Cara Membuat Seblak Basah Telor Pedas Mantul Sederhana

2 min read

cara membuat seblak basah telor pedas

Makan khas dari Sunda Jawa Barat yang bercita rasa gurih dan pedas, yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi, dimasak dengan bumbu tertentu. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat seblak basah telor pedas.

Seblak

seblak

seblak yang merupakan makanan khas Bandung ini memiliki kemiripan dengan salah satu makanan khas daerah Sumpiuh, Jawa Tengah. Bahkan banyak juga yang mengira bahwa seblak merupakan makanan khas daerah Sumpiuh dari Jawa tengah.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Ada salah satu faktor yang membuat seblak dikira adalah makanan khas daerah Sumpiuh, yakni seblak sangat mirip dengan kerupuk yang direbus dan pada tahun 1940-an itu masih populer-populernya makanan yang seperti itu. Lalu seblak menjadi terkenal pada tahun 2000-an.

Dan ternyata nama dari seblak itu sendiri adalah nama bumbu yang terbuar dari bahan kencur dan cikur. Seiring dengan berkembangnya waktu, bapak penjual seblak itupun juga membuat variasi yang unik dari makanan seblak itu sendiri misalnya ia memakai bahan dasar kerupuk kuning, makaroni, tahu, bakso, hingga mie. Setelah itu di masak dengan beragam jenis toping lalu ditambahkan air dan cabe.

Seblak kini menjadi makanan jajanan jalanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat terutama di daerah Jawa Barat dan Jabodetabek. Seblak disajikan di rumah makan dan warung, serta dijajakan di gerobak pedagang keliling. Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi, baik rasa maupun bahan tambahan juga kemasan.

seblak telah mempunyai tidak sedikit variasi terutama yang ada di daerah Bandung. Terkecuali seblak basah ada pula seblak kering. Bagi anda pecinta sensasi pedas coba saja untuk mencicipinya. Apabila di daerah anda kesusahan mencari penjual seblak, tentunya anda mampu membuat sendiri bersama resep berikut yang kami sajikan.

cara membuat seblak basah telor pedas

Bahan-Bahan:

  • kerupuk sagu mentah warna putih 100 gr
  • minyak sayur 2 sendok makan
  • bakso sapi 6 butir, iris dengan tipis
  • telur ayam 1 butir, kocok
  • daun bawang 1 batang, iris halus
  • garam 1 sendok teh
  • kaldu ayam bubuk 1 sendok teh
  • air 50 ml
  • bawang merah goreng buat taburan
  • cabai rawit merah 10 buah
  • bawang putih 3 siung kupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • kencur 3 senti meter
  • bawang merah 2 butir
  • Bubuk cabai sesuai selera

Cara Membuat Seblak Basah Telor Pedas:

  1. Rendam lebih-lebih dulu kerupuk mentah bersama air panas biar kenyal sewaktu kurang lebih 10 menit. Tiriskan dulu, kemuadian sisihkan
  2. Panaskan minyak goreng dan setelah itu tumis bumbu halus hingga tercium bau harumnya.
  3. Tuangkan bakso sapi dan kerupuk yang telah direndam tadi.
  4. Tuangkan telur yang telah dikocok pada awal mulanya, aduk hingga berserabut.
  5. Tambahkan daun bawang, bubuk cabai, kaldu bubuk, dan garam aduk hingga rata
  6. Terakhir tuangkan air dan masak hingga seluruhnya sampai bahan menjadi matang.
  7. Sajikan seblak basah bersama ditaburi bawang goreng
Baca Juga:cara membuat seblak makaroni basah pedas 

Manfaat Seblak

  1. Mencegah Kanker

Seblak identik dengan rasa pedasnya. Makanya cabe murupakan bumbu utama pada seblak. Dalam cabe, banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh kapsiasin yang bisa mencegah kanker karena zat ini bisa membunuh sel-sel kanker yang membahayakan tubuh.

  1. Menyehatkan Jantung

Kandungan pada cabe sudah terbukti secara ilmiah bisa menyehatkan jantung anda. Hal ini dikarenakan cabe mengandung senyawa yang membuat jantung anda lebih aktif dan pastinya lebih sehat.

3.Sumber Vitamin C

Kandungan vitamin C yang tinggi pada seblak sangat penting untuk kesehatan dan bisa mencegah penyakit. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang bertujuan menahan oksidasi sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

4.Sumber Protein

Protein yang terdapat pada daging sebagai resep dan cara membuat seblak sangat bermanfaat untuk tubuh karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan anak, asupan protein yang cukup bisa membuat pertumbuhan anak akan lebih cepat dan tubuhnya akan semakin kuat.

Itu dia artikel dari saya kali ini tentang cara membuat seblak basah telor pedas semoga sangat bermanfaat untuk anda yang ingin membuatnya di rumah. Dan selamat mencobaa!.