Ini Dia Beberapa Kelemahan Obat Herbal Yang Perlu Anda Ketahui

1 min read

kelemahan obat herbal

Banyak orang telah menggunakan obat herbal sejak bertahun – tahun silam. Meskipun secara ilmiah masih belum teruji terhadap penggunaan obat, tetapi orang – orang meyakini jika obat alami tak hanya berkhasiat tapi dapat mengobati berbagai penyakit. Namun, tak selamanya obat herbal memiliki manfaat, tak jarang efek samping obat herbal bisa merugikan anda. Berikut ini kelemahan obat herbal yang perlu anda ketahui.

Kelemahan Obat Herbal Yang Perlu Anda Ketahui

  • Tidak Adanya Petunjuk Dosis Penggunaan

Salah satu kelemahan obat herbal yang sering ditemui adalah tidak adanya atau kurangnya petunjuk dosis penggunaan. Ini adalah risiko yang kemungkinan besar bisa terjadi dan dapat merugikan anda. Walaupun anda berpendapat, jika hal yang sama bisa terjadi dengan obat – obatan farmasi khususnya yang dijual bebas.

Tak hanya itu, bahkan diantara tumbuh – tumbuhan herbal yang seharusnya bermanfaat tapi jika salah pengolahan, dapat membahayakan bagi yang mengonsumsinya. Karena tidak disertai dengan aturan pakai maupun pengolahan.

  • Tidak Sesuai Untuk Beberapa Kondisi

Dalam kondisi tertentu obat – obatan herbal tidak diberikan untuk penyakit yang mendadak, serius dan kecelakaan. Seorang herbalis tidak akan bisa menyembuhkan satu penyakit atau trauma serius, seperti patah kaki, radang usus buntu atau serangan jantung secara efektif seperti dokter atau pengobatan modern yang menggunakan tes dan diagnosa, pembedahan, serta obat – obatan.

  • Regulasi Yang Masih Kurang

Masih banyak produk herbal yang tidak di atur secara ketat, membuat konsumen mau tak mau harus menanggung risiko saat membeli dan menggunakan obat herbal berkualitas rendah. Kelemahan obat herbal ini, terkadang juga turut menyebabkan adanya masalah lain, misalnya kurangnya pengawasan pemerintah baik secara edar maupun secara klinis. Belum lagi belum adanya efek bagi pengguna yang mungkin tidak sama dan tak terduga.

  • Interaksi Obat

Tak melulu pengobatan dilakukan murni secara herbal, dibutuhkan pula obat pendamping dari dokter. Jika anda pengguna obat resep secara teratur, seperti antidepresan atau obat alergi. Obat – obatan herbal yang tercampur dengan bahan kimia dari obat farmasi dapat menciptakan efek yang mungkin saja dapat merugikan anda. Penting sekali untuk mengkonsultasikan penggunaan obat herbal dengan dokter agar terhindar interaksi efek samping yang berbahaya. Dan tentu saja akan lebih aman jika membeli di toko obat herbal terpercaya, Sinar Herba Radix.

Lervia Lotion Susu, Solusi Lembutkan Kulitmu

Musim dingin seperti sekarang ini, pastinya mudah membuat kulit cepat kering dan kusam. Hal ini karena udara dingin dapat mengurangi kelembaban kulit wajah dan...
Guithay thay
1 min read