Cara Memelihara Anak Ayam yang Baik Dan Benar

1 min read

cara memelihara anak ayam

Halo teman-teman,pasa kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara memelihara anak ayam yang baik dan benar.

Anak Ayam

anak ayam

Bibit-bibit DOC yang sering kita temui dari penjual di pasar sangat lucu. Anak-anak yang penuh warna, keponakan kita akan menyukainya.

Kapan waktunya memberi makan, minum,dan kembali ke kandang?.Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawat anakan DOC ini. Jika pengobatan tidak tepat, anak ayam sering kali cepat mati karena masih dalam usia yang terancam punah.

Sehingga dibutuhkan perawatan yang tepat agar DOC tidak mudah mati dan dapat menjalani hidup sehat hingga dewasa.

Cara Memelihara Anak Ayam

cara memelihara anak ayam

1. Berikan Pencahayaan yang Tepat

Anak ayam yang berusia kurang dari 1 bulan sangat rentan terhadap kematian. Selain karena organ-organ di dalam tubuh belum sempurna, mereka juga membutuhkan lebih banyak penyinaran untuk menghangatkan tubuh.

Beri cahaya sekitar 20-60 menit di pagi hari, dan selalu terang di malam hari. Pencahayaan disesuaikan dengan suhu lingkungan. Jangan terlalu dekat dengan lampu untuk mencegahnya menjadi panas atau terlalu gelap.

2. Berikan Ventilasi Jika Perlu

Perhatikan sirkulasi udara di sekitar kandang dan sediakan ventilasi bila perlu. Jangan biarkan ayam menderita kekurangan udara atau kedinginan karena terlalu banyak angin masuk.

Anak ayam akan mendekati tempat yang lebih ringan saat merasa kedinginan. Anak ayam juga akan menjauh dari cahaya jika dirasa terlalu panas. Atur suhu seperti ini, atau bisa juga disesuaikan dengan kondisi cuaca.

3. Buat Kandang Sesuai Umur Ayam

Anak ayam DOC yang baru menetas atau berumur kurang dari 1 bulan. Bisakah kita menaruhnya di kotak, menutupinya dengan koran atau kertas, atau menggunakan sangkar burung sebentar juga?

Jangan lupa untuk menghindari binatang buas yang bisa dimakan anak ayam. Kemudian kita bisa menyimpan kotak itu di tempat yang aman. Saat anak ayam bertambah besar, pindahkan ke keranjang yang lebih besar.

4. Beri Makan dan Minum Secara Teratur

Anak ayam tumbuh dengan cepat saat mendapat nutrisi dari makanan. Jadi jangan lupa memberi makan dan minum secara teratur dan mencobanya.

Jika pakan ayam joper bisa berupa nasi yang dihancurkan atau makanan khusus yang bisa kita beli dari toko pakan hewan atau terutama dari ayam.

Jika kita tidak tahu persis namanya, kita bisa bertanya kepada petugas tentang makanan khusus untuk anak ayam. Jangan khawatir, biasanya dijual dengan harga yang terjangkau.

Pakan ini mengandung nutrisi yang cukup untuk beternak ayam agar ayam lebih cepat tumbuh. Bisa juga kalian membuat pakan sendiri dengan mesin pembuat pakan ayam.

5. Bersihkan Kotoran Ayam Secara Teratur

Agar anakan terhindar dari berbagai penyakit, penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kandangnya. Bersihkan kotoran di kandang ayam secara rutin selama 1-2 hari. Selain itu, setiap pagi, bersihkan kaki ayam dengan mengelapnya dengan lap bersih dan air hangat agar ayam tetap higienis.

6. Berikan Alas Kandang

Memilih alas inkubator yang tepat adalah salah satu cara untuk menjaga anak ayam tetap sehat dan kecil kemungkinannya untuk mati. Sampah atau alas lantai terkadang berfungsi untuk menyerap air dan meminimalkan lecet pada dada dan kaki.

Tak hanya itu, litter juga menjaga kandang tetap hangat. Saat memilih tempat sampah sebaiknya menggunakan bahan yang mudah menyerap air, atau bisa juga menggunakan alas yang terbuat dari serbuk gergaji.

Sampah harus dibersihkan secara rutin dan diganti saat sampah basah agar tetap bersih. Kebersihan sangat penting dalam memelihara anakan karena anakan masih sangat rentan terhadap berbagai penyakit.Jika perlu, berikan larutan disinfektan terlebih dahulu sebelum menggunakan alas.

Jual APAR Powder, Serbuk Pemadam Api

Anda bisa peroleh macam APAR yang lebih diminta buat mobil ini di dalam tempat jual APAR powder. Dry chemical powder atau APAR powder ini...
Guithay thay
1 min read

Ketentuan Khusus Bagi Orang Masuk Kalteng

Pemprov Kalimantan Tengah mengeluarkan Surat Edaran mengenai Ketentuan Khusus Perjalanan Orang Masuk Wilayah Kalteng Dalam Masa Pandemi Covid-19. Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menunjukkan surat...
Guithay thay
2 min read