Cara Menanam Bibit Porang Di Polybag dan Lahan Terbuka Hijau

cara menanam bibit porang di polybag

Cara Menanam Bibit Porang Di Polybag dan Lahan Terbuka Hijau – Porang adalah tanaman dengan nama latin Amorphophallus. Porang adalah jenis umbi-umbian dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi Karena khasiat tanaman porang sangat berguna. Mengutip dari situs Indonesia.go.id, Berdasarkan data Indonesia Quarantine Full Automation System (IQFAST) atau Badan Karantina Pertanian (Barantan). mengemukakan,  analisis usaha porang  semester pertama 2021, Jumlah nilai ekspor porang indonesia mencapai hinnga 14,8 ribu ton dimana nilai angka tersebut melebihi jumlah ekspor pada tahun 2019 dengan jumlah eskpor porang yang hanya mencapai 5,7 ribu ton, kenaikan ini menunjukkan aktivitas ekspor porang naik hingga 160 persen.

Dengan memahami bagaimana cara menanam porang yang benar maka kalian dapat memulai  budidaya tanaman porang  dengan hasil panen terbaik sehingga usaha tanaman porang yang anda jalankan semakin meningkat.

Cara Menanam Bibit Porang Di Media Polybag

Dunia saat ini sedang gempar karena isu mengenai tanaman Porang, sehingga banyak masyarakat yang tadinya cuek dengan pertanian. Banyak Negara-negara yang kini mulai ikut membudidayakannya.

Tapi bagi Anda yang ingin ikut menikmati hasil berbudidaya tanaman ini, tetapi terkendala lahan, atau tidak memiliki cukup lahan yang luas. Tenang, ternyata orang juga bisa bercocok tanam secara permanen dengan media polybag.

Menanam porang dengan media polybag bahkan lebih praktis dan cukup sederhana dengan persiapannya di sekitar rumah (pekarangan). Selain itu tentunya kita juga akan lebih mudah dalam pengontrolnya.

biasanya menanam porang di polybag memang untuk pembibitan, karena benih atau biji porang (katak) berukuran kecil. Sehingga jika ditanam secara langsung di lahan terbuka kurang baik hasilnya. Tetapi jika akan menjadikan media polybag sebagai media tanam secara permanen hingga porang tumbuh besar dan dapat dinikmati hasilnya juga bisa. Lantas bagaimana caranya?

Langkah-langkah Cara Menanam Bibit Porang di Polybag

  • Pertama tentu menyediakan benih porang, bisa kata ataupun umbi. Selanjutnya persiapkan tanah dan polibag, media tanam dari bahan lain seperti karung, plastik besar, bekas kulit semen dan sebagainya. Kemudian pupuk kompos atau pupuk kandang dan air secukupnya.
  • Setelah bahan siap, cara menamanya pun cukup mudah, mencampurkan tanah yang sudah disediakan dengan pupuk/kompos dengan perbandingan 70:30. Kemudian aduk hingga rata dan masukan ke dalam media polybag.
  • Tahap selanjutnya adalah tahap akhir, yakni membuat lubang di dalam polybag tempat dimana akan diletakkan bibit porang. Jangan terlalu dalam, kira-kira cukup bibit porang dapat ditimbun dengan sempurna menggunakan tanah.
  • Setelah semua tinggal masukkan bibit porang ke dalam lubang yang ada pada polybag dan siram dengan udara yang memadai untuk menjaga kelembaban pada tanah.
  • Untuk metode penyiraman cukup satu kali sehari disore hari atau pada pagi hari. Jika metode penanaman sempurna, bibit porang akan tumbuh dalam waktu 2-3 minggu.
  • Dari pengalaman para petani yang sudah melakukan metode tanam porang di media polibag. Jika benih yang ditanam berupa umbi, tuna lebih disukai untuk menghadap ke atas seperti ketika menanam di lahan terbuka.
  • Namun jika ditanam berupa benih atau katak, sebaiknya letakkan tunas kata menghadap ke bawah (tengkurep) agar nantinya tunas pada katak dapat tumbuh dengan sempurna.
  • Perawatan porang dalam polybag pun cukup mudah, lakukan penyiraman setiap hari, karena jika terlalu lembab porang akan busuk dan lambat dalam pertumbuhannya.
  • Sedangkan untuk nutrisi yang dapat dilakukan seperti halnya merawat lahan terbuka, baik berupa pupuk organik maupun pupuk kimia. Berikan secukupnya, jangan berlebihan.
  • Jangan lupa, saat porang sudah tumbuh besar sebaiknya perhatikan jarak antar polybag agar sinar matahari dapat masuk kesela-sela hingga mengenai batang porang sehingga porang tidak jamur dan bisa tumbuh baik dengan bantuan sinar matahari.

