Cara Membuat Tepung Porang

2 min read

Halooo kawan kawan yang ada disana, disini saya akan membagikan sebuah artikel tentang cara membuat tepung porang, nah bagi kalian yang tidak tau yuk simak sampai selesai.

Manfaat Porang

cara membuat tepung porang

1. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Olahan tepung glukomanan dari umbi porang dapat menurunkan kadar kolesterol darah karena kandungan glukomanan pada umbi berdasarkan penelitian dalam Journal of Pharmacy and Clinical Pharmacy Vol.11 No. 2 Desember 2014.

Glukomanan memiliki sifat sebagai serat yang dapat menyerap air. Serat dapat mengikat garam empedu di lumen usus sehingga menghambat proses daur ulang dan garam empedu. Karena sejumlah kecil garam empedu, itu dikembalikan ke hati.

Ini merangsang hati untuk membentuk garam empedu baru dan membuang kolesterol dari darah sebagai bahan penyusun garam empedu.

2. Sebagai bahan baku industri

Menurut Balai Penelitian Aneka Kacang-kacangan dan Umbi-umbian (Balitkabi), porang mengandung glukomanan yang memiliki berbagai khasiat yang dapat digunakan sebagai bahan dasar industri makanan, kimia, dan farmasi.

Beberapa contoh penggunaan porang untuk makanan seperti Konnyaku dan Shirataki, antara lain. Porang juga digunakan untuk kue, roti, es krim, manisan, dll.

Dalam industri kimia, porang kini digunakan sebagai bahan perekat seperti lem dan cat tembok, pelapis kedap air, penguat kain, serta sebagai bahan pembuatan kertas tipis dan tahan air.

3. Membantu penyerapan kalsium

Porang memiliki manfaat sebagai pemberi asupan kalsium kepada tubuh jika dikonsumsi. Sebagai tumbuhan dari famili Araceae, Porang mengandung kristal kalsium oksalat dan alkaloid.

Asam oksalat adalah senyawa penghambat nutrisi yang dapat mengikat kalsium, sehingga berguna untuk menyerap kalsium, yang penting untuk fungsi saraf dan serat otot.

4. Dapat digunakan sebagai bahan dasar makanan

Balitkabi menjelaskan, makanan yang paling banyak dibuat dari porang adalah keripik, tepung porang, dan tepung glukomanan.

Porang yang diolah menjadi kripik atau tepung dapat menghilangkan kandungan enzim yang bisa merusak glukokaman saat porang disimpan saat keadaan utuh.

Saat membuat keripik, umbi porang segar terlebih dahulu disortir dengan memisahkan umbi yang tidak rusak. Kemudian dikupas, dicuci dan direndam dalam air agar tidak kecoklatan.

Lalu porang dipotong sekitar lebar 0.5 cm, lalu direndam dengan larutan garam sebanyak 5% dibandingkan 1kg umbi porang dan 3 liter air selama 24jam.

Irisan umbi tersebut kemudian dibilas hingga bersih dengan air, kemudian dijemur selama 2-3 hari (30 jam) atau dikeringkan dalam oven selama 16 jam pada suhu 70 derajat Celcius. Kripik yang sudah jadinya bisa dijual atau dihaluskan menjadi tepung.

5. Membantu Anda menurunkan berat badan

Porang dapat diambil untuk membantu menurunkan berat badan. Kemampuan porang untuk membantu diet dikarenakan memakan glukokaman dari porang berkaitan dengan kekuatannya untuk menyerap air yang banyak dan menjadikannya massa yang kental.

Mekanisme ini dapat menunda pengosongan lambung dan memperlambat waktu transit makanan dari lambung ke usus halus. Kondisi ini menyebabkan rasa kenyang karena perut terasa penuh.

Porang dapat mengurangi asupan energi yang dihasilkan, hal itu dikarenakan porang memiliki total energi yang sangat rendah yaitu sekitar 3kkal / g.

Kedua mekanisme ini bekerja sama untuk mengurangi asupan gula dan lemak sehingga Anda bisa menurunkan berat badan.

Cara membuat tepung porang

  1. Gunakan umbi porang hasil panen yang sudah dicuci bersih sampai tidak ada lagi tanah yang menempel.
  2. Hati-hati jangan sampai jus menempel di tangan karena bisa menyebabkan gatal.
  3. Porang yang sudah dibersihkan dimasukkan ke dalam mesin pemotong sedemikian rupa hingga setipis keripik.
  4. Setelah itu, keripik porang dikeringkan di bawah sinar matahari dan ditempatkan dalam disk mill untuk digiling dengan ball mill.
  5. Butiran halus tepung porang harus difraksinasi terlebih dahulu untuk memisahkan sisa pengotor yang tidak terpakai untuk dibuang.
  6. Tepung porang untuk bahan yang ada di pasaran biasanya dibersihkan kembali hingga kandungan oksalat (pemicu gatal pada kulit) benar-benar hilang dan hanya tersisa glukomanan.
  7. Jika sudah bersih, akan menjalani quality control lagi untuk memastikan kualitasnya.
  8. Kemudian tepung porang murni dikemas dengan baik dan dapat di distribusikan.

Okee mungkin sekian dari artikel kali ini, nah bagi kalian yang ingin mengolah porang bisa menggunakan mesin porang, tapi pastikan kalian membeli mesin porang dari produsen mesin terbaik yaa.

Lervia Lotion Susu, Solusi Lembutkan Kulitmu

Musim dingin seperti sekarang ini, pastinya mudah membuat kulit cepat kering dan kusam. Hal ini karena udara dingin dapat mengurangi kelembaban kulit wajah dan...
Guithay thay
1 min read