Cara Tepat Memilih Sepatu Lari

2 min read

Ingin membeli sepatu lari yang nyaman dipakai dan awet tapi anda sendiri masih bingung dengan kebutuhan anda. Jangan bingung ikuti tips berikut agar anda memiliki sepatu lari yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Pertimbangkan bentuk kaki Anda
Kaki datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Untuk menghindari masalah yang menyakitkan, pertimbangkan bentuk dan ukuran kaki Anda saat membeli sepasang sepatu berjalan. Ingat, sepatu Anda harus sesuai dengan bentuk kaki Anda. Kaki Anda jangan pernah dipaksa untuk menyesuaikan dengan bentuk sepasang sepatu.

Lebar dan panjang
Salah satu peralatan lari yang paling dibutuhkan adalah sepatu lari. Sepatu lari yang terlalu sempit atau terlalu lebar dapat menyebabkan lecet dan kapalan yang menyakitkan. Dan kotak jari kaki yang tidak cukup tinggi – dan tidak memberikan ruang yang cukup untuk jari kaki Anda – dapat menyebabkan rasa sakit pada gangguan seperti bunion dan hammertoes.

Jenis lengkung
Penjajaran tulang, otot, ligamen, dan tendon yang rumit di kaki Anda membentuk lengkungan sisi ke sisi (metatarsal) dan memanjang (memanjang). Saat Anda berjalan, lengkungan kenyal dan lentur ini membantu mendistribusikan berat tubuh Anda secara merata di kaki Anda. Lengkungan Anda memainkan peran penting dalam cara Anda beradaptasi dengan berbagai permukaan saat Anda berjalan.

Pilih sepatu berjalan yang mengakomodasi tipe lengkungan Anda. Secara umum, kaki termasuk dalam salah satu dari tiga kategori:

Kaki melengkung netral. Kaki dengan lengkungan netral tidak terlalu melengkung juga tidak terlalu rata. Jika Anda memiliki lengkungan netral, cari sepatu dengan bagian tengah yang kokoh, lurus hingga semi-awet – yang terakhir mengacu pada bentuk sol dan jejak kaki tempat pembuatan sepatu – dan stabilitas kaki belakang yang moderat.
Kaki melengkung rendah atau rata. Lengkungan yang rendah atau telapak kaki yang rata dapat menyebabkan stres otot dan masalah persendian pada beberapa individu, meskipun tidak ada korelasi langsung. Jika Anda memiliki kaki rata yang signifikan, Anda bisa mendapatkan manfaat dari sepatu berjalan dengan gerakan lurus dan terakhir untuk membantu menstabilkan kaki Anda.

Kaki melengkung tinggi. Lengkungan yang tinggi dapat menyebabkan ketegangan berlebih pada sendi dan otot, karena kaki Anda mungkin tidak menyerap goncangan juga, terutama jika Anda melakukan banyak benturan atau aktivitas melompat. Cari sepatu dengan bantalan untuk membantu meredam goncangan. Terakhir yang melengkung juga dapat membantu dalam beberapa kasus.
Namun yang paling penting dari semua adalah kenyamanan. Tidak ada satu “sepatu terbaik” untuk jenis kaki tertentu, dan kenyamanan serta kecocokan yang tepat harus menjadi kriteria utama yang Anda gunakan.

Dapatkan yang terbaik
Sepatu berdesain terbaik di dunia tidak akan melakukan tugasnya jika tidak pas. Berikut adalah beberapa tips untuk menemukan yang paling pas dalam sepasang sepatu berjalan:

Kenakan kaus kaki yang sama yang akan Anda kenakan saat berjalan, atau bawa kaus kaki ke toko.
Berbelanja sepatu setelah berjalan selama beberapa saat, dan di kemudian hari, ketika kaki Anda berada pada posisi terbesar.
Beli sepatu di toko sepatu atletik dengan tukang profesional atau di toko tempat Anda memiliki banyak pilihan.
Mintalah wiraniaga untuk mengukur kedua kakinya, mengukurnya sendiri, atau minta teman atau anggota keluarga membantu Anda. Ukur kaki Anda setiap kali membeli sepatu, karena ukuran kaki Anda bisa berubah secara bertahap selama bertahun-tahun. Berdiri saat kaki Anda diukur untuk mendapatkan pengukuran yang paling akurat.
Jika satu kaki lebih besar dari yang lain, cobalah sepasang yang cocok dengan kaki Anda yang lebih besar.
Cobalah kedua sepatu dan periksa pas. Gerakkan jari-jari kaki Anda. Jika Anda tidak memiliki setidaknya setengah inci (1,3 sentimeter) antara jari kaki terpanjang dan ujung sepatu – kira-kira selebar jari Anda – coba ukuran yang lebih besar.
Pastikan sepatu cukup lebar. Fit sisi-ke-sisi sepatu harus pas, tidak ketat. Wanita dengan kaki lebar mungkin mempertimbangkan sepatu pria atau anak laki-laki, yang dipotong sedikit lebih besar melalui tumit dan bola kaki.
Berjalanlah di sepatu sebelum membelinya. Mereka harus merasa nyaman segera. Pastikan tumit Anda pas di setiap sepatu dan tidak terpeleset saat Anda berjalan.
Ganti sepatu yang aus untuk mencegah cedera
Semua sepatu berjalan pada akhirnya menunjukkan tanda-tanda aus. Dan bahkan jika mereka masih merasa nyaman dan tidak menunjukkan banyak keausan luar, mereka mungkin tidak memberikan dukungan yang cukup atau penyerapan kejutan.

Ganti sepatu Anda saat:

Sol luar dipakai
Anda telah mencapai 300 hingga 400 mil berlari atau berjalan berpasangan dengan pasangan Anda saat ini
Bahkan jika sepatu terlihat bagus, sebagian besar kehilangan perlindungan dampaknya setelah sekitar 300 hingga 400 mil. Beri tanda pada kalender ketika Anda telah mencapai jarak tempuh maksimum sepatu Anda untuk mengingatkan diri sendiri untuk menggantinya, dan untuk melacak berapa lama biasanya Anda perlu memasukkan 300 hingga 400 mil.

Buat keputusan berdasarkan informasi
Sepatu yang tidak pas adalah sumber dari banyak masalah. Sekarang Anda tahu fitur apa yang harus dicari, Anda dapat berbelanja dengan percaya diri. Kenakan sepatu berjalan yang nyaman dan pas untuk berjalan yang tidak perlu khawatir.