Daftar Universitas Kedokteran di Indonesia

11 min read

Apakah anda sedang mencari referensi seputar daftar universitas kedokteran terbaik di indonesia . Namun, jika nanti sudah menemukan universitas nya , akan lebih baik jika anda mempersiapkan skill dengan mengikuti Bimbel jaminan masuk Kedokteran PTN UI UNPAD terbaik .

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

  • Profil Universitas

Universitas Gadjah Mada atau biasa disingkat UGM adalah salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. UGM didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia tahun 1949 yang didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Tentang Penggabungan Perguruan Tinggi Menjadi Universitas.

Pada saat didirikan, UGM hanya memiliki enam fakultas saja. Namun, saat ini, UGM memiliki 18 fakultas dan 2 sekolah, yakni Sekolah Vokasi dan Sekolah Pasca Sarjana. Sebagian besar dari fakultas UGM memiliki beberapa program studi yang siap menampung para putra dan putri terbaik bangsa untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu.

  • Alamat

Lokasi UGM berada di sebelah utara Kota Yogyakarta, tepatnya di kawasan Bulaksumur, Yogyakarta, 55281. Kampus ini oleh warga Yogyakarta sering disebut sebagai kampus kraton. Hal ini dikarenakan lokasi UGM menggunakan tanah milik kraton Yogyakarta.

Kampus UGM membentang dari barat ke timur dengan luas yang sangat besar. Tidak hanya itu, meskipun berada di tengah kota, suasana di sekitar kampus UGM tergolong cukup sejuk dan asri. Hal ini dikarenakan banyaknya pohon yang menjulang dan memberikan keteduhan alami untuk para mahasiswa yang kuliah di kampus tersebut.

  • Akreditasi Universitas dan Fakultas FK dan FKG

Sesuai informasi yang dihimpun dari BAN-PT, UGM secara universitas dan kelembagaan mendapatkan akreditasi A. Selain itu, fakultas kedokteran UGM juga mendapatkan nilai akreditasi A yang sama dengan universitas.

Nilai akreditasi yang diterima UGM merupakan bukti bahwa kampus ini merupakan salah satu dalam pilihan terbaik di Indonesia. Pun demikian, UGM juga masuk dalam daftar universitas kedokteran di Indonesia yang bisa menjadi pilihan terbaik.

Nilai yang didapatkan oleh UGM untuk akreditasi universitas dan fakultas tersebut tidak lepas dari usaha yang terus dilakukan pihak universitas untuk melakukan perbaikan dalam berbagai sektor. UGM juga terus berusaha meningkatkan mutu pendidikan dengan memperbaiki standard pengajaran dan pemberian fasilitas.

  • Profil Fakultas/Jurusan Kedokteran FK dan FKG

Fakultas kedokteran adalah fakultas yang paling tua dalam sejarah berdirinya UGM. Fakultas ini secara visi dan misi tidak bisa dipisahkan dari visi dan misi UGM secara universitas.

Dalam hal ini, visi dari FK UGM adalah menjadi sebuah fakultas kedokteran yang berkelas dunia, inovatif dan juga unggul serta mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan. Upaya-upaya perbaikan senantiasa dilakukan pihak UGM untuk mendapatkan visi yang sudah dirancang tersebut.

Dalam hal ini, FK UGM menempuh beberapa strategi yang tepat, yakni akselerasi FK UGM sebagai institusi pembelajaran berbasis riset di mana memiliki reputasi internasional dalam bidang pendidikan, riset dasar, klinik maupun pengabdian kepada masyarakat yang berkesinambungan.

  • Jenis/Jalur Tes Masuk

Dalam upaya menjadi salah satu dari daftar universitas kedokteran di Indonesia, UGM senantiasa berusaha untuk melakukan seleksi dari calon mahasiswa yang hendak masuk ke UGM, khususnya FK. Seleksi ini menjadi penting untuk mendapatkan bibit unggul guna menjadi tenaga kesehatan andal di masa yang akan datang.

