Cara Memelihara Ayam Jago Muda Untuk Peternak Pemula

3 min read

cara memelihara ayam jago muda

Halo teman-teman,pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara memelihara ayam jago nuda yang diharap dapat siap tarung. Breikut adalah penjelasan singkat tentang cara memelihara ayam jago muda.

Memelihara Ayam Jago

memelihara ayam jago

Jenis ayam ada banyak sekali yang sering dipelihara dan dirawat oleh banyak orang. Dimulai dengan beternak ayam petelur hingga ayam aduan. Ayam aduan ini merupakan jenis ayam aduan yang tangguh dibandingkan dengan ayam lainnya.

Jenis ayam aduan ini secara sadar dipersiapkan dan dilatih untuk dikawinkan. Ayam petarung tidak terlalu sulit untuk dirawat, tetapi setidaknya Anda harus memiliki dasar-dasar perawatan ayam sejak usia dini.

Ayam aduan muda adalah ayam yang menetas sampai berumur 10 bulan. Tentunya akan membutuhkan maintenance guide agar para gamecock yang masih muda bisa tumbuh dan berkembang menjadi gamecock yang bisa mengalahkan kompetitornya.

Biasanya ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemilik ayam jago perebutan saat masih muda. Anak ayam petarung dewasa dapat membuat kemajuan signifikan jika dilatih dengan benar sejak awal. Memerangi ayam yang tidak berkembang secara optimal merupakan salah satu konsekuensi dari penyalahgunaan.

Bahkan ayam bisa rusak, sakit, dan tidak bisa dikendalikan jika tidak dirawat dan dilatih dengan baik. Kemungkinan menjadi juara sangat terbuka jika bisa menjaganya dengan baik.

Cara Memelihara Ayam Jago Muda

cara meelihara ayam jago muda

Perawatan dan pelatihan ayam muda mulai dari penetasan sampai umur 10 bulan. Karena itu, diperlukan perawatan khusus agar ayam benar-benar menjadi juara di kancah laga. Banyaknya kesalahan botoh dalam merawat ayam muda tidak membuat ayam tumbuh maksimal.

Bagian terpenting dalam membuat ayam champion adalah merawatnya sejak dini. Merawat dan melatih anak ayam membutuhkan kesabaran dan kesabaran. Jika hal ini tidak terpenuhi, kemungkinan besar ayam tersebut tidak akan menjadi ahli tempur.

Kalian bisa juga baca cara memelihara ayam potong agar dapat menambah wawasan dibidang peternakan.

1. Memandikan

Untuk mengeras dan memengaruhi pembentukan otot ayam, Anda perlu mandi. Sebaiknya memandikan ayam pada suhu normal, bukan hujan, dan pada pagi atau jam 8 pagi.

Namun, jika hujan turun, sebaiknya Anda mencuci ayam pada jam 4 pagi atau sore hari. Mandikan ayam yang kesal dengan gabus atau spons, yang nantinya akan menggunakan air mandi bersih. Biarkan ayam mengeringkan bulunya selama kurang lebih 30 menit sebelum melanjutkan ke langkah pengeringan. Proses ini juga bisa menjadi cara penjinakan ayam liar.

2. Pengeringan

Agar lemak tidak menumpuk di tubuh ayam dan memilih staminanya, Anda memerlukan proses pengeringan ini. Biasanya, proses penjemuran sangat disarankan jika Anda memasukkan ayam tepat sebelum dimandikan antara pukul 9 dan 10 pagi. Biasakan mengeringkan anak ayam aduan dan anda bisa menghentikan saat ayam terlihat lelah atau sakit.

3. Latihan

Jika Anda ingin melatih pernapasan serta otot Anda, Anda disarankan untuk melatih ayam. Latihan fisik yang dapat memenuhi kebutuhan para gamecock, seperti: B. Latihan renang, klitoris dan lompat.

4. Sparing atau Abar

Untuk membentuk mental seorang petarung agar bisa menjadi juara dengan ciri khas ayam bangkok yang berkualitas, anda perlu menyelesaikan atau mengikuti latihan tempur. Lakukan ini dalam waktu singkat untuk latihan pertama Anda melawan ayam.

Biasanya latihan pertama hanya membutuhkan waktu 5 hingga 10 menit. Kemudian ayam bisa istirahat kembali dan seperti biasa lakukan olah raga, mandi dan berjemur selama 2 minggu.

Setelah fase istirahat, Anda dapat melakukan Abar lain dengan durasi yang sedikit lebih lama, mis. B. 15 menit. Lakukan latihan ini secara rutin. Namun Anda harus berhati-hati agar tidak membanjiri kekuatan ayam. Di mana dia bisa terluka dan lebih takut jika lawannya tidak berada di lapangan.

