Tengah. Sementara itu, pisang menyebar ke arah timur melalui Samudra Pasifik hingga Hawaii.

Baca juga : “Cara Membuat Kerupuk Jamur Tiram”

Manfaat Pisang

Dengan kandungan nutrisi yang beragam, ternyata banyak sekali manfaat pisang untuk kesehatan yang tidak boleh Anda lewatkan. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

Mengurangi resiko penyakit ginjal

Tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, kandungan potasium pada pisang juga digunakan untuk mencegah penyakit batu ginjal. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang selalu memenuhi asupan potasiumnya memiliki risiko lebih rendah terkena batu ginjal.

Mengurangi rasa mual saat hamil

Pisang mengandung vitamin B6 yang dapat mengurangi mual dan muntah selama kehamilan, sedangkan kandungan kalium dapat mengembalikan elektrolit yang hilang akibat muntah. Hal inilah yang menjadikan pisang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Jaga kesehatan sistem pencernaan Anda

Pisang merupakan sumber prebiotik, sehingga baik untuk menjaga kesehatan usus dan pencernaan. Penelitian juga menunjukkan bahwa probiotik dapat mengobati diare yang disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit, serta respon tubuh terhadap minum antibiotik.

Selain menyehatkan sistem pencernaan, pisang mengandung serat yang dapat mencegah sembelit dan kanker usus besar.

menurunkan berat badan

Pisang dikenal sebagai buah yang berserat tinggi. Kandungan serat di dalamnya dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan, sehingga Anda tidak makan terlalu banyak.

Inilah mengapa pisang baik untuk Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

Meredakan sakit maag

Pisang dapat merangsang peningkatan lendir di perut sehingga dapat meredakan atau mencegah sakit maag. Pisang juga berperan sebagai antasida alami yang bekerja dengan cara menetralkan asam lambung sehingga dapat mengatasi rasa sakit akibat maag.

Resep atau cara membuat sale pisang renyah tahan lama

cara membuat sale pisang renyah tahan lama sebenarnya cukup mudah, berikut ini caranya.

Cara Membuat Sale Pisang Renyah Tahan Lama (Sale pisang lilit empuk dan renyah)

Bahan-bahan

  • 150 gr sale pisang
  • 300 gr tepung terigu
  • 50 gr kanji
  • 65 gr gula halus
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt b powder
  • 50 gr buter
  • 50 ml masing2 air dan air kapur sirih
  • Secukupnya minyak goreng
  • 1 bungkus vanili bubuk

Langkah-langkah

  1. Potong2 sale pisang yg telah di jemur, uk panjang pendekx sesuai selera saja, sisihkan
  2. Masukkan semua bahan, kecuali buter dan air, aduk semua hingga tercampur rata, lalu masukkan butter, aduk lagi pake tangan saja, terakhir masukkan air kapur sirih dan air putih, uleni hingga kalis, istirahat kan adonan sekitar 10 menit.
  3. Ambil sebagian adonan, lalu gilas hingga agak tipis jangan terlalu tebal, kerat adonan memanjang, lalu ambil sale pisang yg sudah di potong tadi, ambil 1 potongan sale pisang kemudian ambil 1 adonan yg telah di kerat, likitkan pada sale pisang.
  4. Lakukan hingga habis dan selesai, kemudian panaskan minyak goreng,lalu goreng sale pisang yg sudah di lilit tadi, goreng hingga matang dan berubah warna, pake api sedang saja, stelah selesai di goreng semua, angin2kan sebentar,lalu masukkan toples.

Baca juga : Cara Membuat Keripik Sale pisang yang Simple dan Enak”

Cara Membuat Sale Pisang Renyah Tahan Lama (Sale pisang renyah)

Bahan-bahan

  • 8 buah pisang matang
  • Bahan celupan
  • 2 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung terigu
  • Secukupnya gula
  • Air

Langkah-langkah

  1. Potong pisang agak tipis. 1 pisang bisa jadi 3-4. Disini gak terlalu tipis agar nanti tidak terlalu alot.
  2. Tata potongan pisang di tampah yang sebelumnya sudah dtaburi tepung beras. Lalu jemur. Jangan lupa di balik ketika menjemur. Jemur 3-4 hari tergantung terik matahari. Lebih baik jika di oven.
  3. Setelah selesai di jemur. Masukkan bahan adonan. Jangan terlalu kental juga jangan terlalu encer. Celup pisang ke adonan lalu goreng.

Cara Membuat Sale Pisang Renyah Tahan Lama (Pisang sale goreng renyah)

Bahan-bahan

  • 4 bh pisang ambon kematengan
  • Bahan celupan tepung:
  • 3 sdm tepung beras
  • 1/2 sdm tepung tapioka
  • Secukupnya air

Langkah

  1. Iris tipis pisang ambon sesuai selera, tata diatas loyang, panggang dalam oven dengan api kecil hingga kering kehitaman jgn lupa dibolak balik. Biarkan dingin di loyang

  2. Siapkan minyak baru, panaskan dengan api sedang (minyak cukup agar pisang gak nempel di dasar wajan ya)

  3. Campur bahan celupan, jgn cair… masukkan pisang, aduk rata, goreng satu-satu (saya ambil pake tangan biar gak lengket satu sama lain), atau bisa dicelup 1 goreng celup 1 goreng. Goreng hingga tepung terlihat kering dan kecoklatan, angkat tiriskan, sajikan renyah.

    Nah itulah tadi resep yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related posts