Ketahui Wewenang Konsultan Pajak dalam Menangani Pajak Suatu Bisnis

Masyarakat Indonesia yang paham tentang fungsi dari pajak semakin banyak. Tidak heran bila banyak pengusaha yang mulai memperbaiki diri dalam pembuatan laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut menjadi acuan dalam membuat perhitungan perpajakan. Bagi Anda yang belum paham tentang perhitungan perpajakan maka dapat menggunakan jasa konsultan pajak Bekasi.

Beberapa Wewenang Konsultan Pajak Bekasi

Konsultan pajak memiliki beberapa wewenang dalam menangani kliennya yang seorang pebisnis. Seluruh kewenangan akan dibahas sampai tuntas dalam pembahasan kali ini.

  1. Membimbing Klien Mengenai Masalah Perpajakan

Seluruh konsultan pajak selalu memiliki kompetensi dan pengetahuan perpajakan yang baik. Mereka harus mampu membimbing klien yang notabenenya sebagai wajib pajak. Proses pembimbingan diharapkan mampu melakukan estimasi pajak agar wajib pajak membayar dengan nominal yang sesuai atau tidak berlebihan maupun kurang.

Pembayaran yang berlebihan sudah pasti akan merugikan pihak wajib pajak. Dalam proses pembimbingan seorang konsultan sudah seharusnya tidak bersikap pelit pengetahuan. Mereka akan membimbing klien dengan penuh dedikasi dan memberikan informasi selengkap-lengkapnya.

  1. Membantu Proses Penyelesaian Masalah Perpajakan Kliennya

Sebagian besar klien yang menggunakan jasa konsultan perpajakan tidak mau ambil pusing tentang masalah pajaknya. Klien berkeinginan untuk menyerahkan semua permasalahan tersebut dan beberapa dokumen yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan. Tidak heran bila seorang konsultan perpajakan memiliki wewenang untuk mengurus seluruh data dan menuntaskan permasalahan kliennya dengan baik.

 

  1. Mengikuti Perkembangan Peraturan Perpajakan

Seorang konsultan perpajakan sudah seharusnya selalu update pengetahuan tentang peraturan perpajakan. Peraturan perpajakan sendiri terkadang juga mengalami perubahan yang mana tidak disadari oleh wajib pajak. Setiap kali terdapat perubahan maka seorang konsultan perpajakan harus menyampaikan tentang peraturan yang baru kepada kliennya. Terlebih lagi wajib pajak kerap tidak memiliki waktu untuk mengikuti perkembangan dunia perpajakan.

  1. Mendampingi Wajib Pajak Saat Diperiksa

Ada kalanya wajib pajak menyewa jasa konsultan pajak Bekasi karena menemui kendala yang berhubungan dengan perpajakan. Contohnya adalah pemeriksaan yang dilakukan langsung oleh petugas pajak datang ke rumah wajib pajak. Terlebih lagi bila ingin dilakukan pengajuan banding yang mana prosesnya sangat menghabiskan waktu, pikiran, dan tenaga seorang wajib pajak.

  1. Menyelesaikan Persengketaan Pajak

Salah satu tugas konsultan perpajakan yang dianggap berat adalah menyelesaikan sengketa pajak. Kasus sengketa pajak sering kali terjadi saat klien membuat pengajuan keberatan pajak dan ingin melakukan banding.