Khasiat Gula Batu yang Jarang Diketahui

2 min read

Khasiat Gula Batu

Khasiat Gula Batu – Minum teh atau kopi dengan gula bisa meningkatkan rasa. Di Indonesia dikenal budaya minum teh dengan teko, atau sejenis teko yang digunakan untuk menyeduh dan menuang teh. Biasanya teko ini menggunakan gula batu sebagai pemanisnya. Tentu saja, manisnya permen batu tidak langsung terasa; Biasanya harus dilarutkan dalam air panas dalam beberapa menit untuk membuat rasa manisnya semakin kuat.

Namun tahukah Anda bahwa tubuh memiliki banyak manfaat dari gula batu? Selain keunggulan gula batu sebagai pengganti gula pada campuran minuman panas, manfaat gula batu juga dapat dirasakan dari segi kesehatan.

Berbagai khasiat gula permen sebenarnya tidak lebih dari kandungan vitamin dan mineral yang dikandungnya. Gula batu mengandung vitamin B12, nutrisi, karbohidrat, dan sejumlah zat lain yang dibutuhkan tubuh. Maka, tak heran jika Anda mengonsumsi gula batu dalam jumlah yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan menjaga kondisi kesehatan.

Berikut rangkuman kami dari berbagai sumber manfaat permen batu yang baik untuk diketahui

Khasiat Gula Batu

Khasiat Gula Batu

1. Menambah Tenaga

Khasiat gula batu yang pertama tentunya dapat meningkatkan tingkat energi. Saat tubuh terasa lemas untuk beraktivitas, mengonsumsi gula batu yang dicampur gula atau teh dapat memulihkan energi Anda.

Karena gula gula sangat tinggi karbohidrat, yang bisa memberikan energi ekstra untuk membantu tubuh bergerak. Saat mengonsumsi permen batu, gula yang masuk ke dalam tubuh diubah menjadi glikogen, yang kemudian disimpan di dalam otot dan meningkatkan energi dalam tubuh, sehingga kuat saat melakukan aktivitas.

2. Mengobati Darah Rendah

Maka khasiat gula batu bisa mengatasi masalah darah rendah juga. Secara umum, ketika Anda mengalami tekanan darah rendah, gejala seperti pusing, kantuk pada mata, bahkan tubuh terasa lesu, mudah terlihat. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti kerusakan otak pada jantung.

Untuk itu, cara terbaik mengatasi tekanan darah rendah adalah dengan mengonsumsi gula batu yang diseduh dengan teh hangat. Karena saat Anda mengonsumsi gula batu, glikogen di hati akan ditransfer ke hipotalamus. Ini dapat memengaruhi kinerja otak dan detak jantung. Alhasil, tekanan darah pun meningkat agar bisa melakukan aktivitas secara maksimal dan optimal.

3. Redakan Nyeri saat Menstruasi

Khasiat Gula batu sangat penting bagi wanita. Karena hampir wanita pernah merasakan sakit dalam perjalanan menuju menstruasi. Terjadinya kondisi ini tak lebih dari akibat kontraksi otot di rahim yang disebabkan oleh hormon prostaglanindin. Ujung-ujungnya, rasa sakit itu bisa bertambah parah saat mendekati haid.

Dengan kandungan flavonoid pada rock candy dapat meredakan nyeri saat haid. Cek juga web rumahmesin tuk temukan mesin yang diinginkan.

4. Baik untuk Ibu Menyusui

Maka khasiat gula batu sangat baik bila dikonsumsi oleh ibu menyusui. Gula batu dipercaya sangat bermanfaat untuk ibu menyusui karena dapat bertindak sebagai antidepresan yang pada akhirnya meningkatkan produksi ASI.

5. Meredakan Stres

Kesibukan sehari-hari niscaya membuat tubuh tegang, gelisah dan menimbulkan stres. Jika kondisi ini tidak segera ditangani, dapat meningkatkan risiko depresi. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Salah satu alternatif yang mungkin untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan menyiapkan minuman yang ditambahkan gula batu.

Khasiat Gula batu bekerja dalam mengurangi stres. Ini karena pemanis yang keras ini dapat merangsang hormon kebahagiaan yang ada di dalam tubuh. Di sisi lain, kandungan gula juga sangat efektif mengurangi ketegangan di otak.

6. Sembuhkan Luka

Kemudian khasiat gula batu dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Padahal, sejak zaman pengobatan tradisional Mesir, sejak tahun 1700 SM juga digunakan gula batu itu sendiri. Ini karena gula batu mengandung agen antimikroba yang berperan penting dalam menghambat bakteri pada luka dan mengurangi risiko pembengkakan.

Cara pemakaiannya sangat sederhana, anda tinggal mengoleskan gula pada luka. Lalu tutupi lukanya dengan perban. Rendam butiran gula batu ke dalam luka.

7. Optimalkan Fungsi Otak

Khasiat gula batu juga sangat baik dalam mengoptimalkan fungsi otak. Karena tanpa gula di dalam tubuh, otak tidak bisa bekerja dengan baik. Ketika gula tidak dapat mencapai otak, bagian terburuknya adalah otak dapat berhenti bekerja dan bahkan kehilangan kemampuannya untuk bekerja. Untuk itu konsumsi permen batu sangat dianjurkan.

8. Mencegah Bau Mulut

Bau mulut sangat mungkin terjadi. Bau mulut bisa terjadi karena bakteri yang menumpuk di gusi karena tidak mengikuti kebersihan mulut secara teratur. Peran permen batu dalam mencegah bau mulut sebenarnya mirip dengan permen. Namun, jangan mengonsumsi gula pasir secara berlebihan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Namun yang terpenting adalah mengetahui batasan konsumsi maksimalnya. Jangan mengonsumsi terlalu banyak gula karena tidak baik untuk kesehatan Anda. Karena mengonsumsi gula secara berlebihan bisa memicu diabetes, penyakit jantung, dan sejumlah penyakit serius lainnya.

Oleh karena itu, walaupun gula batu memiliki beberapa manfaat, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya terlalu banyak. Jika Anda memiliki masalah kesehatan, tanyakan kepada dokter Anda tentang jumlah konsumsinya.

 

Cara Gampang Mencuci Ac Sendiri Di Rumah

Pendingin ruangan ataua AC (air conditioner) tentu menjadi barang elektronik yang kita memanfaatkan sehari-hari di rumah. Namun, AC yang tidak dirawat secara berkala dan...
Guithay thay
2 min read

Membuat Roti Zebar Coklat Kukus

Kali ini kita akan membahas apa itu roti zebra kukus?Membuat  Roti zebra kukus merupakan salah satu kue bolu lembut yang sudah klasik sejak zaman...
Guithay thay
3 min read