Cara Membuat Sate Lilit Ayam Simple

2 min read

Cara Membuat Sate Lilit Ayam Simple
Selain nasi campur Bali, pulau dewata punya sate yang unik dan enak. Sate lilit biasa dibuat dari daging ikan dengan bumbu genep yang komplet. Dililitkan pada sebatang serai sehingga saat dibakar di atas api arang aromanya makin sedap. Kali ini aku mau kasih tau cara membuat sate lilit ayam simple ala rumahan. Jangan sampai ketinggalan resepnya.

Cara Membuat Sate Lilit Ayam Simple Anti Gagal.

Cara Membuat Sate Lilit Ayam Simple Anti Gagal.

Bahan-Bahan :

  • 500 g daging ayam cincang
  • 2 sdm minyak sayur
  • 50 g bawang merah, cincang halus
  • 20 g bawang putih, cincang halus
  • 2 buah cabai merah, buang bijinya, cincang halus
  • 10 g jahe, cincang halu
  • 10 g lengkuas, cincang halus
  • 5 g kencur, cincang halus
  • 5 g kunyit, cincang halus
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 butir cengkih, haluskan
  • 1/2 sdt pala bubu
  • 2 g g ketumbar halus
  • 2 g biji wijen putih, haluskan
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdt garam
  • 12 batang buah serai
  • 1 lembar daun jeruk, iris halus
  • 30 g g kelapa parut
  • 12 batang serai

Cara Membuat Sate Lilit Ayam Simple:

  1. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi.
  2. Tambahkan rempah dan bumbu halus lainnya.Aduk hingga wangi dan layu. Angkat.
  3. Haluskan bumbu tumis dengan blender hingga lembut.
  4. Campurkan bumbu halus dengan daging ayam cincang. Aduk dengan tangan hingga benar-benar rata.
  5. Tambahkan daun jeruk dan kelapa, aduk hingga rata.
  6. Bagi adonan menjadi 12 bulatan.
  7. Taruh bulatan adonan di ujung batang serai. Tarik ke arah bawah sambil putar adonan mengelilingi ujung atas batang serai hingga menjadi bulat panjang.
  8. Panggang sate di atas bara api sambil balik-balik hingga matang.
  9. Angkat, sajikan dengan sambal.
Baca Juga : resep sate lilit ayam khas bali

Manfaat Daging Ayam Bagi Kesehatan.

Manfaat Daging Ayam Bagi Kesehatan.

1. Membantu Pembentukan Otot

Protein yang tinggi dalam kandungan daging ayam membantu untuk memaksimalkan pembentukan otot. Selain itu, protein juga membantu untuk menguatkan otot-otot tubuh.

Umumnya, manfaat ayam ini dipilih oleh mereka yang tengah melakukan pembentukan otot melalui gym. Dalam hal ini, bagian ayam yang cocok untuk menambah massa otot adalah bagian dada dan paha dengan jumlah protein 25 sampai 30 gram dalam satu potongnya.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Jumlah vitamin B6 yang ada menghasilkan manfaat pada ayam untuk meningkatkan metabolisme tubuh.Kandungan vitamin B6 pada daging ayam berfungsi untuk mendorong enzim dan proses metabolisme tubuh yang digunakan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, sumber energi, dan pembakaran kalori.

3. Mengatur Kadar Kolesterol

Beberapa beranggapan bahwa daging ayam banyak mengandung kolesterol jahat. Padahal sebaliknya, manfaat mengkonsumsi daging ayam adalah adanya kandungan niacin yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat.Oleh sebab itu, disarankan untuk mengkonsumsi ayam tanpa lemak dan diolah dengan cara direbus secara rutin.

4. Mengurangi Gejala PMS

Kandungan magnesium dalam daging ayam pun ternyata dapat menenangkan gejala sindrom pra menstruasi (PMS). Magnesium mampu melawan beragam perubahan suasana hati yang umumnya dialami oleh wanita ketika masa menstruasi.

5. Menghilangkan Stres

Manfaat ayam lainnya adalah kandungan vitamin B5 dan tryptophan yang ada pada daging ayam memungkinkan untuk menghilangkan stres.

Zat ini dapat memberikan efek tenang pada saraf manusia, sehingga dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan produksi serotonin yang ada di dalam otak.

6. Merawat Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C pada pada daging ayam juga tidak kalah baiknya untuk kesehatanmu. Vitamin C yang ada dalam kandungan daging ayam membuat kulit sehat dan mengandung zat antioksidan yang bagus untuk kulit tubuh.

7. Membuang Racun pada Tubuh

Selain untuk membentuk massa otot, kandungan protein dalam daging ayam juga berguna membantu sistem yang ada dalam tubuh untuk membuang racung-racun yang berbahaya.

Racun-racun ini umumnya dari dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi. untuk itu, mengkonsumsi daging ayam secara rutin haruslah dijalani.

8. Mencegah Alzheimer

Manfaat ayam selanjutnya adalah mencegah penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah penyakit yang menyerang fungsi otak yang ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan berbicara, juga perubahan perilaku lainnya.

Sekian dulu pembahasan tentang cara membuat sate lilit ayam simple. Jangan lupa mampir ke artikel miwww.net “resep masaka sayur lodeh terong ungu”Semoga bermanfaat dan sampai jumpa diartikel selnjutnya.

Agency Digital Jakarta Selatan

Yang sedang popular sementara ini ialah marketing online yanag banyak dilirik oleh para pelaku usaha maupun merk besar.Menariknya memanfaatkan Agency Digital Jakarta sendiri adalah,...
Guithay thay
1 min read

Langkah Menonton Film di Telegram secara Gratis dan Tanpa…

Aktivitas melihat film sekarang ini bukan hanya dapat dicicipi di bioskop atau tayangan tv saja. Karena zaman telah makin hebat beberapa program kekinian sediakan...
Guithay thay
3 min read

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di…

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di Dunia Berapa luar biasa Intel Core i9-12900K ini? Intel sah memperkenalkan keluarga processor Intel Core...
Guithay thay
4 min read