Dalam praktiknya, UGM memberikan beberapa pilihan jalur masuk yang bisa dimanfaatkan. Adanya beberapa jalur tes masuk yang tersedia di UGM khususnya untuk program sarjana di FK UGM. Adapun jalur tes masuk yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Jalur SNMPTN
  • Jalur SBMPTN
  • Jalur Ujian Tulis
  • Jalur Prestasi.

Dari poin di atas terdapat beberapa jalur masuk yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa untuk masuk ke UGM. Adanya beberapa jalur tersebut memang akan memudahkan calon mahasiswa untuk mengatur strategi agar bisa diterima di FK UGM.

Akan tetapi, apa yang harus dipahami adalah tentang keketatan dari persaingan di FK UGM. Fakultas ini merupakan salah satu fakultas dengan persaingan yang sangat ketat. Oleh karena itu, persiapan dalam menghadapi seleksi masuk harus dilakukan dengan sangat baik agar calon mahasiswa bisa diterima di UGM sebagaimana mimpinya.

  • Persyaratan Pendaftaran

Sebagai salah satu pilihan dalam daftar universitas kedokteran di Indonesia yang terbaik, maka UGM juga mengikuti anjuran pemerintah untuk menyelenggarakan seleksi masuk calon mahasiswa baru. Dalam proses seleksi yang dilakukan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa terlebih dahulu.

Persyaratan tersebut harus senantiasa dipenuhi oleh para calon mahasiswa sebagai langkah awal dalam proses seleksi. Adapun syarat yang diatur adalah sebagai berikut:

  • Siswa pendaftar merupakan siswa dari SMA/MA/SMK yang sudah lulus dan memiliki ijazah
  • Memiliki nilai UTBK
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak akan mengganggu kelancaran proses studi yang harus dijalankan
  • Memiliki NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional
  • Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan diberikan subsidi oleh pemerintah
  • Untuk jalur SBMPTN bisa diikuti oleh siswa yang tidak lulus dalam ujian masuk melalui jalur SNMPTN.
  • Tahapan Seleksi

Dalam proses pendaftaran untuk masuk ke FK UGM, maka ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilakukan. Tahapan seleksi ini wajib diikuti secara berurutan sebagai wujud keseriusan untuk masuk ke FK UGM.

Adapun tahapan seleksi yang dimaksud untuk dipenuhi adalah sebagai berikut:

  • Membuat akun pendaftaran
  • Mendapatkan email verifikasi akun pendaftaran
  • Melakukan validasi akun
  • Log in untuk memilih jalur, program studi dan melengkapi data serta dokumen yang dibutuhkan
  • Mengunci data pendaftaran
  • Membayar biaya pendaftaran di bank yang sudah ditunjuk
  • Mencetak bukti pendaftaran melalui akun
  • Melakukan verifikasi dokumen secara online
  • Mengikuti tes yang diselenggarakan
  • Menunggu pengumuman
  • Melakukan daftar ulang.

Semua tahapan di atas adalah tahapan secara umum yang diperlukan untuk bisa masuk ke FK UGM. Tentu, calon mahasiswa harus mengikuti seluruh tahapan dengan berurutan. Selain itu, apa yang penting untuk disimak adalah semua jadwal seleksi sudah ditentukan. Oleh karena itu, cek tanggal tahapan seleksi di website pendaftaran UGM.

  • Materi Tes

Dalam kaitannya dengan ujian masuk ke FK UGM, ada beberapa materi yang akan dijadikan untuk media tes. Materi tes ini akan berpengaruh pada keputusan diterima atau tidaknya calon mahasiswa untuk masuk ke FK UGM.

Secara umum, materi tes yang akan diujikan adalah:

  • Tes Potensi Akademik
  • Tes Kemampuan Akademik
  • Tes Bahasa Inggris.

