Jenis Flow Meter Untuk Air Dingin Chiller

59 sec read

Pada kebanyakan aliran air dingin chiller berada pada proses jaringan pipa tertutup. Dan proses ini di lapisi atau dijacket sehingga tidak berjalan kerugian energi. Bahan yang digunakan untuk jacket sesuai dengan proses dan type desain heat energy. Untuk memantau pemakaian daya kebanyakan dipasang flow mtr. air dingin pada aliran masuk dan aliran muncul chiller.

Namun para konsultan atau kontraktor kerap kali lupa memasukan komponen pemantau energy ini yaitu flow meter solar. untuk heat energy. Pada Perencanaan kebanyakan komponen yang diamasukan hanya temperature dan pressure. Akibatnya kala tahap commissioning tidak total energy yang dihasilkan oleh chiller tidak terpantau.

Padahal yang paling perlu pada pemasangan chiller ini adalah menghitung cost operasioanl secara total dari proses pendingin. Bahkan pada beberapa masalah pemantauan dapat digunakan untuk jelas cost transaksi atau tagihan tenant atas pemakaian energy pendingin.

Ada beerapa type flow mtr. air dingin chilleryang dapat digunakan yaitu flow mtr. magnetic, vortek, turbine dan ultrasonic. Namun flow mtr. yang kerap dipakai dikarenakan efisien menghitung heat energy adalah magnetic flow mtr. dan ultrasonic flow meter. Dua type flow mtr. ini kebanyakan menyediakan input temperature berupa analog 4-20 mA dan output analog 4 – 20 mA.

Karena Sistem pendingin chiller dioperasikan 24 jam dan 7 hari seminggu sebaiknya menggunakan equipment yang menahan break down chiller. Break down ini kebanyakan disebabkan oleh perawatan rutin, resetting, service atau installasi. Untuk mendeteksi flow rate sebaiknya menggunakan type flow mtr. clamp on. Hal ini dikarenakan type flow mtr. clamp on pas instalasi baru, service maupun kaliberasi tidak perlu mematikan proses pendingin.

Seperti diketahui type flowmeter clamp on ultrasonic cocok digunakan sebagai flow mtr. air dingin pada chiller atau colling tower. Karena transducer yang berupa sensor ultrasonic memadai di tempel dan di clamp dipermukaan luar pipa.

Layanan Gesek Tunai Kartu Kredit Makin Marak

Selain untuk berbelanja, kartu kredit termasuk memberi tambahan fasilitas tarik tunai bagi para pengguna. Tarik tunai mampu dilakukan di anjungan tunai mandiri (ATM) terdekat....
Guithay thay
2 min read

Berikut Contoh Soal Perhitungan PPh Pasal 24?

PAJAK Penghasilan (PPh) Pasal 24 adalah salah satu type pelunasan PPh di dalam tahun berjalan yang merupakan pajak yang dibayar atau terutang di luar...
Guithay thay
1 min read