Cara Menanam Bonsai Kelapa Di Pot Dengan Mudah Dan Praktis

2 min read

Cara Menanam Bonsai Kelapa Di Pot 

Pada artikel kali ini saya akan membahas cara menanam bonsai kelapa di pot. Namun sebelum itu simak penjelasan tentang bonsai kelapa.

Bonsai Kelapa

Bonsai kelapa dapat jadi opsi pas untuk tanaman yang ditanam di rumah. Pada bonsai kelapa ini terbuat dari tumbuhan kelapa, lebih tepatnya dari buah ataupun batok kelapa, setelah itu dibangun jadi bonsai. Bisa jadi kalian tidak menyangka jika tumbuhan kelapa yang menjulang besar nyatanya dapat dibentuk jadi bonsai.

Cara Menanam Bonsai Kelapa Di Pot

1. Memastikan Jenis Kelapa Yang Digunakan

Langkah yang pertama, kalian wajib memastikan terlebih dahulu ingin memakai kelapa gading susu, kelapa gading merah, ataupun kelapa albino. Tiap jenisnya akan menciptakan bonsai yang mempunyai ciri berbeda. Bisa jadi kalian juga wajib sedikit mencermati perawatannya sesudah itu.

2. Pilih Bibit Kelapa Terbaik

Tumbuhan bonsai kelapa yang bagus serta menawan nyatanya dapat diperoleh dari bibit yang bagus pula. Usahakan, kalian memilih bibit bonsai kelapa yang telah agak tua. Bibit yang sudah tua akan lebih cepat menumbuhkan tunas baru yang menawan.

Akan lebih bagus lagi jika kalian dapat mengambilnya langsung dari tumbuhan serta tak harus menunggunya jatuh sendiri. Seperti yang kita tahu, tumbuhan kelapa sangat tinggi serta bisa jadi hendak memunculkan cacat pada bibit dikala jatuh serta menghantam tanah.

Pilih bibit dengan ukuran yang tak sangat besar ataupun kecil. Jangan lupa cek pula akarnya serta cari bibit dengan pangkal besar serta kokoh. Seleksi bibit dengan dimensi batok kecil untuk mempermudah membentuk batang bonsai nantinya.

Baca juga: Cara Membuat Puding Jagung Kukus Serta Aneka Olahan Puding

3. Tentukan Posisi Batok

Tumbuhan bonsai kelapa akan berkembang mulai dari bagian batoknya. Oleh sebab itu, kalian butuh memastikan posisi batok yang akan cocok dengan kemauan kalian. Dengan menyesuaikan posisi batok secara benar juga akan membuat kalian memperoleh gambaran bonsai kelapa seperti apa nanti jadinya.

Taruh dahulu bibit bonsai kelapa yang belum mempunyai tunas pada tanah. Pastikan tanah yang kalian pakai memiliki kandungan air yang sangat banyak. Biarkan tunas terletak di situ sampai 1– 2 minggu ke depan.

4. Bilas Sabut Kelapa Pada Batok

Sehabis tunas kelapa timbul, kalian wajib membersihkan sabut kelapanya. Kalian dapat mengupas ataupun menyayat batok kelapa sampai benar-benar halus. Triknya menyayatnya juga butuh dicermati. Buatlah sayatan dengan arah membujur mengitari pada batok kelapa.

Hendaknya kalian perlu berhati- hati dikala menyayat batok kelapa, ya. Usahakan jangan sampai kalian menimpa tunas ataupun pangkal yang baru saja hendak berkembang. Sabut kelapa yang sudah dikupas dengan mesin pengupas batok kelapa juga bisa dibuat menjadi kerajinan mengunakan mesin sabut kelapa

5. Hilangkan Bulu Halus Batok Kelapa

Langkah berikutnya yakni membersihkan bulu halus di segala batok kelapa. Kalian dapat memakai pisau untuk melakukan ini. Pastikan batok kelapa betul- betul bersih dari bulu- bulu halus ini saat sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

6. Buat Media Tanam Buat Bonsai Kelapa

Kalian dapat sediakan pot seukuran batok kelapa. Isi pot tersebut dengan kombinasi tanah, air, pupuk kandang, serta untuk perbandingannya 2: 1: 1. Kalian dapat menggunakan botol sisa air mineral buat menutup tunas kelapa biar dapat berkembang lebih cepat. Potong bagian botol kurang lebih 5 centimeter dari bagian atasnya.

Kemudian, masukkan batok kelapa tersebut ke dalam pot yang telah terisi dengan kombinasi tanah, air, serta pupuk. Lakukannya dengan cara perlahan serta posisi yang sedikit miring.

7. Membentuk Tumbuhan Bonsai Kelapa

Sehabis tunas bonsai berkembang, kalian perlu membentuk bonsai kelapa jadi tumbuhan yang menawan. Sayat bagian tunas bagian paling bawah sehabis bibit berkembang kurang lebih 15– 20 centimeter. Hati- hati dikala menyayatnya biar tidak terkena tunas yang masih muda.

Kalian dapat melakukan penyayatan ini mulai dari 3 kali ataupun lebih tiap harinya. Berikutnya ikat bonsai kelapa dengan kawat ataupun tali buat memperoleh wujud yang di idamkan.

Sekian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.