Tanam Porang Pada Lahan Terbuka Hijau

cara menanam bibit porang di polybag

Berbeda dengan cara tanam porang di polybag, bila penanaman menggunakan lahan terbuka maka sebelum melakukan Penanaman, terlebih dahulu kita harus mengetahui tata cara mempersiapkan lahan agar porang dapat tumbuh dengan baik

1. Menghilangkan hama di Lahan

Dengan membersihkan lahan dari gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman porang kalian dapat memperoleh hasil yang baik . Saran dari saya digunakanlah Pupuk organik dari daun atau rumput yang ditimbun ke dalam tanah hingga membusuk atau bisa juga mengguanakan  mesin pembuat kompos otomatis  untuk memudahkan Anda dalam mempersiapkan lahan.

2. Cara Jarak Tanam Porang yang benar

Jarak pada saat penanaman akan sangat berpengaruh saat panen. Untuk jarak ideal, Anda memerlukan jarak yang berkisar antara 35 hingga 90 cm jika menggunakan jenis umbi . selagi itu untuk jenis bibit kata, jarak menanam yang berkisar antara 35 hingga 80 cm.

Namun, jarak tanaman porang dapat lebih lebar sesuai dengan bibit yang terpakai. Dengan menambahkan jarak menanam akan membuat porang lebih mudah saat panen. Selain itu, lebih mudah saat panen, dengan menambahkan jarak tanam kendi akan membuat porang berbuah lebih banyak saat panen.

Cara Tanam Porang Pada Lahan Terbuka

Cara Menanam bibit porang tidak hanya dapat di lakukan pada polybag, tetapi juga dapat dilakukan pada lahan terbuka hijau.

Untuk menjalankan Budidaya tanaman Porang Kalian harus paham mengenai penanaman porang. Untuk penanaman porang, Saya menyarankan untuk memulai proses penanaman di bulan Oktober hingga Desember. Sebelum menanam, Lebih baik lakukan pembibitan pada polybag terlebih dahulu.

Namun, jika menanam menggunakan katak maka lebih baik pada musim kemarau. Anda tidak perlu menanam terlebih dahulu ke polybag jika menanam dari kata.

Cara Menanam bibit porang 

cara menanam bibit porang di lahan terbuka dapat dibilang sedikit lebih rumit dibanding dengan dipolybag, berikut adalah ringkasan yang telah dibuat dari cara tanam porang yang benar pada media lahan terbuka hijau

  • Siapkan sebuah bambu untuk menegakan tanaman.
  • Atur jarak sekitar 1 meter antar bambu. khusus untuk bibit katak atau umbi.
  • Gali lubang di lahan dengan ukuran sekitar 20 cm x 20 cm x 20 cm.
  • Setelah menyiapkan lubang tanam selanjutnya adalah memasukkan bibit ke dalam lubang tersebut.
  • masakan tuna menghadap ke atas. Jika menggunakan biji jenis kata, jangan membalik mata tuna agar tanaman porang dapat tumbuh dengan baik. Masukkan secara perlahan-lahan dan hati-hati jika Anda menggunakan biji ke dalam lubang tanam agar akar tanaman tidak mengalami kerusakan.
  • Tutup Lubang Kembali dengan tebal tanah 3 cm.

perawatan

Perawatan tanaman porang terbilang mudah. Cukup melakukan tahap-tahap perawatan berikut ini:

  • Pembersihan Gulma

Gulma akan tumbuh subur pada musim hujan. Selalu lakukan kerentanan terhadap gulma di sekitar tanaman porang. Gulma dapat menghambat pertumbuhan porang.

  • Peninggian Guludan

Tutup pangkal batang bawah porang dengan tanah di sekitarnya agar guludan semakin tinggi. Hal ini berfungsi agar tanaman porang dapat tumbuh dengan tegak.

  • Pemupukan

Lebih baik saat melakukan pemupukan pertama gunakan pupuk kompos dan lakukan Hal ini sebelum proses menanam tanaman tersebut. Untuk pemupukan kedua menggunakan pupuk organik atau anorganik NPK/TSP Dan saat tanaman porang sudah mulai tumbuh

  • Penjarangan

cara menanam bibit porang di polybagmelakukan penjarangan jika dalam satu lubang terlalu banyak porang yang tumbuh. melakukan penjarangan agar dapat membuat umbi tumbuh besar

Related posts