Cara Mengolah Sampah Anorganik Menjadi Kerajinan

1 min read

Pasti banyak yang bertanya bagaimana cara mengolah sampah anorganik menjadi kerajinan?.Nah,maka dari itu saya akan memberikan tips dan cara mengolah sampah anorganik menjadi kerajinan berikut ini,simak baik-baik pengertian sampah anorganik di bawah ini.

Pengertian sampah anorganik

Sampah anorganik adalah jenis sampah atau sisa bahan yang tidak mudah terurai dan biasanya tidak berasal dari hewan atau tumbuhan. Sampah anorganik dapat berupa plastik, gelas, atau botol kaca, kaleng, kertas, dan kemasan makanan lainnya.

Jenis-jenis sampah anorganik

Sampah anorganik terbagi menjadi beberapa jenis. Pembagian ini berguna dalam menentukan pengolahan apa yang tepat agar limbah atau sampah tidak merusak atau mencemari lingkungan.

Berikut ini adalah jenis-jenis sampah anorganik menurut bentuknya, antara lain:

1. Sampah anorganik padat

Sampah anorganik padat adalah sampah yang bersifat keras dan padat serta dapat ditangani atau ditangani. Ada juga sampah anorganik padat yang tidak bisa ditangani karena mengandung bahan kimia berbahaya. Yaitu, contoh sampah anorganik padat antara lain aluminium, besi, alas, botol, plastik dan berbagai barang sejenis.

2. Limbah anorganik cair

Limbah anorganik ini berupa cairan yang sangat berbahaya yang berasal dari pabrik atau fasilitas manufaktur. Umumnya pabrik atau perusahaan manufaktur ini membuang limbah cair anorganik ke sungai sehingga menyebabkan kerusakan dan pencemaran terhadap makhluk hidup di sana dan lingkungan sekitar.

3. Gas buang anorganik

Gas buang anorganik atau angin merupakan limbah yang tidak dapat diraba dengan indera. Biasanya, limbah gas anorganik ini berasal dari cerobong asap di pabrik produksi. Asap atau uap sangat berbahaya karena dapat membuat bumi lebih panas, lebih rentan terhadap hujan asam dan peningkatan berbagai polutan.

Cara mengolah sampah anorganik menjadi kerajinan tangan

Penumpukan sampah anorganik yang terlalu lama dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Selain itu, akumulasi limbah non-biodegradable dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan makhluk hidup lainnya.

Oleh karena itu, kita dapat membantu mencegah dampak yang lebih serius dengan mengendalikan penggunaan sampah anorganik agar menjadi lebih bermanfaat.

1.Cara Mengolah Sampah Anorganik Menjadi Kerajinan-Tempat pensil

cara mengolah sampah anorganik menjadi kerajinan

Bahan dan Alat yang Diperlukan :

  • Botol shampo bekas (yang sudah kosong)
  • Kertas atau sticker berwarna (sesuai selera)
  • Gunting
  • Cutter
  • Lem
  • Double tip

Cara Membuat Kerajinan dari Sampah Anorganik – Tempat Pensil :

  1. Buat pola atau bentuk pada botol shampo sesuai selera.
  2. Potong sesuai pola yang sudah dibuat menggunakan cutter atau gunting.
  3. Buat gambar tangan pada bagian yang sudah dipotong atau tidak digunakan.
  4. Bentuk gambar wajah dan hiasan lainnya, lalu rekatkan semua bagian denga lem
  5. Rekatkan dengan double tip pada bagian belakang tempat pensil ke tembok.

2.Cara Mengolah Sampah Anorganik Menjadi Kerajinan-Boneka Pinguin

Bahan dan Alat yang Diperlukan :

  • Botol air mineral bekas 2 buah ( ukuran besar 1 liter)
  • Cat air atau cat minyak (warna sesuai selera)
  • Kuas
  • Gunting atau cutter
  • Lem plastik
  • Kain perca

Cara Membuat Boneka Pinguin Lucu :

  1. Pertama, potong 1 botong ada bagian tengahnya. Botol satunya, potong sekitar 5 cm dari bagian dasar botol.
  2. Satukan kedua botol yang sudah dipotong hingga rapat kedua lubangnya. Lem botolm supaya tidak mudah lepas pada bagian sambungannya.
  3. Warnai semua bagian botol dengan cat warna putih. Pada salah satu sisi luar botol gambar dengan bentuk perut pinguin.
  4. Beri gambar mata dan mulut, lalu warnai.
  5. Siapkan kain perca, potong menjadi bentuk menyerupai syal pinguin. Bentuk kain perca lagi menjadi topi untuk pinguin.
  6. Lilitkan syal pada bagian leher pinguin dan letakkan topi di atas kepala pinguin.

Baca Juga: Cara Mengolah Sampah Plastik Menjadi Kerajinan

Dari cara mengolah sampah anorganik menjadi kerajinan di atas dapat untuk kita lakukan sebagai cara mengurangi sampah anorganik yang ada serta menumbuhkan kreaktifitas anak akan kerajinan dari sampah.

Layanan Gesek Tunai Kartu Kredit Makin Marak

Selain untuk berbelanja, kartu kredit termasuk memberi tambahan fasilitas tarik tunai bagi para pengguna. Tarik tunai mampu dilakukan di anjungan tunai mandiri (ATM) terdekat....
Guithay thay
2 min read

Berikut Contoh Soal Perhitungan PPh Pasal 24?

PAJAK Penghasilan (PPh) Pasal 24 adalah salah satu type pelunasan PPh di dalam tahun berjalan yang merupakan pajak yang dibayar atau terutang di luar...
Guithay thay
1 min read