5. Pemisahan Ayam Aduan

Anda harus memisahkan ayam aduan dengan menempatkannya di kandang terpisah dan terpisah. Hal ini untuk mencegah terjadinya cedera atau cedera saat ayam mencoba melawan ayam lainnya. Karena ayam aduan selalu cenderung bertarung dan yang lemah selalu diikuti oleh yang kuat.

6. Penggunaan Kandang Isolasi

Ini adalah rumah tertutup yang benar-benar bebas dari gangguan eksternal. Kandang inilah yang digunakan bila ada salah satu anak ayam aduan yang mentalitasnya sedang memburuk dan rusak sehingga tidak bisa lagi berkelahi atau sekedar bergaul dengan ayam.

Jadi biarkan ayam tinggal di kandang ini selama beberapa hari untuk bersantai dan mendapatkan kembali mentalitas bertarung. Dalam beberapa hari, ayam ini biasanya kembali berkokok dan siap diaduk kembali.

7. Berikan Jamu Rumahan

Anda bisa menghidupkan kembali semangat juang yang seharusnya dimiliki ayam aduan dengan berbagai ramuan herbal alami khusus untuk ayam untuk membantunya bertarung kembali kelak. Jamu khusus untuk ayam aduan ini merupakan jamu yang dibuat dari berbagai bahan jamu alami seperti gula merah, kunyit dan madu.

Selain herbal, Anda juga bisa menggunakan nutrisi lain seperti vitamin buatan. Ini akan efektif dalam mengembalikan hal-hal yang semakin berkurang dari para gamecock.

8. Berikan Pakan Alami pada Ayam Aduan

Agar pengendalian ayam lebih agresif, sangat disarankan untuk menambahkan pakan alami berupa pakan hidup ke menu pakan untuk pengendalian ayam. Anda bisa memberikan makanan berupa jangkrik, kroto hidup, atau bahkan tikus muda. Ayam menjadi lebih baik secara mental dan lebih terasah jika Anda membiarkan mereka menemukan mangsanya dan memburu mereka.

Penggolahan pakan alami dapat menggunakan mesin pembuat pakan ayam agar kalian mendapatkan hasil yang sesuai.

9. Lakukan Latihan Lari

Lakukan latihan fisik ini selama sekitar 30 menit. Ini adalah salah satu latihan yang memungkinkan untuk melatih pernapasan dan energi ayam aduan. Ada banyak cara untuk melakukan ini dalam latihan lari. Salah satunya adalah penggunaan alat berupa sangkar roda yang dapat diputar.

Namun, tidak jarang banyak orang menggunakan teknik manual biasa. Ayam aduan yang nantinya akan melakukan latihan lari harus dikunci sebanyak mungkin dan berlarian di sekitar kandang yang sudah anda siapkan.

Agar lebih efektif, Anda bisa memelihara ayam lain di kandang yang lebih kecil agar ayam aduan terstimulasi dan ayam buruan di kandang kecil yang terpisah. Namun, sebelum ayam tersebut mengalami kelelahan dan stres, Anda harus segera mendapatkan ayam yang berada di kandang yang lebih kecil.

Kesalahan Dalam Merawat Ayam Muda Bangkok

  • Pemberian pakan yang tidak tepat menyebabkan ayam tumbuh tidak maksimal.
  • Berlatih jajal bertarung dengan ayam lain untuk bertarung satu sama lain untuk kepemimpinan.
  • Kondisi kandang yang tidak nyaman membebani ayam.
  • Ayam muda selalu dikucilkan oleh ayam lain misalnya ayam dewasa, sehingga mental ayam muda menjadi lemah.
  • Anak ayam menikah pada usia yang belum dewasa

Kegagalan Melatih Anak Ayam Bangkok

  • Salah dalam menentukan program olah raga yang begitu sulit.
  • Lakukan latihan tempur pada usia yang tidak mencukupi.
  • Pengeringan ayam muda yang berlebihan.
  • Durasi pesan terlalu lama.

Demikian artikel tentang cara memelihara ayam jago muda,semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jual APAR Powder, Serbuk Pemadam Api

Anda bisa peroleh macam APAR yang lebih diminta buat mobil ini di dalam tempat jual APAR powder. Dry chemical powder atau APAR powder ini...
Guithay thay
1 min read

Ketentuan Khusus Bagi Orang Masuk Kalteng

Pemprov Kalimantan Tengah mengeluarkan Surat Edaran mengenai Ketentuan Khusus Perjalanan Orang Masuk Wilayah Kalteng Dalam Masa Pandemi Covid-19. Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menunjukkan surat...
Guithay thay
2 min read