Cara Mengurangi Sampah Plastik Yang Semakin Menggunung

2 min read

Cara Mengurangi Sampah Plastik

Sampah adalah suatu barang bekas atau tidak terpakai yang materialnya diproduksi dari bahan kimia tak terbarukan.Berikut Cara Mengurangi Sampah Plastik .

Cara Sampah Mengurangi Plastik Yang Semakin Menggunung

Cara Sampah Mengurangi Plastik

Kurangi Penggunaan Sedotan Plastik

1.jual sedotan kertas

Bantu selamatkan lingkungan dengan mengganti sedotan dari plastik dengan sedotan kertas.
Menggunakan sedotan plastik memang sudah menjadi kebutuhan sebuah hal yang lumrah. Sehingga mengubah sebuah kebiasaan itu pun sulit, tapi hal itu tidak mungkin.

Bayangkan saja berapa banyak restoran di sekitarmu, berapa banyak juga sedotan plastik yang menjadi sampah plastik yang sangat sulit didaur ulang.

Kalau memang harus menggunakan sedotan, pakailah sedotan yang stainless yang bisa digunakan dan digunakan kembali atau sedotan dari kertas.

2. Bawa Tas Belanja Pribadi

Di sebagian besar pusat dari perkembangan besar sudah diberlakukan peraturan tentang adanya kantong plastik berbayar, namun tidak sedikit yang rela mengeluarkan uang untuk tetap menggunakan sebuah kantong plastik.

Alangkah lebih baik jika kamu bisa bawa dengan tas belanja berbahan kain yang kuat dan juga bisa dipakai terus-menerus.

pemilihan bahan tas belanjaan dengan berbagai ukuran agar dapat disesuaikan dengan banyaknya belanjaanmu. Dengan begitu kamu akan sangat mengurangi penggunaan kantong plastik.

3. Bawa Botol Minum

kekurangan dehidrasi dengan selalu tersedia air minum dalam Lock & Lock di mana pun berada.
Setiap tahun ada hampir kurang 20 miliar botol plastik yang akan menemukan lebih banyak tempat sampah. Dengan cara membawa botol minum sendiri, kamu bisa membantu mengurangi penggunaan botol plastik kemasan.

Apalagi sekarang banyak juga gerai minuman yang menawarkan potongan harga jika kamu menggunakan botol minum sendiri dari rumah.

Botol juga sudah pasti sangat aman dipakai berulang-ulang, tidak seperti minum botol kemasan plastik.

Kalian bisa menggunakan mesin pencacah plastik untuk menghancurkan sampah.

4. Biasakan Masak di Rumah

Seperti bukan hal yang langsung terlintas di kepala memasak untuk diri sendiri adalah sebuah upaya untuk mengurangi penggunaan dari plastik.

Dengan maraknya aplikasi online untuk memesan dan juga mengantar makanan, tentunya hal ini sangat menggiurkan untuk menggunakan jasa tersebut.

Tetapi biasanya kemasan dan juga alat makan yang digunakan dari plastik, yang kemungkinan besar tidak akan berguna lagi. Inilah titik minus yang akan tereliminasi jika kamu akan masak untuk diri sendiri.

5. Beli Barang dalam Jumlah Besar Sekaligus

Lagi-lagi berkutat soal kemasan dari plastik. Buat kamu yang suka membeli barang dalam kemasan kecil, lebih baik beralihlah ke kemasan yang besar.

Setelah mengubah kebiasaan ini dengan beralih ke barang skala besar, jumlah sampah plastik dari bungkusan akan berkurang

6. Kurangi Pemakaian Microbeads

Microbeads adalah sebuah partikel kecil yang terbuat dari plastik. Biasanya terdapat di sabun mandi, pasta gigi dan juga beberapa produk kecantikan seperti scrub untuk wajah.

Ukurannya memang sangat kecil tapi hal ini justru bisa menyebabkan microbeads ini termakan oleh hewan yang di laut.

Solusinya kamu bisa memperhatikan semua kandungan di dalam produk-produk tersebut dan juga menghindari produk yang mengandung zat plastik di dalamnya.

7. Daur Ulang

Selanjutnya akan terlebih dahulu pilah-pilah kemasan dari plastik yang bisa kamu pakai ulang. Kalau sudah terkumpul semua yang tidak bisa dipakai ulang, coba deh perhatikan bagian bawah kemasan plastik tersebut.

Jika 1(PET) makan kemasan dari plastik tersebut dapat diterima oleh semua perusahaan daur ulang. Lalu luangkan sedikit waktu untuk mencari perusahaan untuk daur ulang di dekat tempat tinggalmu.

8. Pilih Cone saat Beli Es Krim

Hal yang satu ini sangat sederhana bukan? Tapi tidak pernah kadang-kadang terpikir jika aktivitas sederhana seperti membeli sebuah es krim bisa berdampak pada kerusakan lingkungan jika kamu memilih yang cup yang terbuat dari bahan plastik.

Ini membuktikan bahwa plastik memang sangat dekat dengan semua kehidupan sehari-hari kita. Jadi, bijaklah dalam penggunaan berbahan plastik.

9. Permen Karet

sebagian besar orang yang berada diseluruh dunia bahkan belum tentu tahu tentang fakta yang satu ini. Kandungan bahan plastik yang digunakan dalam permen karet adalah polyethylene dan juga polyvinyl acetate.

Polyethylene adalah sebuah bahan yang sering digunakan untuk mainan anak, sedangkan bahan yang polyvinyl acetate adalah sebuah bahan dari lem. Bahan-bahan ini juga sudah jelas sebaiknya jangan sampai tertelan.

Tapi kalaupun sampai terjadi tertelan, nantinya juga akan keluar dengan sendirinya. Masalah adasisa permen karet yang akan dibersihkan dan juga dibersihkan.

10. Minimalisir Plastik untuk Bungkus Paket

Terakhir mungkin sebuah kebiasaan yang paling sulit ditinggalkan, terutama untuk semua perempuan. Biasanya untuk menjaga sesuatu tetap aman dan juga anti air, plastik memang jadi pilihan nomor satu untuk mengemas semua barang.

Untuk itu juga jika kamu menjalani bisnis jualan secara online, sebaiknya menerapkan bahan yang lebih ramah lingkungan dan juga mudah diurai. Contohnya seperti bahan kardus atau bungkus bahan karton.

Mungkin itu yang bisa disampaikan informasi tentang Cara Mengurangi Sampah Plastik, semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan Terimakasih.

Pemanas air tenaga surya terbaik

Gaya hidup manusia terus berubah sejalan dengan tuntutan aktivitas yang semakin tinggi. Tugas penugasan semakin menumpuk selalu memaksa kita untuk segera menyelesaikannya. Karena kehidupan...
Guithay thay
2 min read