Setiap tes memiliki passing grade atau nilai lulus minimal yang berbeda-beda. Hanya mereka yang berhasil lulus passing grade yang akan diterima di FK UGM. Mereka yang tidak memenuhi syarat akan dipastikan gagal melangkah ke FK UGM untuk melanjutkan studi mereka.

4. Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

  • Profil Universitas

Universitas Brawijaya adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia. Universitas ini termasuk elite di Indonesia dan secara konsisten berada di posisi lima besar kampus terbaik dan bersaing sengit dengan beberapa universitas lainnya. Dalam sejarahnya, universitas ini berdiri di Malang pada tahun 1963.

Nama dari universitas ini berasal dari nama Raden Wijaya yang merupakan pendiri dari Kerajaan Majapahit yang dulunya juga bernaung di Malang. Penggunaan nama dari raja tersebut dimaksudkan –secara filosofis, agar universitas ini mampu meraih kejayaan sebagaimana yang dialami Kerajaan Majapahit.

  • Alamat

Alamat dari Universitas Brawijaya atau yang sering disingkat dengan UNBRA ini adalah Jalan Veteran, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia. UNBRA mengisi lokasi kampus yang cukup luas dan berada di tengah kota Malang. Letaknya yang berada di tengah kota memudahkan para mahasiswa untuk melacak lokasi dari universitas ini.

Selain itu, meskipun Malang cenderung terkenal dengan hawanya yang cukup panas, suasana di UNBRA cenderung nyaman karena cukup banyak pohon yang tinggi menjulang. Tidak hanya berada di pusat kota Malang, lokasi UNBRA juga ditunjang dengan beberapa fasilitas umum yang mudah di mana akan memudahkan mahasiswa mendapatkan keperluannya.

  • Akreditasi Universitas dan Fakultas FK dan FKG

Secara universitas, UNBRA mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT selaku pelaksana proses akreditasi perguruan tinggi. Selain itu, secara kelembagaan, Fakultas Kedokteran UNBRA juga mendapatkan akreditasi A.

Namun, meskipun demikian, fakultas kedokteran memberikan beberapa program studi yang berbeda. Dalam hal ini, ada beberapa program studi yang mendapatkan akreditasi B, seperti misalnya S1 Ilmu Keperawatan dan S1 Farmasi. Meskipun demikian, mayoritas program studi sudah mendapatkan nilai A, seperti S1 Kedokteran.

Nilai akreditasi tersebut merupakan bukti bagaimana UNBRA menjadi salah satu universitas terkemuka di Indonesia. Tidak heran jika kampus ini berhasil bersaing di papan atas kampus terbaik karena memang secara akreditasi, universitas ini mumpuni.

  • Profil Fakultas/Jurusan Kedokteran FK dan FKG

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya –atau disingkat FKUB, merupakan salah satu fakultas yang paling diminati di UNBRA. Hampir setiap tahun saat pembukaan pendaftaran, fakultas ini senantiasa dibanjiri oleh pendaftar yang ingin melanjutkan studi mereka di kampus yang layak.

Tidak hanya itu, sebagai salah satu pilihan dalam daftar universitas kedokteran di Indonesia, FKUB menyediakan beberapa jenjang pendidikan dokter untuk para calon mahasiswa. Jenjang pendidikan yang dimaksud adalah S1 atau Sarjana, S2 atau Magister, Sp atau Spesialis dan S3 atau Doktor.

Selain beberapa jenjang pendidikan tersebut, ada beberapa pilihan mengenai program studi dengan jumlah yang berbeda tiap jenjang. Adapun pembagian jumlah program studi per jenjang tersebut adalah sebagai berikut:

  • S1/sarjana memiliki 5 program studi yang semuanya berlanjut pada jenjang profesi
  • S2/magister memiliki 4 program studi
  • Sp/spesialis memiliki 17 program studi
  • S3/doktor memiliki 1 program studi.

