Kapan dan Berapa Kali Sebaiknya Kita Cuci Tangan?

1 min read

Cuci tangan

Akhir-akhir ini perkara cuci tangan menjadi topik yang terus didengungkan. Padahal seharusnya perkara ini sudah menjadi kebiasaan, tapi nyatanya masih ada yang bertanya berapa langkah cuci tangan yang baik dan benar?

Ini membuktikan bahwa belum semua orang sadar bahwa tangan merupakan sarang kuman, bakteri, virus atau mikroorganisme lain yang tidak terlihat. Hal ini karena tangan merupakan anggota tubuh yang paling aktif menyentuh dunia luar. Maka untuk bisa mencapai hidup yang sehat, cuci tangan harus jadi kebiasaan yang ditanamkan sejak dini.

Saat Yang Tepat Untuk Mencuci Tangan

Setiap Kali Setelah Berkegiatan

Ada banyak aktivitas yang bisa menyebabkan tangan kita kotor, misalnya berkebun, mengetik, mengelap meja hingga berjabat tangan. Maka ketika tangan kita kotor, baik yang terlihat mata atau hanya terasa tidak nyaman di kulit, mencuci tangan adalah opsi yang seharusnya dilakukan.

Sesudah Buang Air

Baik buang air kecil maupun air besar, keduanya adalah kotoran. Maka setiap kali bersinggungan dengan dua aktivitas tersebut, Anda wajib mencuci tangan. Hal ini berlaku juga bagi ibu yang membersihkan pipis atau feses bayi dan anak.

Sebelum Menyusui Bayi

Tidak seperti orang dewasa, bayi merupakan pribadi yang masih rentan. Jadi semua aktivitas yang berkaitan dengan bayi harus sesteril mungkin, terlebih ketika akan menyusui bayi. Tangan ibu yang akan memegang payudara harus dibersihkan dengan seksama sehingga mengurangi kemungkinan air susu ibu terkontaminasi.

Setelah Bersin/Batuk

Refleks paling sering ketika kita batuk atau bersin adalah menutupnya dengan kedua tangan. Maka secara otomatis, tangan kita kotor terkena cipratan dari batuk dan bersin. Sebelum memegang barang atau melakukan aktivitas lainnya, selalu biasakan untuk mencuci tangan.

Sebelum dan Setelah Memegang Makanan

Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi kesehatan. Maka tidak akan berguna jika makanan yang seharusnya sehat malah terkontaminasi kuman dari tangan kotor yang memegangnya. Maka sebelum dan setelah memegang makanan, tangan harus dibersihkan dengan seksama.

Jadi berapa langkah cuci tangan yang baik dan benar? Menurut WHO dan Kementerian Kesehatan, ada 12 langkah cuci tangan dengan benar. Langkah ini mudah dan sudah seharusnya semua orang mau dan mampu melakukannya demi kesehatan bersama.

5 Pengobatan Rumahan Yang Bisa Dicoba Untuk Menghilangkan Nyeri…

Hal wajar jika seorang wanita merasa tidak nyaman di sekitar perutnya saat sedang menstruasi. Ketidaknyaman ini bisa dimulai sejak pra haid sampai beberapa hari...
Guithay thay
1 min read

Menjaga Kesehatan Kehamilan Sehari-Hari

Menjaga kesehatan kehamilan sudah tentu harus dilakukan oleh setiap ibu hamil. Kesehatan kehamilan memang sangatlah penting sehingga harus diperhatikan. Sebab hal ini berpengaruh secara...
Guithay thay
1 min read