Cara Mengolah Sabut Kelapa Menjadi Kerajinan Yang bikin Cuan

2 min read

cara-mengolah-sabut-kelapa-menjadi-kerajinan

Halo semuanya pada kesempaatan kali ini saya akan membuat artikel tentang Cara Mengolah Sabut Kelapa Menjadi Kerajinan Yang bikin Cuan Semoga bermanfaat untuk kita semua

Cara Mengolah Sabut Kelapa Menjadi Kerajinan Yang bikin Cuan

cara-mengolah-sabut-kelapa-menjadi-kerajinan

Cara Mengolah Sabut Kelapa Menjadi Kerajinan Yang bikin Cuan

Bahan Dan Alat:

  1. Sabut kelapa
  2. Lem kayu
  3. Ember/mangkok
  4. Lesung dan penumbuk
  5. Sendok
  6. Cetakan
  7. Lem tembak

Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Sabut Kelapa

  1. Ambil sabut kelapa
  2. Cari serbuknya boleh memakai teknik menumbuk dilesung. Sabut dicari bagian lunaknya setelah itu ditumbuk sehingga serbuknya terpisah dari seratnya.
  3. Pilahlah serbuknya agar tidak bercampur dengan serat sabut kelapa
  4. Campurkan serbuknya dengan lem kayu dengan perbandingan 5 berbanding 1
  5. Setelah campuran merata siapkan cetakan lalu masukkan campuran kedalam cetakan

jika kalian ingin mengetahui imformasi lengkap tentang cocomest bisa cek disini: Cocomest Jaring Sabut Kelapa

Manfaat Sabut Kelapa

cara-mengolah-sabut-kelapa-menjadi-kerajinan

1. Sabut Kelapa Sebagai Penetralisir Bau Semen Pada Kolam Yang Baru Dibuat

Kolam ikan yang dihasilkan seringkali meninggalkan bau semen yang tidak sedap. Hal ini tentu saja menyulitkan budidaya ikan lele.

Salah satu cara alami yang paling efektif untuk menghilangkan bau semen kolam yang baru dibuat adalah dengan menggunakan batok kelapa.

Caranya sangat sederhana, cukup taburkan sabut kelapa atau bisa juga dicampur dengan yang tidak terlalu mudah dan biarkan selama 1 hingga 2 minggu. Air akan berwarna coklat sampai kehijauan, perubahan warna air menandakan bahwa kolam sudah siap untuk budidaya ikan.

2. Untuk Sebagai Pupuk Organik

Sabut kelapa memiliki nutrisi serta kandungan mineral yang cukup tinggi untuk pertumbuhan tanaman, sehingga sabut kelapa ini sangat bagus untuk dijadikan pupuk.

Selain itu, pupuk kelapa organik menghemat 60% air lebih banyak daripada pupuk biasa. Jadi, pupuk serat kelapa organik cocok untuk daerah yang curah hujannya rendah atau kekeringan.

Bahkan untuk pantai yang langsung berpasir, penambahan sabut kelapa atau sabut kelapa pada pasir pantai dapat digunakan sebagai substrat tanam yang begitu disemai.

3.  Sabut Kelapa Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Briket

Pastinya Anda sudah sering mendengar tentang briket yang terbuat dari batu bara atau tempurung kelapa bukan? dan itulah kebenarannya. Namun ternyata sekarang briket juga bisa dibuat dari sabut kelapa. Jadi Anda akan merasa aneh jika briket tersebut terbuat dari sabut kelapa.

Briket kelapa ini lebih ramah lingkungan dan Anda akan menekan biaya produksi karena biaya produksi briket kelapa lebih murah daripada briket batubara.

4. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Dasar Kerajinan

Satu lagi keunggulan coco yang mungkin sudah dikenal di lingkungan kita, yaitu coco sebagai bahan dasar kerajinan atau barang.

Ada banyak sekali kerajinan dari sabut kelapa, apalagi Indonesia memiliki banyak suku di daerah tersebut, sehingga dapat membuat berbagai macam kerajinan dari berbagai daerah. Misalnya berupa dompet, tas dan cinderamata untuk dijadikan pajangan dan cinderamata di lokasi wisata.

Ingin Mengetahui tentang sabut kelapa jangan lupa kunjungi : RumahSabut

5. Sabut Kelapa Sebagai Penahan Erosi Pada Tebing

Pembawa sabut yang digunakan dalam teknik ini adalah dengan mengubahnya menjadi sabut jaring atau sering disebut dengan sabut kelapa.

Produksi kokas ini dimulai dengan cara sabut diubah menjadi tali dari serat. Proses selanjutnya adalah menganyam tali seukuran tumbuk atau jarak tertentu.

Ukuran coke umumnya 2×25 meter atau bisa juga 1,2×15 meter tergantung kebutuhan.

Dan jarak antar tali bisa mulai dari 2×2 cm, 3×3 cm dan 4×4 cm. Penggunaan minyak kelapa telah menjadi sangat populer di kalangan pembudidaya pertambangan.

Karena terbukti sangat efektif dalam mencegah erosi pascatambang, ia juga mampu menghijaukan kembali area pertambangan dengan kombinasi tanaman penutup tanah atau biji-bijian penutup.

Saat menanam penutup kelapa, menanam tanaman keras mungkin menjadi langkah selanjutnya.

Saat Anda membuat kerajinan sabut kelapa, sebaiknya Anda mencoba manisnya sinar bulan, yang sangat cocok untuk menemani Anda bekerja atau beraktivitas.

Baca Juga : Game PC dulu yang terbaik

Itulah berbagai macam kerajinan dari sabut kelapa dan juga manfaat dari sabut kelapa. Semoga bermanfaat sukses selalu. Sekian dan terimakasih

PUBG Mobile Menghadirkan Crate Terbaru

PUBG Mobile menghadirkan beberapa penawaran teranyar yang menarik? Dimana game ini hadir dengan beraneka hadiah skin senjata teranyar yang bernama Winter Queen M2491. Terdapat...
Guithay thay
1 min read

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal

Siapa yang tidak rela jelas cara memperoleh duwit berasal dari internet. Banyak orang tidak yakin bersama dengan perihal ini. Bahkan, beberapa mampu menghasilkan duwit...
Guithay thay
1 min read