HandBrake: Aplikasi Kompres Video Ringan dan Gratis

1 min read

HandBrake

Jika kamu memiliki hobi terkait dengan dunia editing, video grafi, ataupun hobi sejenis, kamu wajib membaca artikel ini hingga akhir. Karena pada artikel ini, kami akan melakukan review terhadap salah satu aplikasi kompresi video yang cukup populer, yaitu HandBrake.

Seiring berkembangnya zaman, hasil video yang dapat dihasilkan oleh kamera maupun hasil output dari rendering suatu aplikasi edit video menjadi kian besar. Ukuran tersebut tentu akan menjadi suatu masalah jika kamu memiliki ruang penyimpanan yang terbatas, ataupun dibatasi oleh aturan-aturan tertentu, misalnya untuk kebutuhan pekerjaan, dan sebagainya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu dapat memanfaatkan beragam aplikasi yang tersedia di internet untuk dapat melakukan kompres atau mengecilkan ukuran video. Salah satu aplikasi yang dikenal cukup ampuh dalam mengecilkan ukuran video, yaitu HandBrake.

HandBrake tersedia dalam dua pilihan, yaitu gratis dan berbayar. Tentunya kedua pilihan tersebut memiliki perbedaan dalam fitur yang disediakan, sehingga terdapat kekurangan dan kelebihan masing-masing. Untuk penggunaan standar bagi pemula, kami merekomendasikan kamu untuk menggunakan versi gratis terlebih dahulu, jika dirasa fitur aplikasi memuaskan, kamu dapat melakukan upgrade ke pilihan berbayar.

Hingga saat artikel ini ditulis, HandBrake telah mendukung beragam system operasi pada umumnya, seperti Windows, Linux, hingga Mac OS. Sayangnya, untuk saat ini HandBrake belum dapat dioperasikan melalui smartphone kamu.

Untuk dapat melakukan cara kompres video dengan HandBrake terbilang cukup mudah, khususnya bagi kamu yang masih pemula. Tampilan interface yang dirancang sederhana dengan menu-menu yang mudah dimengerti, akan membuat kamu semakin mudah dalam mengoperasikan aplikasi ini untuk pertama kalinya.

Meskipun memiliki ukuran aplikasi yang tergolong kecil, namun kemampuan kompresi video dari HandBrake tidak boleh diragukan begitu saja. Dengan bantuan aplikasi ini, kamu dapat leluasa melakukan kompresi video dengan beragam pilihan resolusi gambar sesuai dengan yang kamu inginkan. Sehingga hasil kompresi video tersebut tidak hanya memiliki ukuran yang kecil saja, namun juga tetap nyaman untuk ditonton.

Kamu tidak perlu khawatir dan repot-repot untuk mengubah format video terlebih dahulu, sebelum kemudian dilakukan proses kompresi. Karena pada aplikasi HandBrake, format video yang didukung juga terbilang cukup lengkap, mulai dari AVI, MKV, MP4, dan beragam format video terkini lainnya. Tidak hanya itu, aplikasi yang satu ini juga cocok untuk kamu yang memiliki hobi mengunduh film atau video dari youtube atau pun situs streaming lainnya, karena kamu dapat langsung melakukan kompres video disini.

Jika kamu terlalu malas untuk melakukan konfigurasi atau melakukan penyesuaiin konfigurasi kompresi video, tidak perlu khawatir, karena HandBrake juga telah menyediakan fitur untuk kompresi otomatis dengan menggunakan beberapa preset default yang telah disediakan saat kamu menginstall aplikasi ini.

Memiliki spesifikasi laptop atau computer yang tidak begitu tinggi tidak perlu kamu pikirkan, karena aplikasi ini sangat ringan dan memiliki kemampuan transcode yang sangat cepat. Sehingga, meskipun tidak didukung dengan spesifikasi tinggi, HandBrake tetap dapat berjalan dengan normal.

Syarat untuk menggunakan aplikasi HandBrake yaitu memiliki processor minimal Intel Core 2 Duo dengan RAM 512 MB, serta ruang penyimpanan atau hardisk kosong sebesar 50 MB. Sangat kecil bukan jika kita bandingkan dengan spesifikasi yang digunakan mayoritas computer pada saat ini?

Terakhir, berdasarkan informasi dari situs Teknolagi, aplikasi ini menggunakan lisensi berbasis open source, dengan artian kamu yang memiliki kemampuan dalam bidang programming dapat menggunakan aplikasi ini dan dapat melakukan modifikasi program secara gratis atau dengan kata lain dapat mengembangkannya dengan fitur lanjut yang diinginkan.

Manfaat Minyak Bunga Mawar untuk Aromaterapi

Minyak mawar adalah produk yang berupa minyak atsiri serta dibuat dari kuntum bunga yang cantik yang harum. Sama seperti yang diketahui jika minyak atsiri...
Guithay thay
1 min read