Cara Membuat Seblak Kering Kerupuk Bantat Yang Gurih

2 min read

Cara Membuat Seblak Kering Kerupuk Bantat

Seblak, camilan satu ini kiranya tak lagi asing bagi kebanyakan orang. Popularitasnya membuat makanan ringan satu ini dikreasikan ke berbagai cara dan komponen penyajian. Salah satunya adalah seblak kering. Di kesempatan ini saya akan membagikan tips cara membuat seblak kering kerupuk bantat,

Cara membuat seblak kering sebenarnya mirip dengan kerupuk pedas pada umumnya. Seperti basreng pedas atau bakso goreng, ceker goreng, makaroni, kerupuk pedas, kerupuk mie pedas. Umumnya, seblak hanya di buat dari bahan dasar kerupuk mentah dan di rendam ke dalam air hangat agar tekstur berubah menjadi bantat.

Daripada semakin penasarn dengan bahan dan cara pembuatannya! yuk simak ulasan di bawah ini

Cara Membuat Seblak Kering Kerupuk Bantat

Bahan-Bahan:

  • 250 gram kerupuk warna-warni atau  bisa juga kerupuk bawang
  • 5 siung bawang putih, kupas menggunakan mesin pengupas bawang lalu iris
  • 1 bungkus cabai bubuk
  • 1 ruas jaru kencur, iris
  • 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Seblak Kering Kerupuk Bantat:

  1. Rendam kerupuk dalam minyak dingin selama 15 menit. Lagu, goreng dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk. Jangan dibiarkan mengembang. Goreng sampai matang dan bantat. Angkat, tiriskan.
  2. Goreng bawang putih, kencur, dan daun jeruk. Angkat, tiriskan.
  3. Tumbuk bawang putih, kencur, dan daun jeruk. Tambahkan cabai bubuk. Aduk rata.
  4. Campurkan bumbu dengan kerupuk. Aduk rata. Seblak kering siap dinikmati.
Baca Juga: cara membuat kerupuk seblak kering tidak mengembang 

Manfaat Seblak

manfaat seblak

Sekarang ini seblak sudah menjadi makanan favorit yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Seblak merupakan makanan khas Jawa Barat yang memiliki rasa yang sangat nikmat dan sangat digemari oleh para pecinta kuliner pedas.  Makanan yang berbahan dasar kerupuk ini memiliki citra rasa yang khas bercampur pedas dan gurih ini membuat orang – orang ketagihan ketika memakannya.

Mengonsumsi seblak ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Tetapi anda harus bijak dalam mengkonsumsinya, karena memakan makanan pedas yang berlebihan malah bisa menimbulkan penyakit lainnya. Berikut manfaat seblak yang baik bagi tubuh, antara lain.

1.Menurunkan Berat Badan & menghilangkan stress

Ternyata dengan memakan seblak bisa menurunkan berat badan serta bisa menghilangkan stress. Hal ini terjadi dikarenakan metabolisme dalam tubuh kita akan meningkat ketika saat memakan seblak sehingga tubuh kita akan berkeringat.

Tentunya ini membuat tubuh kita membakar makanan di dalam tubuh dan bisa menurunkan berat badan yang berlebih. Seblak merupakan salah satu makanan yang memiliki citra rasa yang pedas. Banyak yang tidak tahu kalau memakan makanan yang pedas ternyata bisa menghilangkan stress.

Hal ini terjadi dikarenakan efek kejut pada lidah saat memakan makanan yang pedas membuat tubuh kita menghasilkan hormon yang  bisa menghilangkan stress.  Jadi dengan memakan seblak sangat cocok ketika anda sedang mengalami stress dikarenakan aktivitas pada kegiatan sehari-hari.

2.Mencegah Kanker

Hal yang selanjutnya yaitu ternyata seblak dapat mencegah terrjadi kanker pada tubuh. Hal ini dikarenakan cabe yang digunakan sebagai salah satu bumbu utama pada pembuatan seblak memiliki kandungan zat yang bermanfaat bagi tubuh. salah satu kandungan dalam cabe yaitu kapsiasin yang bisa mencegah kanker, zat ini ternyata bisa membunuh sel-sel kanker yang dapat membahayakan tubuh.

Akan tetapi jangan mengkonsumsi cabe secara berlebihan, karena bisa membahayakan tubuh anda sendiri. Selain dapat merusak lambung, mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan bisa menyebabkan diare yang membuat anda kehilangan cairan pada tubuh.

3.Sumber Vitamin C

Kandungan vitamin C yang ada pada makanan seblak berasal dari cabe yang sangat penting untuk kesehatan dan bisa mencegah penyakit didalam tubuh. Vitamin C ini berfungsi sebagai antioksidan yang bertujuan menahan oksidasi sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Hal ini membuat tubuh kita lebih siap saat menghadapi perubahan cuaca yang biasanya membuat tubuh kita rentan terhadap penyakit. Selain itu vitamin C yang terdapat pada cabe juga dapat menyehatkan kulit serta bisa membuat kulit semakin kencang dan mencegah penuaan dini pada wajah Anda.

4.Menyehatkan Jantung

Kandungan yang ada pada cabai ternyata dapat menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Penelitian juga menunjukkan kadar kolesterol jahat/LDL bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Hal ini terjadi karena kandungan dalam cabai yang mebuat pedas yaitu Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung.

Oleh karena itu Kandungan yang ada pada cabe sudah terbukti secara ilmiah bisa menyehatkan jantung anda. Hal ini dikarenakan cabe mengandung senyawa yang membuat jantung anda lebih aktif dan pastinya lebih sehat.

Demikian artikel dari saya tentang cara membuat seblak kering kerupuk bantat, semoga sangat bermanfaat untuk anda. Dan selamat mencobaa!