Adanya beberapa pilihan program studi tersebut tentu saja akan memberikan pilihan yang kaya untuk calon mahasiswa. Selain mereka bisa memilih jenjang pendidikan sesuai porsi yang mereka inginkan, mereka juga bisa memilih jenis program studi sebagaimana konsentrasi yang mereka inginkan.

  • Jenis/Jalur Tes Masuk

Setiap tahun ajaran yang baru, UNBRA senantiasa membuka pendaftaran untuk calon mahasiswa baru. Dalam hal ini, bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar, maka ada beberapa jalur tes masuk yang tersedia. Kesediaan jalur tes masuk tersebut sebenarnya mengacu pada jenjang pendidikan.

Khusus untuk jenjang S1 atau tingkat sarjana, ada beberapa jalur tes masuk yang tersedia di UNBRA. Adapun jalur tes masuk yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Jalur SNMPTN
  • Jalur SBMPTN
  • Jalur Seleksi Mandiri.

Beberapa jalur tes masuk tersebut bisa menjadi gerbang bagi para calon mahasiswa untuk bergabung menjadi mahasiswa UNBRA yang baru. Selain itu, jalur tersebut juga bisa menjadi strategi atau pertimbangan calon mahasiswa untuk bisa diterima. Dalam hal ini, tentu detail penerimaan dari masing-masing jalur tersebut berbeda-beda.

  • Persyaratan Pendaftaran

Dalam rangka penerimaan mahasiswa baru, UNBRAW menyediakan beberapa jalur. Dalam hal ini, untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN, maka persyaratan pendaftaran akan mengacu pada keputusan pemerintah. Sedangkan untuk jalur Seleksi Mandiri, UNBRAW berhak memutuskan persyaratannya sendiri.

Namun, secara umum, syarat pendaftaran tersebut mayoritas sama atau minimal mirip. Adapun beberapa persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi oleh calon peserta didik UNBRAW adalah sebagai berikut:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia atau WNI dan dibuktikan dengan KTP
  • Merupakan lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan paket C yang dibuktikan dengan ijazah. Khusus untuk lulusan luar negeri harus mencantumkan surat penyetaraan ijazah yang didapatkan dari kementerian terkait
  • Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak akan mengganggu proses pembelajaran pada program studi yang diambil
  • Wajib mengikuti tahapan seleksi yang diatur sesuai dengan jalur masuk yang telah dipilih.

Beberapa poin di atas adalah persyaratan pendaftaran secara umum. Akan tetapi, untuk informasi mengenai persyaratan pendaftaran yang lebih lengkap bisa dicek di website pendaftaran UNBRAW.

  • Tahapan Seleksi

Sebagai salah satu list dalam daftar universitas kedokteran di Indonesia terbaik, UNBRAW berusaha menyelenggarakan penerimaan calon mahasiswa baru dengan cara yang maksimal. Dalam hal ini, pihak universitas akan memberlakukan beberapa tahapan seleksi untuk dilalui calon mahasiswa.

Secara umum, adapun alur dari tahapan seleksi yang diatur oleh pihak universitas adalah sebagai berikut:

  • Peserta calon mahasiswa melakukan pendaftaran secara online di laman resmi dari pendaftaran UNBRAW
  • Mengecek pengumuman hasil seleksi administrasi
  • Membayar biaya pendaftaran sejumlah yang telah ditentukan untuk calon mahasiswa yang lulus dari seleksi administrasi
  • Melakukan psikotes dan tes tulis
  • Melihat pengumuman hasil tes tulis
  • Mengikuti tes wawancara
  • Pengumuman akhir dari proses penerimaan.

Secara umum, penerimaan di UNBRAW sebagaimana dijelaskan oleh poin di atas. Hanya saja berbeda jalur tes masuk kemungkinan akan memberikan perbedaan mengenai tahapan seleksi yang harus dilalui.

  • Materi Tes

Guna menyaring bakat dan mempertahankan posisi sebagai salah satu daftar universitas kedokteran di Indonesia terbaik, maka UNBRAW akan berhati-hati dalam menyelenggarakan proses pendaftaran. Dalam hal ini, ada beberapa materi tes yang akan menjadi media uji bagi para calon mahasiswa.

