Kriteria Domba Aqiqah Bandung yang Layak dan Baik untuk Disembelih

1 min read

Aqiqah Bandung yang murah dan terpercaya hanya Assabiq Aqiqah. Adapun Assabiq Aqiqah ini merupakan salah satu rumah aqiqah di Cimahi dan Bandung, Sumedang, Padalarang, Lembang, Jawa Barat dan sekitarnya. Kami menyediakan jasa penyembelihan domba aqiqah Bandung terbaik dan termurah.

Sebagai konsumen, sudah sepatutnya selektif dalam memilih domba aqiqah yang layak digunakan untuk disembelih. Adapun Anda tak boleh sembarangan dalam memilih domba aqiqah ini. Oleh karena itu, bukanlah hal yang mudah untuk memilih domba aqiqah yang benar-benar layak. Berikut ini tips sekaligus kriteria domba aqiqah yang baik untuk disembelih.

  1. Pilih Domba yang Sehat

Domba yang sehat tidak mesti berpostur badan gemuk, sehingga bobot badan hewan bukanlah tolak ukur utama untuk melihat kondisi kesehatan hewan tersebut. Assabiq Aqiqah sendiri menyediakan beragam jenis domba aqiqah Bandung yang sehat dan masih hidup, kualitas yang kami sajikan pun tidak tanggung-tanggung melainkan sangat terjamin.

  1. Perhatikan Kukunya dengan Baik

Berikutnya, untuk memilih domba yang layak disembelih, Anda juga perlu memperhatikan bagian kukunya apakah sudah bersih atau belum. Mengapa demikian? Hal ini karena kuku yang bersih menandakan hewan tersebut sehat dan terawat.

Selain itu, apabila Anda melihat kuku domba tersebut bersih maka juga dapat dipastikan bahwa domba tersebut terbebas dari cacing. Ya, bagaimana tidak, cacing pun bisa berkembang biak loh di dalam kambing. Hal ini tentu sangat berbahaya jika sampai terjadi karena daging kambing tersebut akan sangat tidak layak untuk dikonsumsi.

  1. Perhatikan Detail Gigi

Kriteria domba yang layak disembelih berikutnya adalah dengan memperhatikan detail giginya. Domba yang sehat, biasanya memiliki rahang yang kuat. Mengapa demikian? Ya, hal ini justru menandakan bahwa domba tersebut mampu mengunyah makanan secara baik.

Jika domba mampu mengunyah makanan dengan baik, maka sudah pasti kebutuhan gizi dan nutrisinya sudah terpenuhi. Sehingga, kesehatannya pun tak perlu diragukan lagi.

  1. Perhatikan Sorot Mata

Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan sorot mata hewan tersebut. Umumnya, domba yang sehat cenderung memiliki sorot mata yang lebih fokus. Adapun cara pandangan matanya yang fokus tersebut, menandakan hewan tersebut mampu melihat dengan jelas. Karena jika domba yang Anda pilih dianggap cacat, hal itu justru dapat membuat domba menjadi tidak layak untuk disembelih.

Perlu Anda ingat juga bahwa sebisa mungkin hindari membeli domba yang memiliki mata berwarna merah. Hal ini bisa saja terjadi akibat kondisi hewan tersebut sedang tidak sehat.

  1. Pilihlah Domba yang Berpunggung Besar

Domba dengan punggung yang besar menandakan bahwa domba tersebut mempunyai daging yang banyak. Sehingga, hal ini menandakan bahwa akan ada banyak daging yang dapat Anda masak untuk aqiqah. Biasanya, berat domba yang sudah cukup usia untuk aqiqah adalah sekitar 30 hingga 40 kilogram.

Jika berat badannya sudah melebihi itu, maka lebih baik. Namun, jika Anda mendapatkan domba  atau kambing yang berat badannya kurang dari itu, maka hal ini bisa saja disebabkan karena hewan tersebut belum cukup usia untuk disembelih.

Beberapa tips dan kriteria memilih domba aqiqah Bandung yang layak untuk disembelih diatas diharapkan dapat menjadi referensi bagi Anda semua. Anda dapat mengikuti beragam tips-tips menarik diatas atau bisa juga langsung menghubungi Assabiq Aqiqah Bandung yang senantiasa siap melayani pesanan Anda untuk menggelar acara aqiqah.

Baca Juga Rumah Aqiqah Cimahi

6 Kelebihan Yang Ditawarkan Konveksi Tas Tangerang

Saat kamu akan pesan tas di Konveksi Tas Tangerang apakah kamu sudah tau apa saja kelebihan-kelebihan yang ditawarkannya? Untuk kamu yang sudah pernah memesan...
Guithay thay
1 min read