Cara Memelihara Ayam Potong Bagi Pemula,Dijamin Mudah

2 min read

Halo semuanya,pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari seputar cara memelihara ayam potong bagi pemula. Yuk baca sampai akhir.

Usaha Ternak Ayam Potong

usaha ternak ayam potong

Seperti halnya beternak ayam petelur, ayam potong merupakan salah satu peluang bisnis yang paling menjanjikan karena banyak konsumen Indonesia sangat membutuhkan ayam segar untuk konsumsi sehari-hari, baik dalam skala sendiri maupun untuk restoran dan hotel.

Ayam broiler atau sering disebut juga broiler atau broiler merupakan ayam ras murni yang dapat tumbuh sangat cepat dibandingkan dengan ayam buras dan siap dijual mulai sebulan dengan berat sekitar 2 kg.

Usaha ayam potong bagus tidak hanya sebagai usaha sampingan tetapi juga sebagai sumber penghasilan utama karena keuntungan yang luar biasa dari usaha ini. Namun, penting untuk diketahui apakah pemeliharaan ayam potong yang benar dan tepat berbeda dengan pemeliharaan ayam buras atau jenis ayam lainnya.

Ayam ayam lebih mudah terserang penyakit karena ayam pedaging kurang tahan terhadap tubuh dibandingkan jenis ayam lainnya. Agar Anda sukses, berikut ini cara merawat ayam komprehensif sebagai panduan. Jangan lupa baca pakan ayam pedaging agar dapat menambah wawasan.

Cara Memelihara Ayam Potong

cara memelihara ayam potong

1. Persiapan Lahan

Berbeda dengan pemeliharaan ayam broiler yang masih muda, langkah pertama dalam pemeliharaan ayam pedaging adalah menyiapkan lahan dan lumbung yang ideal untuk ayam broiler.

Kandang harus jauh dari pemukiman tetapi masih mudah dijangkau dengan transportasi, memiliki sumber air, dekat gudang persediaan ternak, dan menuju kandang yang sedang dibangun dari timur ke barat.

Selain itu sirkulasi udara di dalam kandang harus selalu baik agar kebutuhan oksigen di dalam kandang dapat terpenuhi dengan baik. Suhu juga harus disesuaikan dengan umur ayam.

2. Pemilihan Benih

Untuk mulai beternak ayam pedaging, penting untuk memilih benih. Sebaiknya beli bibit ayam dari supplier yang bisa dibeli per box dengan isi 100 anakan dengan bonus sekitar 2 sampai 5 anakan per box.

Untuk mengetahui khasiat bibit ayam potong unggul dapat dikenali dari bentuk tubuhnya yang bulat, posable, bermata jernih, hidung dan anus bersih, serta bulunya utuh dan tidak cacat.

3. Jenis Kandang

Untuk jenis kandang broiler yang banyak digunakan dalam budidaya broiler adalah kandang panggung, litter, atau floor cage. Setiap jenis kandang memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam kasus kandang panggung, ayam dibersihkan dari kotoran karena kotoran langsung jatuh ke tanah, namun harga pembuatannya cukup mahal dibandingkan dengan spesies lain.

Jenis kandang atau lantai sampah jauh lebih sulit untuk dirawat karena setiap panen membutuhkan penggantian dan pengeringan semua tikar untuk menghilangkan kotoran yang mengendap.

4. Masukkan Larutan Gula Merah

Pemberian larutan gula merah sangat penting dilakukan pada pemotongan ayam DOC agar dapat diberi energi. Gula merah mengandung glukosa yang tidak bisa membuat ayam lemas dan juga lebih bertenaga sehingga bisa bergerak dengan cepat. Larutan gula merah ini dapat diberikan kepada anak ayam sebelum ditempatkan di kandang persalinan yang telah disiapkan.

5. Tambahkan Lampu

Untuk menjamin keamanan anakan, tambahkan lampu pada kandang yang akan mencegah ayam diserang oleh hewan atau hama lain seperti tikus, ular, dll. Ini juga harus dilakukan saat membesarkan kalkun.Selain itu, menambahkan lampu di dalam kandang bertujuan untuk menjaga agar ayam tetap hangat dan dapat melihat anak ayam lebih baik di malam hari karena ayam buta di malam hari.

6. Tambahkan Brooder

Anak ayam membutuhkan penghangat yang berguna untuk menghangatkan badan sehingga suhu inkubasi perlu diatur dengan benar agar tidak terlalu dingin tapi juga tidak terlalu panas.

Inkubator ini sangat penting terutama saat beternak ayam di musim hujan, karena cuaca yang ekstrim dapat membuat ayam sakit, merasa kedinginan, dan melemahkan daya tahan tubuh ayam.

Kalian juga bisa menggunakan mesin pembuat pakan ayam sebagai alat bantu dalam pembuatan pakan ayam.

Sekian pembahasan kita tentang cara memelihara ayam potong,semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jual APAR Powder, Serbuk Pemadam Api

Anda bisa peroleh macam APAR yang lebih diminta buat mobil ini di dalam tempat jual APAR powder. Dry chemical powder atau APAR powder ini...
Guithay thay
1 min read

Ketentuan Khusus Bagi Orang Masuk Kalteng

Pemprov Kalimantan Tengah mengeluarkan Surat Edaran mengenai Ketentuan Khusus Perjalanan Orang Masuk Wilayah Kalteng Dalam Masa Pandemi Covid-19. Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menunjukkan surat...
Guithay thay
2 min read