Gula Jawa dan Gula Aren Mirip Tak Sama

1 min read

Gula jawa dan gula aren

Perbedaan Gula Jawa dan Gula Aren

Perbedaan gula jawa dan gula aren

Gula jawa serta gula aren memiliki kesamaan namun ada beberapa yang dapat kita bedakan mulai dari warna, rasa serta aroma. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas perbedaan gula jawa dan gula aren mirip namun tak sama, untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: perbedaan gula aren dan gula jawa

Perbedaan gula jawa dan gula aren

1. Gula Jawa

Merupakan salah satu jenis gula yang sangat sering dijumpai di pasaran. Cenderung lebih sering digunakan oleh semua orang, entah itu untuk membuat perasa manis di makanan, jajanan olahan pasar, ataupun di minuman.

Gula merah terbuat dari getah palma atau sari dari pohon kelapa. Dengan cara direbus gula merah ini dibuat. Proses perebusan yang dilakukan yakni cukup lama hingga membuat sari pohon kelapa itu menjadi sebuah karamel yang nantinya akan dicetak seperti gula merah yang dijumpai di pasaran.Memiliki kandungan vitamin c, fosfor, kalium dan zat besi yang bagus untuk kesehatan tubuh.

2. Gula Aren

Bagi sebagian orang masih cenderung asing dengan gula yang satu ini. Merupakan jenis gula tradisional yang sudah ada sejak dulu. Jika gula merah dibuat dengan menggunakan sari dari pohon kelapa ataupun getah palma gula aren ini dibuat dari nira pohon enau yang proses pengolahannya dibuat secara tradisional.

Proses pembuatannya pun  juga seperti pembuatan gula merah yaitu dengan cara direbus. Cetakannya gula aren yang dibuat juga sama dengan gula merah yakni dicetak dengan menggunakan batok kelapa dengan ukuran separuhnya.

Gula aren memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan juga, gula ini sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes karena gula aren tidak memiliki insulin yang berpengaruh pada penderita diabetes. Selain itu gula aren memiliki kandungan kalium yang lebih tinggi daripada jenis gula lainnya.

Perbedaan lain yang cukup mencolok  adalah terdapat pada warnanya, warna gula aren cenderung lebih terang dengan warna yang kekuningan dan kemerahan dari pada gula merah atau jawa.  Sedangkan untuk tekstur fisiknya pun gula aren cenderung memiliki fisik yang lebih empuk dan jika mengukur tingkat kemanisannya, gula aren cenderung lebih manis.

 

Manfaat

1. Mendukung program diet

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet maka sebaiknya gantilah gula putih Anda dengan gula merah yang satu ini. Gula aren memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan gula pasir sehingga hal ini baik untuk menjaga batasan jumlah asupan kalori harian.

2. Mengobati sariawan

Jika Anda sedang sariawan maka Anda cukup mengonsumsi gula aren karena bisa mengobati sariawan pada gusi atau bibir Anda. Anda bisa mengonsumsi gula aren secara langsung atau dalam bentuk makanan lainnya.

3. Mencegah penyakit kanker

Manfaat gula aren bisa mencegah berbagai jenis penyakit kanker. Hal ini dikarenakan gula aren memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga mampu menangkal berbagai radikal bebas penyebab penyakit kanker.

4. Mengatasi masalah anemia

Selain vitamin C, gula aren juga mengandung zat besi yang cukup banyak. Zat besi di dalam gula aren memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah sehingga masalah anemia bisa diatasi.

5. Mencegah kerusakan kulit

Kandungan antioksidan di dalam gula aren tidak hanya berfungsi untuk mencegah penyakit kanker saja melainkan juga baik untuk kesehatan kulit. Melalui kandungan antioksidan, manfaat gula aren bisa mencegah kerusakan kulit.

 

Itulah beberapa perbedaan gula jawa dan gula aren mirip tak sama, semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

 

 

Agency Digital Jakarta Selatan

Yang sedang popular sementara ini ialah marketing online yanag banyak dilirik oleh para pelaku usaha maupun merk besar.Menariknya memanfaatkan Agency Digital Jakarta sendiri adalah,...
Guithay thay
1 min read

Langkah Menonton Film di Telegram secara Gratis dan Tanpa…

Aktivitas melihat film sekarang ini bukan hanya dapat dicicipi di bioskop atau tayangan tv saja. Karena zaman telah makin hebat beberapa program kekinian sediakan...
Guithay thay
3 min read

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di…

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di Dunia Berapa luar biasa Intel Core i9-12900K ini? Intel sah memperkenalkan keluarga processor Intel Core...
Guithay thay
4 min read