Adapun materi tes yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Tes Potensi Akademik
  • Tes Kemampuan Akademik
  • Tes Wawancara

Beberapa materi tes tersebut memang akan ditentukan sebagaimana jenjang dan jalur tes masuk yang dipilih oleh para calon mahasiswa. Hanya saja, tentu mempersiapkan diri dengan rangkai tes tersebut menjadi persiapan yang tepat untuk dilakukan.

Selain itu, setiap tahapan tes memiliki passing grade yang berbeda. Passing grade inilah yang terkadang tidak dihiraukan oleh calon mahasiswa sehingga tes mereka gagal. Oleh karena itu, mengetahui batas minimal nilai kelulusan menjadi hal penting agar persiapan bisa dilakukan dengan lebih baik.

5. Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran

  • Profil Universitas

Universitas Padjajaran atau sering disingkat UNPAD adalah salah satu perguruan tinggi yang ada di kawasan Bandung. Universitas ini bisa dikatakan yang sudah cukup tua di Indonesia karena sudah didirikan sejak tahun 1957. Dalam perkembangannya, UNPAD memiliki dua kampus.

Kampus utama UNPAD berada di Bandung sedangkan kampus kedua berada di kawasan Sumedang. Selain itu, UNPAD juga berhasil menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia yang bersaing dengan beberapa kampus elite lainnya. Hal ini dikarenakan mutu UNPAD yang terjamin dan prospek lulusan yang cukup cerah.

Tidak jarang, status UNPAD sebagai salah satu kampus terbaik membuat ribuan calon mahasiswa mendaftar di universitas ini. Mereka berjibaku untuk mendapatkan kursi UNPAD yang tersedia dalam jumlah terbatas.

  • Alamat

UNPAD memang memiliki beberapa kampus di beberapa alamat yang berbeda. Namun, untuk kampus pusat, alamat kampus UNPAD adalah di Jalan Raya Bandung-Sumedang kilometer 21, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, 45363, Jawa Barat. Kampus ini berdiri di atas lahan yang cukup luas sehingga akan memberikan kenyamanan dalam aktivitas di kampus.

Selain itu, sebagaimana suasana khas Jawa Barat yang sejuk, kawasan UNPAD pun bisa dikatakan cukup sejuk. Cukup banyak pepohonan yang tumbuh menjulang di kawasan UNPAD yang membuat suasana kampus menjadi nyaman dan tidak terlalu gerah.

  • Akreditasi Universitas dan Fakultas FK dan FKG

Secara umum, UNPAD mendapatkan akreditasi A. Hal inilah yang membuat UNPAD menjadi salah satu kampus terbaik yang ada di Indonesia dan bersaing dengan beberapa kampus lainnya dengan sangat ketat. Selain itu, untuk fakultas kedokteran, UNPAD secara umum juga mendapatkan nilai akreditasi A.

Nilai akreditasi tersebut adalah wujud bagaimana UNPAD secara kelembagaan menjadi salah satu kampus yang bermutu. Dengan akreditasi yang tinggi, bisa dipastikan bahwa pengajaran dan perkuliahan di UNPAD berlangsung dengan sangat baik dan tenaga pengajar yang mengisi slot dipenuhi dengan tenaga yang cakap.

  • Profil Fakultas/Jurusan Kedokteran FK dan FKG

Fakultas kedokteran UNPAD atau FK UNPAD merupakan salah satu fakultas yang sangat ramai dan tinggi peminat. Dalam hal ini, FK UNPAD didirikan atas dua falsafah utama, yakni kemaslahatan bagi masyarakat dan juga kebersamaan dalam rekan sejawat.

Seiring berkembangnya waktu, FK UNPAD masuk ke dalam daftar universitas kedokteran di Indonesia terbaik yang menempati peringkat atas. Hal ini tidak lain berkat pengembangan yang terus dilakukan oleh UNPAD, terutama pengembangan pola pembelajaran dan jaminan mutu.

