Cara Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk yang Perlu Harus Kalian Coba

3 min read

cara merawat kambing agar cepat gemuk

Bingung tentang cara merawat kambing agar cepat gemuk? pusing karena sudah mencari cara dan tidak bisa? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorialnya. Jika kamu penasaran untuk mencobanya, saya akan memberikan tutorial cara merawat kambing agar cepat gemuk yang harus kalian coba.

Pengertian Kambing

Kambing adalah mamalia yang termasuk dalam kelompok herbivora. Mungkin masyarakat kita sudah sering menyaksikan keberadaan hewan ini, apalagi menjelang Hari Raya Kurban, saat biasanya hewan ini muncul di pinggir jalan.

Kambing adalah hewan ruminansia berukuran sedang. Kambing peliharaan (Capra aegagrus hircus) adalah subspesies kambing liar yang tumbuh secara alami di Asia barat daya (wilayah “Bulan Sabit Subur” dan Turki) dan Eropa.

Kambing liar jantan dan betina memiliki sepasang tanduk, namun tanduk pada kambing jantan lebih besar. Pada umumnya kambing memiliki janggut, dahi cembung dan ekor agak ke atas, dan sebagian besar bulunya lurus dan kasar. Panjang tubuh kambing liar tidak termasuk ekornya adalah 1,3 m – 1,4 m, sedangkan panjang ekornya 12 cm – 15 cm. Kambing betina memiliki berat 50 kilogram – 55 kilogram, sedangkan yang jantan mencapai 120 kilogram.

Kambing liar menyebar dari Spanyol timur ke India, dan dari India utara ke Mongolia dan Siberia. Habitat favoritnya adalah daerah pegunungan berbatu.

Karakteristik Kambing

  • Kambing merupakanhewan herbivora yang memakan rumput atau jenis tumbuhan lainnya
  • Termasuk kelas Mamalia
  • Warna bulu biasanya putih, coklat, abu-abu, hitam dan belang.
  • Dia memiliki sepasang tanduk di kepalanya.
  • Kambing betina memiliki tanduk yang lebih pendek dari jantan.
  • Umumnya janggut atau rambut di bawah dagu.
  • Ia memiliki dua kaki belakang dan dua kaki depan.
  • Mata berwarna hitam di tengah dan coklat di samping.
  • Ekornya lebih pendek dibandingkan dengan domba.
  • Memiliki telinga yang panjang dan lebar.
  • Dia memiliki hidung tuan.
  • Reproduksi dengan kelahiran atau persalinan.
  • Memiliki gigi geraham dan gigi seri, yang dimiliki hampir semua mamalia.

Jenis Kambing

Ada banyak jenis kambing yang umum di Indonesia. Pada artikel ini kami akan memberi tahu Anda tentang beberapa jenis kambing :

  • Kambing Kacang  

Kambing kacang merupakan salah satu jenis kambing pedaging lokal Indonesia. Hewan jenis ini memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap kondisi alam setempat, dan memiliki kemampuan reproduksi yang sangat tinggi. Maka tidak heran jika kambing jenis ini dipelihara di tempat yang berbeda.

  • Kambing Etawa

Kambing etawa merupakan salah satu jenis kambing yang multifungsi, dan dapat dijadikan kambing penghasil daging serta kambing penghasil susu. Hewan kambing etawa adalah kambing yang berasal dari India.

  • Kambing Jawa Randu

Kambing jawarandu (Jawa Randu) juga memiliki nama lain Bligon, Gumbolo, Koplo dan Kacukan. Ternak kambing ini merupakan hasil persilangan antara kambing Itawa dan Kacang, namun ciri fisik kambing Kacang yang paling banyak ditemui. Untuk pemeliharaannya, peternak kambing perah biasanya memilih kambing ini untuk diternakkan untuk diambil susunya. Kambing ini bisa menghasilkan susu hingga 1,5 liter per hari.

Cara Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk

cara merawat kambing agar cepat gemuk

1. Sesuaikan Jumlah Kambing Dengan Ukuran Kandang

Cara merawat kambing agar cepat gemuk adalah dengan memperkirakan ukuran kandang yang benar sesuai dengan jumlah kambing. Jangan tinggalkan kandang kecil dengan begitu banyak kambing sehingga kebebasan bergerak mereka sangat dibatasi. Idealnya, Anda harus menyediakan 1,1m kali 1,25m per kambing. Jadi yang harus Anda lakukan adalah menggandakan ukuran kandang kambing yang menghuninya.

2. Pilih Induk yang Bagus

Penting juga untuk diingat untuk memilih benih yang sangat baik. Biasanya kemampuan beternak kambing sangat besar atau tidak dapat dikenali dengan ciri-ciri tertentu. Itu ada hubungannya dengan genetika mereka dan kemampuan mereka untuk tumbuh, tentu saja. Jika Anda seorang pemula, seorang ahli dapat membantu Anda menemukan kambing gemuk yang mudah dibuat.

