2 min read

cara memelihara ayam organik

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara memelihara ayam organik yang mudah bagi pemula. Penasaran kan? Baca sampai akhir ya.

Beternak Ayam

Ayam memiliki sistem kekebalan yang lebih baik daripada jenis ayam lainnya. Banyak masyarakat di desa atau desa memelihara ayam kampung ini sebagai hewan peliharaan dan juga sebagai sumber penghasilan. Ketika sistem barter masih ada, banyak orang di pedesaan yang menukar ayam dengan barang lain seperti nasi, sayur, dll.

Kini, ayam buras tidak hanya dimanfaatkan sebagai hewan peliharaan tetapi juga sebagai sumber penghasilan dengan dijadikan bisnis. Saat ini terdapat teknologi peternakan baru untuk pemeliharaan ayam buras yaitu ternak organik. Ayam kampung organik diyakini lebih sehat dari sebelumnya.

Cara Memelihara Ayam Organik

cara memelihara ayam organik

Tingginya harga jual ayam kampung membuat masyarakat semakin tertarik beternak ayam kampung. Meski dicap sebagai ayam sehat, ayam organik memiliki daging yang lebih sehat karena kandungan bahan kimia dan lemaknya yang rendah.

Sayuran dan buah-buahan tidak hanya dapat dirawat dengan cara organik, tetapi juga hewan ternak dapat dikembangkan dengan menggunakan teknik biologis. Anda bisa menggunakan teknik budidaya ayam organik berikut ini:

1. Bibit Berkualitas

Teknik pemeliharaan ayam kampung yang pertama adalah memilih bibit unggul. Breed ayam unggulan ini merupakan salah satu rahasia sukses dalam budidaya ayam. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih bibit ayam kampung unggulan tersebut.

Ciri-ciri bibit ayam kampung unggul adalah telurnya menetas tepat waktu, ayam buras tidak memiliki cacat fisik, jagung cerah berkilau, fisik ayam kuat dan lincah, ayam sehat dan sehat, bulu ayam bersih berkilau.

Jika kalian ingin membuat pakan ayam sendiri bisa dengan bantuan mesin pembuat pakan ayam juga ya.

2. Kandang

Keranjang adalah poin penting dalam pertanian yang tidak boleh Anda lupakan. Beternak ayam buras berbeda dengan ayam pedaging. Untuk ayam lokal, kandang yang ideal adalah area umbaran. Lebih banyak ayam yang akan menjadi umbaran di area Umbaran daripada di kandang ayam.

Jika tidak, maka ayam lokal tidak sehat dan mudah terserang penyakit. Selain area umbaran, Anda juga perlu menyiapkan kandang yang akan digunakan ayam untuk tidur di malam hari. Kandang ayam harus hangat, dengan jerami di dalam kandang.

Harus ada yang teknis membuat kandangnya. Anda perlu membangun kandang di luar area pemukiman. Jika Anda beternak ayam ini di pedesaan, paling tidak Anda perlu menjauhkan kandang ayam dari rumah tetangga agar tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu anda juga perlu mengetahui bagaimana tepatnya kandang ayam DOC dimana suhu didalam kandang perlu hangat dan ringan agar ayam DOC tidak dingin. Bahkan bulu DOC yang tipis membuat ayam mudah terserang penyakit.

Perbedaan Ayam Boiler,Ayam Organik,dan Ayam Probiotik

perbedaan ayam boiler,organik,dan probiotik

Ayam Boiler

menjelaskan bahwa ayam pedaging tumbuh sangat cepat sebagai ayam pedaging dan mampu mengubah makanan yang mereka makan menjadi daging dengan sangat efisien, namun manfaatnya harus didukung dengan pemeliharaan yang baik. Tanpa perawatan yang tepat, sistem kekebalannya akan memburuk dan ia rentan terhadap penyakit.

Hal inilah yang kemudian menjadi faktor risiko terjadinya penggunaan narkoba yang berlebihan dalam perawatan ayam pedaging. Meskipun tidak semua peternakan ayam broiler mengkonsumsi obat secara berlebihan, terbatasnya jumlah badan pengawas obat hewan tentunya berdampak pada pengawasan di lokasi juga.

Ayam Organik

Sementara itu, ayam organik dan ayam probiotik, mereka adalah ayam yang dipelihara secara alami tanpa sentuhan bahan kimia. Benih ayam (ayam umur sehari, DOC) ditetaskan dan dikembangbiakkan sejak awal dengan perlakuan hayati. Pakannya juga berasal dari sayuran organik dan dedaknya terbuat dari beras organik.

Oleh karena itu, pestisida belum terdeteksi dalam uji laboratorium. Kadar E. coli di bawah ambang batas sedangkan Salmonella thyposa dinyatakan negatif. Kontaminasi logam juga di bawah ambang batas sehingga ayam organik aman dikonsumsi.

Ayam Probiotik

Sedangkan ayam probiotik merupakan ayam pedaging biasa yang diberi pakan bakteri Lactobacillus. Ayam juga diberi bumbu seperti jahe, kunyit, jahe, brotowali, dll.

Dengan penambahan bakteri dan herbal baik, kinerja pencernaan ayam menjadi lebih baik. Lemak, lendir, dan minyak alami pada ayam lebih sedikit dibandingkan ayam biasa. Oleh karena itu, tingkat kolesterol lebih rendah dan protein lebih tinggi.

Tidak hanya itu, kandungan air pada ayam probiotik juga lebih rendah, sedangkan Salmonella, E. coli dan antibiotiknya tidak terdeteksi. Kontaminasi timbal, merkuri dan arsen juga di bawah batas keamanan

Selain itu, ayam probiotik secara fisik lebih baik. Dagingnya berwarna merah muda dan berserat, tidak mudah dihancurkan. Ukuran dagingnya tidak menyusut saat digoreng. Setelah dibakar, dagingnya mengkilat dan terlihat segar. Ayam probiotik juga lebih tahan terhadap stres.

Ayam organic dan ayam probiotik memiliki keunggulan yang berbeda, namun harga yang ditawarkan memang lebih mahal dari ayam broiler biasa. Jangan lupa baca pakan ayam petelur agar dapat menambah wawasan kalian.

Sekian artikel tentang cara memelihara ayam organik,semoga bermanfaat.