Untuk meningkatkan proses pembelajaran di FK, UNPAD sejak tahun 2001 telah menerapkan metode PBL atau Problem Based Learning dengan menggabungkan beberapa konsep yang dinamakan SPICES atau Student-centered, Problem-based, Community-oriented, Early clinical exposure, dan Systematic.

Metode PBL ini dianggap menjadi salah satu saran pembelajaran yang sangat pas. Dengan konsep pembelajaran ini, UNPAD bisa menghasilkan tenaga kesehatan yang bisa beradaptasi dengan baik pada semua lingkungan yang berbeda, bisa menyelesaikan permasalahan sendiri dan tidak ragu untuk mencoba hal baru.

  • Jenis/Jalur Tes Masuk

Sebagai salah satu pilihan dalam daftar universitas kedokteran di Indonesia, UNPAD senantiasa mengadakan pendaftaran calon mahasiswa baru setiap pergantian tahun akademik. Dalam hal ini, UNPAD memberikan kesempatan pada para putra dan putri terbaik untuk mengikuti proses pendaftaran yang disediakan oleh UNPAD.

Dalam hal ini, ada beberapa jalur tes masuk yang bisa diambil untuk masuk ke FK UNPAD. Adapun beberapa jalur tersebut adalah sebagai berikut:

  • Jalur SNMPTN
  • Jalur SBMPTN
  • Jalur Seleksi Mandiri.

Sebelumnya, UNPAD tidak membuka Jalur Seleksi Mandiri. Namun, mulai tahun ini, jalur ini tersedia untuk menjadi peluang calon mahasiswa diterima di UNPAD. Adanya beberapa jalur tes masuk ini akan memberikan kesempatan mengatur strategi bagi calon mahasiswa guna melanjutkan studi mereka di kampus UNPAD sesuai keinginan.

Tentu, setiap jalur tes masuk tersebut memiliki beberapa perbedaan. Dalam hal ini, untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap terkait jalur tes masuk tersebut termasuk beragam pembagian tanggal, maka calon mahasiswa bisa membuka website resmi pendaftaran UNPAD yang tersedia.

  • Persyaratan Pendaftaran

Secara detail, persyaratan pendaftaran di FK UNPAD bisa berbeda-beda tergantung dari jenjang dan jenis tes masuk yang diambil oleh para calon mahasiswa. Namun, pada kesempatan ini, kita akan melihat persyaratan pendaftaran jenjang Sarjana dengan jalur SBMPTN. Hal ini beralasan karena persyaratan pendaftaran secara umum mirip.

Adapun untuk jalur SBMPTN, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang calon mahasiswa FK UNPAD adalah sebagai berikut:

  • Merupakan siswa SMA/SMK/MA/sederajat yang sudah lulus periode 2017 dan 2018 dengan ditandai memiliki ijazah
  • Bagi siswa SMA/SMK/MA/sederajat lulusan 2019 (terbaru) memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, di mana memuat informasi terkait jati diri dan juga pas foto berwarna terbaru yang ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi stempel yang sah
  • Memiliki nilai UTBK
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak akan mengganggu jalannya proses pendidikan sesuai dengan program studi yang diambil dan dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari instansi kesehatan milik pemerintah
  • Memiliki NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional
  • Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah
  • Khusus untuk jalur SBMPTN bisa diikuti oleh siswa yang tidak lulus jalur SNMPTN
  • Untuk jalur Mandiri bisa diikuti oleh calon mahasiswa yang tidak lolos jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN.

Sebagaimana disinggung di awal bahwa persyaratan pendaftaran tersebut adalah untuk jalur SBMPTN. Namun, secara umum, beberapa persyaratan yang dibutuhkan mirip dengan beberapa poin di atas.

