Cara Pembuatan Kertas Mulai Dari Kayu Sampai Jadi Buku

2 min read

cara pembuatan kertas

Apakah kalian mengetahui cara pembuatan kertas dari kayu sampai menjadi buku? Mungkin perlu kita ketahui bahwa kertas-kertas tersebut sudah pernah diolah, sehingga bisa kita manfaatkan sebagai media tulis (seperti buku catatan dan buku bergambar) dan media cetak (seperti dokumen, foto atau media lainnya).

Kertas merupakan barang yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua, karena kertas bukanlah barang mewah, melainkan sebagai kebutuhan sehari-hari, seperti sekolah, kantor, dinding, fotocopy hingga percetakan. Kertas digunakan dan dibuat dalam bentuk tipis dan tebal, dan terbuat dari kayu atau tanaman berserat lainnya (bambu).

Karena sudah menjadi hal yang lumrah dalam kehidupan, terkadang kita tidak tahu bagaimana cara pembuatan kertas sampai bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini saya akan berbagi informasi tentang Cara Pembuatan Kertas Mulai Dari Kayu Sampai Jadi Buku.

Zaman dahulu kala, menurut catatan sejarah pembuatan kertas, orang menggunakan cara yang sederhana untuk membuat kertas, baik menggunakan cara manual maupun memaksimalkan tenaga kerja. Namun seiring dengan perubahan jaman mesin dan teknologi, keadaannya tentu berbeda, kertas diproduksi di pabrik-pabrik untuk memaksimalkan penggunaan teknologi canggih dengan menggunakan mesin.

Baca Juga : Cara Membuat bubur kertas menjadi kertas baru

Bahan-Bahan Cara Pembuatan Kertas

Berikut ini merupakan bahan-bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kertas :

1. Kayu

Pada umumnya kertas biasanya terbuat dari kayu. Kayu yang digunakan merupakan kayu dengan kandungan serat yang sangat banyak namun sebagian memiliki kandungan air yang kecil.

2. Bambu

Negara-negara Asia, khususnya China, Korea Selatan dan Jepang, menggunakan batang bambu untuk membuat kertas. Bambu merupakan bahan baku yang mudah didapat karena iklim dan areanya memberikan dukungan yang baik bagi jenis tanaman bambu. Bambu menjadi bahan pilihan karena selain mudah didapat juga lebih murah harganya.

3. Papirus

Pohon papirus adalah pohon tumbuh yang dapat digunakan orang Mesir sebagai bahan baku pembuatan kertas. Menurut catatan sejarah, negara Mesir ini telah menjadi pelopor pembuatan kertas di dunia.

4. Kulit Binatang

Kulit juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan kertas. Jenis kulit domba ini umum digunakan karena bahan ini juga mudah didapat walaupun tidak sebanyak kayu atau bambu.

Simak Cara Pembuatan Kertas Mulai Dari Kayu Sampai Jadi Buku

Berikut ini ilustrasi proses dan cara pembuatan kertas :

cara pembuatan kertas
  1. Bahan baku utama yaitu kayu dipotong menjadi log atau batangan dan kemudian diangkut ke pabrik kertas untuk diproses lebih lanjut.
  2. Batang kayu tersebut kemudian dibiarkan selama beberapa bulan untuk menjaga kelembapan.
  3. Kayu yang sudah lama dibiarkan beberapa bulan tersebut kemudian Kulitnya dikupas dan dipotong menjadi beberapa bagian yang kecil-kecil.
  4. Kayunya dipotong-potong seukuran kotak korek api dan ditempatkan di tangki air raksasa yang disebut digester atau penghancur.
  5. Pada alat ini, kayu ditekan dan dipanaskan. Setelah beberapa jam, kayu menjadi bahan yang lembut seperti kapas. Inilah yang disebut pulp atau bubur kertas.
  6. Setelah keluar digester, ampasnya dicampur dengan air. Bubur dengan kadar air 90% kemudian dilewatkan melalui mesin yang disebut headbox.
  7. Headbox menyebarkan bubur kertas pada layar ayakan yang bergerak disebut kawat. Saat penggiling menekan pulp ke atas jaring, maka sekitar 98% air akan keluar.
  8. Kemudian rangkaian gilingan lainnya mengekstraksi hampir semua air yang tersisa dari kertas kering. Hanya beberapa molekul air yang ada saat ini.
  9. Kertas yang baru dibentuk melewati silinder, yang dipanaskan dari dalam. kemudian, silinder akan melepaskan air dari umpan kembali.
  10. Serat selulosa kini menjadi jalinan serat yang saling terkait satu sama lain. Gelondongan kertas yang disebut penggulung akan mengumpulkan kertas menjadi gulungan besar.
  11. Gulungan ini kemudian dipotong menjadi gulungan atau irisan kecil dan dikirim keluar dari pabrik.

Demikian ulasan mengenai cara pembuatan kertas mulai dari kayu sampai menjadi buku, Semoga bermanfaat yaa. SEE YOU 🙂

Baca Juga : Fungsi-fungsi dari mesin fotocopy

Agency Digital Jakarta Selatan

Yang sedang popular sementara ini ialah marketing online yanag banyak dilirik oleh para pelaku usaha maupun merk besar.Menariknya memanfaatkan Agency Digital Jakarta sendiri adalah,...
Guithay thay
1 min read

Langkah Menonton Film di Telegram secara Gratis dan Tanpa…

Aktivitas melihat film sekarang ini bukan hanya dapat dicicipi di bioskop atau tayangan tv saja. Karena zaman telah makin hebat beberapa program kekinian sediakan...
Guithay thay
3 min read

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di…

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di Dunia Berapa luar biasa Intel Core i9-12900K ini? Intel sah memperkenalkan keluarga processor Intel Core...
Guithay thay
4 min read