Cara Membuat Tepung Tempura Fried Shrimp

Cara membuat tepung tempura salah satu bahan utama untuk membuat beragam makanan seperti roti dan kue.  Tepung merupakan salah satu bahan utama untuk membuat berbagai makanan seperti roti dan kue. Semuanya mirip, tetapi setiap tepung memiliki karakteristik dan kegunaannya sendiri.

Agar tidak salah dalam memilih tepung, penting untuk mengetahui terlebih dahulu jenis dan kegunaan tepung yang banyak ditemukan di pasaran. Karena saya sudah familiar dengan jenis-jenis tepung, saya akan memperkenalkan lima jenis tepung dan kegunaannya.

1.Tepung terigu protein tinggi

tepung jenis ini memiliki kandungan protein tinggi sebesar 12 persen. Tepung protein tinggi dapat menghasilkan gluten yang lebih tinggi daripada jenis diet lainnya. Tingkat gluten tinggi dapat menyederhanakan kinerja ragi, dan kain tepung sedikit tumbuh. Bubuk protein tinggi cocok untuk berbagai jenis roti dan roti sekolah tua menggunakan makanan protein tinggi seperti sisir, roti sobek, blueer dan roti asin.

2. Tepung terigu protein sedang

Tepung serbaguna disebut juga tepung serbaguna. jenis ini dapat dengan mudah digunakan untuk membuat berbagai makanan yang diproses dengan cara dipanggang. Kandungan protein bubuk protein sedang sekitar 10 persen hingga 10,5 persen. Makanan yang bisa diolah dengan tepung protein sedang antara lain roti, adonan pizza, roti tawar dan pancake.

3. Tepung terigu protein rendah

Tepung rendah protein umumnya digunakan sebagai bahan utama dalam produksi berbagai makanan yang dipanggang. Sesuai dengan namanya, tepung jenis ini memiliki kandungan protein yang lebih rendah dibandingkan tepung lainnya. Kandungan gluten tepung terigu protein rendah sekitar 7-8 persen. Tepung gluten rendah dapat menghasilkan produk olahan dengan sifat lembut dan tekstur rapuh. Tepung protein rendah cocok untuk membuat kembang gula yang dipanggang dan digoreng.

4. Tepung gandum utuh

Lihat foto Tepung gandum utuh Tepung gandum utuh adalah pilihan bagi siapa saja yang ingin beralih ke gaya hidup sehat. Perbedaan mendasar antara tepung terigu dan tepung gandum utuh terletak pada bahan yang digunakan. Biji-bijian utuh terbuat dari gandum utuh, tetapi tepung hanya dibuat dari gandum. Seperti tepung terigu, tepung gandum utuh mengandung gluten. Bedanya, tepung gandum utuh memiliki kandungan serat dan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan tepung terigu. Jika Anda ingin membuat tepung yang lebih sehat, Anda bisa menggunakan tepung gandum utuh sebagai pengganti tepung protein tinggi.

5. Tepung bebas gluten Gluten

Merupakan protein yang terdapat pada biji-bijian, salah satunya adalah gandum. Gluten memiliki banyak manfaat, namun tidak semua orang bisa mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Orang yang tidak bisa makan gluten dapat menggunakan tepung bebas gluten sebagai pengganti tepung yang mengandung gluten. Tepung yang tersedia antara lain tepung beras, tepung kentang, tepung almond, tepung umbi-umbian, tepung kelapa dan tepung tapioka.

Resep Cara Membuat Tepung Tempura

cara membuat tepung tempura

Tempura adalah jenis makanan gorengan Jepang yang populer di seluruh dunia. Bahan utamanya adalah udang yang memiliki tekstur renyah berkat lapisan tepung pada rambut keritingnya yang renyah.

Tempura tidak terlalu sulit untuk dibuat sendiri. Jika Anda menguasai cara membuat ayam goreng renyah ala KFC, Anda bisa membuat tempura renyah tanpa masalah.

Resep tempura udang biasanya dibuat dari udang dan sayuran. Sayuran yang biasa digunakan di Jepang antara lain ubi, labu siam, terong, jamur shiitake, dan akar teratai. Namun pada kenyataannya, semua jenis sayuran dan seafood bisa dibuat menjadi tempura. Udang yang digunakan sebagai bahan dasar harus berukuran besar dan berdaging biji.

Bahan:

  • 100 gram jamur shiitake segar
  • 200 gram udang windu
  • 100 gram terong ungu
  • 100 gram ubi kuning

Bahan tepung pencelup:

  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 200 ml air es

Bahan tepung pelapis:

  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Pelengkap:

  • Kecap asin

Baca disini : alat peniris minyak membuat gorengan sehat 

Cara Membuat Tepung Tempura:

  1. Bersihkan udang dari kepala dan cangkangnya.
  2. Potong bagian belakang udang dan buang urat putih pada tusuk gigi agar udang tidak menyusut saat dimasak.
  3. Selanjutnya, potong perut udang menjadi irisan dan sisihkan.
  4. Potong kentang manis menjadi potongan-potongan kecil.
  5. Potong terong menjadi beberapa bagian dan buat menjadi bentuk kipas.
  6. Biarkan seluruh jamur shiitake. Haluskan bawang putih, campur dengan tepung dan rendam.
  7. Tambahkan 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh merica bubuk dan 1/2 sendok teh soda kue.
  8. Simpan dulu sebelum dituang air es. Campur tepung terigu, tepung maizena/kanji dan 1/2 sdt garam untuk membuat adonan tepung.
  9. Aduk hingga semuanya tercampur dengan baik.
  10. Tambahkan air es ke dalam campuran saus. Aduk rata sampai tidak ada gumpalan tepung.
  11. Kemudian rendam udang, ubi jalar dan terong satu per satu. Setelah direndam dalam tepung kue, taburi bahan tempura dengan tepung.
  12. Pastikan semua tempura ditutupi dengan lapisan yang tebal.
  13. Kemudian tekan sedikit untuk membuat benjolan di permukaan. Goreng tempura dalam minyak mendidih hingga terendam seluruhnya.
  14. Bilas permukaannya dengan minyak panas saat menggoreng.
  15. Saat tempura berubah menjadi cokelat keemasan, keluarkan tempura dari wajan.
  16. Tiriskan minyak dari tempura dengan kertas penyerap atau koran.
  17. Selanjutnya, tambahkan kecap asin dan bubuk cabai. Anda juga bisa menggantinya dengan saus sambal.

Itulah resep dasar tempura yang renyah, crispy, dan keriting sempurna.Sesekali modifikasi saja dengan menggunakan kerang, wortel, asparagus, buncis, bawang bombay, bayam, atau tempura.

Related posts