Dalam hal ini, untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap terkait persyaratan pendaftaran untuk masuk ke FK UNPAD, calon mahasiswa yang mendaftar bisa mengakses website pendaftaran UNPAD untuk memperoleh informasinya secara lebih akurat.

  • Tahapan Seleksi

Dalam upaya mendapatkan bibit unggul dalam proses pendaftaran, UNPAD berusaha melakukan seleksi dengan baik dan cermat. Dalam seleksi yang dilakukan, ada beberapa tahapan seleksi yang tersedia dan harus dilalui oleh para calon mahasiswa yang ingin mendaftar.

Dalam hal ini, secara umum, tahapan seleksi yang diperlukan untuk dilalui saat proses pendaftaran di UNPAD, khususnya FK, adalah sebagai berikut:

  • Peserta melakukan akses ke website resmi penerimaan FK UNPAD untuk melakukan sign up
  • Peserta mengisi formulir data diri yang sudah disediakan dalam laman website tersebut
  • Melakukan pengisian identitas dan mengunggah beberapa file yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran sebagaimana terlampir dalam website
  • Menunggu proses verifikasi dari pihak UNPAD
  • Jika proses verifikasi berhasil, maka calon mahasiswa akan mendapatkan tagihan biaya mengenai pendaftaran mahasiswa
  • Calon mahasiswa melakukan pembayaran berbekal kartu pembayaran yang sudah dicetak sebelumnya
  • Calon mahasiswa memilih program studi dan proses final pendaftaran setelah pembayaran
  • Calon mahasiswa mencetak kartu ujian
  • Calon mahasiswa mengikuti tes seleksi yang diadakan oleh pihak FK UNPAD
  • Calon mahasiswa menunggu proses pengumuman
  • Melakukan registrasi ulang jika lulus dalam tes yang diselenggarakan.
  • Materi Tes

Dalam proses pendaftaran di FK UNPAD, ada beberapa materi tes yang akan diujikan. Materi tes ini adalah bekal seleksi untuk mendapatkan calon mahasiswa andal sebagaimana status UNPAD yang masuk daftar universitas kedokteran di Indonesia terbaik.

Pada proses pendaftaran tersebut ada beberapa materi tes yang akan diujikan, seperti:

  • Tes Potensi Akademik
  • Tes Kemampuan Akademik
  • Tes Bahasa Inggris
  • Tes Wawancara.

Detail materi tes tersebut bisa saja berbeda tergantung dari jenjang dan jalur masuk yang akan dipilih. Hanya saja secara umum, materi tes yang akan diujikan adalah sebagaimana di atas. UNPAD memiliki passing grade yang cukup tinggi untuk FK di mana harus dipenuhi calon mahasiswa agar bisa diterima.

Bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah di Kedokteran UGM/Kedokteran UI, baik kelas regular maupun international(IUP Medicine UGM/KKI UI Natural sciences), bimbelkedokteran.id by Indonesia College membuka beberapa program bimbingan yang mungkin sesuai untuk anda, sudah ratusan siswa yang berhasil lolos kuliah kedokteran diberbagai universitas ternama.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai daftar universitas kedokteran di Indonesia terbaik. Memang, masih ada daftar fakultas kedokteran swasta ataupun negeri yang bisa dipilih. Namun, beberapa opsi di atas bisa dijadikan rekomendasi.

Terlebih, dalam daftar akreditasi fakultas kedokteran di Indonesia, universitas di atas memiliki nilai akreditasi terbaik. Jadi, jangan heran jika salah satu atau malah semua universitas tadi masuk dalam daftaran incaran teratas banyak calon mahasiswa. Lantas, mana universitas yang akan Anda pilih?

Terus Belajar tuk Tingkatkan kemampuan Berpikir

Pepatah lama mengatakan bahwa pikiran itu layaknya pisau. Makin diasah, makin tajamlah ia. Hal ini boleh jadi ada benarnya. Terlihat dari para pemikir besar...
Guithay thay
1 min read