3. Pilih Tempat yang Tenang Untuk Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk

Ternyata pertumbuhan kambing juga dipengaruhi oleh lokasi tempat tinggalnya. Pilih kandang untuk kambing Anda di lingkungan yang tenang agar tidak terganggu oleh keramaian. Jika Anda meletakkannya di tempat yang tenang dan nyaman, nafsu makannya akan baik. Hindari keramaian karena ini membuatnya gugup, tidak mau makan, dan sakit. Saat kambing sakit, tubuhnya menjadi sulit gemuk.

4. Berikan Makanan yang Bergizi

Syarat mutlak dalam merawat kambing agar cepat gemuk adalah pakan yang bergizi. Makanan ini harus bervariasi dan menawarkan makanan yang disukai kambing untuk menjaga nafsu makannya.

Pastikan Anda menyediakan makanan hijau seperti daun atau rumput yang mudah ditemukan di sekitar Anda. Dengan cara ini, Anda akan menghabiskan lebih sedikit uang, tetapi tetap perlu makan makanan yang kaya vitamin, karbohidrat, protein, dan mineral agar sehat.

5. Jaga Kebersihan Kandang Untuk Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk

Bersihkan kandang secara teratur dari kotoran dan makanan yang jatuh. Ini akan mengurangi infestasi kambing dengan penyakit yang dapat menyerang mereka. Jangan biarkan kambing Anda sakit atau bertambah berat badan.

6. Identifikasi Penyakit Kambing

Waspadai berbagai jenis penyakit yang dapat diderita kambing pada satu waktu. Karena itu Anda harus segera memberi tahu diri Anda sendiri jika ada tanda-tanda kambing sakit dan, setelah berkonsultasi dengan dokter hewan, berikan obat-obatan sesuai dengan keadaan.

7. Berikan Obat Pada Kambing yang Sakit

Jika kambing sakit, segera berikan obat sesuai anjuran dokter hewan. Jangan biarkan berlarut-larut dan semakin parah.

8. Pengendalian Penyakit Pada Kambing

Perlu Anda ketahui apakah penyakit yang diderita kambing Anda mudah menular ke kambing lain. Jika menular, segera isolasi dan pisahkan dari yang lain agar kambing lain tidak tertular.

9. Minum Secukupnya

Selain makanan, minuman juga harus disajikan dalam jumlah yang cukup agar tubuh sehat dan gemuk.

10. Menjaga Nafsu Makan Kambing

Agar nafsu makan kambing menjadi baik dan cepat gemuk, Anda bisa menambahkan suplemen makanan dan vitamin untuk kambing.

11. Pakan yang Difermentasi Untuk Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk

Selain pakan segar, Anda juga bisa memberikan pakan fermentasi sebagai dispersan. Pakan ini dapat terdiri dari dedak, garam, pakan dan air. Ini akan sangat baik dan akan membuat kambing cepat gemuk.

12. Berikan Pakan Tambahan Upaya Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk

Agar cepat gemuk, berikan kambing pakan tambahan berupa dedak, tahu dan singkong.

13. Kandang yang Nyaman Buat Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk

Dengan menyediakan kandang yang nyaman, kambing tumbuh lebih sehat dan optimal sehingga kualitas daging tetap terjaga.

14. Posisi Kandang Terkena Sinar Matahari

Simpan kandang di tempat yang sejuk dan mendapat sinar matahari yang cukup. Disarankan untuk membangun kandang di dekat pohon yang rindang.

15. Sirkulasi Udara yang Memadai

Jangan biarkan kandang kambing Anda terlalu basah dan pengap dengan memberikan sirkulasi udara yang cukup. Hal ini wajar agar Anda tidak mencium bau kandang kambing.

Baca Juga : Cara Beternak Kambing Bagi Pemula yang Menguntungkan

Nah, cukup sekian tutorial cara merawat kambing agar cepat gemuk pada artikel kali ini. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil, dan jika cara dalam artikel ini dapat membantu kamu, jangan lupa untuk membagikan ilmu anda kepada orang-orang di sekitar kamu agar mereka semua dapat mengambil manfaatnya. Sekian dari saya, terima kasih.

Layanan Gesek Tunai Kartu Kredit Makin Marak

Selain untuk berbelanja, kartu kredit termasuk memberi tambahan fasilitas tarik tunai bagi para pengguna. Tarik tunai mampu dilakukan di anjungan tunai mandiri (ATM) terdekat....
Guithay thay
2 min read

Berikut Contoh Soal Perhitungan PPh Pasal 24?

PAJAK Penghasilan (PPh) Pasal 24 adalah salah satu type pelunasan PPh di dalam tahun berjalan yang merupakan pajak yang dibayar atau terutang di luar...
Guithay thay
1 min read