Cara Membuat Tahu Mentah Sutra Yang Bisa Kamu Coba

2 min read

cara membuat tahu

Pada artikel kali ini saya akan berbagi cara membuat tahu putih mentah yang bisa kamu coba dirumah. Tahu ini sering kamu temui di aneka makanan, oleh karenanya tahu kerap digunakan untuk bahan tambahan makanan dan juga lauk.

Apa sih Tahu itu?

Tahu adalah makanan yang digumpalkan dari sari kedelai. Tahu dibuat di Cina, begitu juga kecap, tauko, baozi, dan bakso. Nama “tahu” merupakan serapan dari kata Fujian (tahu) (Hanzi :, Hanyu Pinyin: Douf), yang secara harfiah berarti “kedelai yang difermentasi”.

Tahu sudah dikenal di China sejak dinasti Han sekitar 2200 tahun yang lalu. Penemunya adalah Liu An (Cina :), seorang bangsawan yang merupakan cucu Kaisar Gaozu, yang mendirikan dinasti Han.

Bagaimanakah Perkembangan Tahu di Indonesia

Tahu mengalami perkembangan di Indonesia, dan berbagai jenis tahu dan jajanan yang menggunakan tahu banyak bermunculan. Anda dapat mengetahui apakah penampilannya putih atau kuning. Karena popularitasnya, selain tempe, tahu telah menjadi bagian tak terpisahkan dari restoran Indonesia dari berbagai lapisan sosial.

Tahu terdiri dari tahu dasar, tahu bakso, tahu campur, tahu gulung, tahu isi, lontong, kerupuk tahu, tahu gurih, dan tahu renyah. Tahu goreng biasanya disajikan dengan masakan kuah cair seperti bakso dan soto. Atau Batagor. Siomay ala Indonesia yang merupakan sejenis dim sum juga menggunakan tahu kukus sebagai bahannya.

Untuk kebutuhan mesin dalam usaha anda: Rumah Mesin

Cara Membuat Tahu Mentah

cara membuat tahu

Cara membuat tahu cukuplah mudah dan tidak banyak bahan yang diperlukan hanya saja prosesnya yang cukup lama. Disini saya akan share cara membuatnya dan bisa buat kamu coba buat dirumah ataupun sebagai peluang bisnis  usaha.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 kg kacang kedelai yang sudah direndam selama satu malam
  • 100 ml cuka makan, bisa juga dengan asam sitrun dan buah jeruk
  • air secukupnya

Peralatan yang dibutuhkan:

  • blender
  • panci berukuran besar
  • serbet makan yang bersih atau kain putih bersih
  • saringan

Cara Membuat Tahu Mentah Sutra:

  1. Tempatkan kedelai yang direndam semalaman dalam panci atau mangkuk untuk dihancurkan dengan cara diperas.
  2. Setelah dibersihkan, masukkan kacang kedelai ke dalam blender dengan menambahkan air secukupnya, lalu blender hingga halus dan lembut.
  3. Jika sudah jadi akan seperti susu kedelai lalu rebus air kedelai di panci sampai mendidih.
  4. Siapkan baskom untuk air dingin. Saat rebusan air kedelai mulai mendidih akan menghasilkan buih.
  5. Kemudian segera tambahkan air dingin satu per satu dan suhu oven akan turun.
  6. Setiap busa mulai muncul kembali, secara bertahap tambahkan air dingin. Rebus terus air kedelai sampai buihnya hilang, lalu biarkan rebusan di atas kompor dengan api kecil selama 20 menit. Kemudian matikan kompor dan biarkan dingin.
  7. Setelah rebusan mendingin, segera saring melalui saringan yang ditutup dengan serbet/kain. Peras bagian bawah rebusan kedelai sampai semua sarinya keluar. Jangan membuang ampasnya karena bisa digunakan untuk kue dan dimasak sesuai selera.
  8. Air hasil saringan direbus di atas kompor dengan api sedang, tetapi tidak sampai mendidih.
  9. Keluarkan susu kedelai dari kompor, tambahkan 100 ml cuka, aduk sebentar. Biarkan susu kedelai selama 30 menit, susu kedelai akan terpisah menjadi tahu dan air.
  10. Saring adonan tahu dengan tisu atau kain tipis bersih hingga airnya keluar. Atur bentuk yang ingin Anda gunakan dan tumpang tindih bobotnya sehingga semua air keluar. Biarkan selama sekitar 15-20 menit.
  11. Setelah itu, tahu Anda bisa disiapkan dan dipotong sesuai ukuran yang diinginkan dan dimasak.

Cara Mengolah Tahu Mentah Menjadi Tahu Goreng Sederhana

Setelah dijelaskan tentang membuat tahu mentahnya, sekarang kita olah tahu mentah tersebut menjadi tahu goreng sederhana. Tahu ini bisa kamu gunakan untuk lauk makanan maupun campuran makanan.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 kotak tahu potong mentah, sesuaikan selera
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

  • 3 cm kunyit
  • 2 butir kemiri
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt ketumbar
  • kaldu ayam bubuk secukupnya

Cara Membuat Tahu Goreng Sederhana:

  1. Siapkan semua bahan.
  2. Haluskan bumbu.
  3. Tambahkan sedikit air ke bumbu dan tempatkan dalam mangkuk.
  4. Rendam tahu dalam bumbu selama sekitar 20 menit.
  5. Panaskan minyak.
  6. Goreng tahu yang sudah direndam bumbu dalam minyak panas dengan api kecil.
  7. Goreng sampai berwarna cokelat keemasan dan kering di luar.
  8. Angkat tahu yang sudah matang dan sajikan selagi hangat.

Penutup

Jadi itulah artikel tentang cara membuat tahu mentah dan setelahnya dilanjut membuat tahu goreng. Semoga artikl ini dapat bermanfaat kepada para pembaca yang mau membuat tahu mentah ini.

Omong omong soal tahu mentah, jika ingin menjalankan usaha ini bisa banget pake mesin pengupas kulit air kedelai ketika proses mengupas kulitnya. Dan hasil dari kupasannya dijamin bersih dan prosesnya cepat.

Demkianlah dari saya, ada kurang lebihnya saya mohon maaf dan sampai jumpa.