Macam-macam Jenis Jagung Dan Cara Mengolahnya Menjadi Tepung

Macam-macam Jenis Jagung

Macam-macam Jenis Jagung Dan Cara Mengolahnya Menjadi Tepung –  Jagung merupakan salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat utama di dunia, selain beras dan gandum. Dan untuk perontokan jagung selain dengan cara dihaluskan dengan tangan yang efektif dan cepat juga dilakukan dengan mesin perontok jagung.

Dalam sejarah Indonesia, nasi jagung telah menjadi salah satu makanan pokok pada masa pendudukan Jepang. Bahkan saat ini, di beberapa daerah di Indonesia, jagung masih digunakan sebagai makanan pokok.

Dan saat ini, ternyata jagung juga menjadi komponen penting dalam pakan ternak. Selain itu, kegunaan lain adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena.

Kandungan Gizi Jagung

Nutrisi dalam jagung juga tidak bisa dijawab dengan sepele. Jagung memiliki banyak kandungan nutrisi, di antaranya serat, folat, tiamin, fosfor, vitamin C, dan magnesium. Sayuran yang sering dijumpai berwarna kuning ini termasuk sebagai sumber karbohidrat.

Jika Kita merebus 100 gram jagung, Kita akan mendapatkan 96 kalori. Jagung juga memiliki cukup banyak kandungan air, tetapi jagung juga rendah lemak dan protein. Bahkan jagung juga mengandung omega 3 dan 6 meski sedikit.

Seperti sayuran lainnya, jagung juga mengandung serat. Selain itu, jagung juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh Anda.

Vitamin A pada biji jagung 10 kali lebih tinggi dari pada tanaman biji-bijian yang lainnya. Tepug jagung bebas gluten dapat menjadi menu makanan dalam diet rendah gluten.

Macam-macam Jenis Jagung

Mungkin kebanyakan orang hanya tahu jagung manis yang biasa mereka gunakan untuk makanan. Namun tahukah Anda bahwa ada Macam-macam Jenis Jagung di dunia ini, di antaranya:

1. Dent Corn (Jagung Gigi Kuda)

Jagung ini mempunyai ciri khas berupa lekukan pada bagian tengah atau atas biji. Bijinya besar dan terbagi menjadi beberapa baris dan berwarna kuning, terkadang berbeda warna dan cocok untuk membuat tepung jagung.

Di Indonesia, jagung jenis ini jarang ditanam karena tidak tahan terhadap serangan hama serbuk. Sedangkan di Amerika, jagung jenis ini sering dijadikan pakan ternak.

2. Flint Corn (Mutiara Jagung)

Jagung jenis ini memiliki bentuk biji yang agak membulat dan lebih kecil dari jagung bergigi kuda. Warna bijinya bermacam-macam, ada yang putih, kuning, dan ada juga yang merah.

Di Amerika Serikat dan Argentina sebagian besar jagung dimanfaatkan untuk tujuan pakan ternak. Di Indonesia juga, jagung digunakan untuk pakan ternak.

3. Jagung Manis (Sweet Corn)

Di Indonesia, jagung ini seringnya dibuat dari sirup atau pemanis buatan. Ciri-ciri jagung ini adalah bijinya yang masih muda dan berwarna seperti biji, sedangkan biji yang sudah tua akan keriput.

Jagung manis biasanya diolah menjadi campuran masakan sayur asam, sayur sop, bayam, jagung bakar, bahkan bubur jagung.

4. Pop Corn (Jagung Popcorn)

Ciri khas popcorn adalah bijinya kecil dan hampir semua bagian endospermanya keras. Jagung ini akan memuai sebanyak 30X bila terkena panas dari volume awal. Jagung jenis ini dibagi menjadi 2, popcorn matang dengan biji pipih, dan popcorn pir dengan biji bulat.

5. Corn Pods (Corn Pod)

Jagung ini pertama kali ditemukan di Amerika Selatan. Ciri-ciri jagung ini adalah bijinya tertutup oleh jagung sehingga polong jagung tidak terlihat.

6. Jagung Ketan (Sticky Corn)

Jagung ketan biasanya disebut jagung pulen karena kandungan peptidanya yang tinggi. Bijinya kecil, mengkilat seperti lilin dan patinya adalah tepung tapioka.

Jagung Lilin berasal dari Asia dan memiliki ekonomi yang tinggi karena dapat menempati posisi tepung tapioka dan bahan pakan ternak.

7. Jagung Tepung (Tepung Maizena)

Ini banyak ditanam di Amerika Selatan, dan dicirikan oleh fakta bahwa hampir semua bijinya bertepung, yang penuh dengan tepung dan kelembutan. Jagung jenis ini sangat pas untuk diolah menjadi tepung maizena.

Demikian artikel mengenai Mengenal Jenis-jenis Jagung yang Sering Kita Jumpai, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Kita semua, terima kasih.

Cara Pembuatan Tepung Dari Jagung Siap Dikonsumsi

perlengkapan

  • Jagung secukupnya

peralatan

Cara membuat tepung jagung

  • Langkah pertama adalah memilih jagung dengan kualitas yang baik. Pastikan jagung yang di pilih adalah jagung yang sudah tua.
  • Kemudian, jemur bonggol jagung dibawah panasnya sinar matahari. Lakukan penjemuran hingga jamur benar-benar kering.
  • Jika pengeringan berhasil. langkah selanjutnya adalah mengeluarkan inti jagung dari tongkol jagung, Bagaimana jika Anda mengalami kesulitan Anda dapat menggunakan bantuan mesin untuk melepaskannya.
  • Blender biji jagung atau kalian dapat menggunakan mesin slice shop agar hasil tepungnya lebih halus dan mempermudahkan kalian untuk menghaluskan.
  • Setelah menggiling jagung, Anda akan menghasilkan tepung yang halus dan tekstur kasar. Anda dapat memisahkannya menggunakan saringan. Pisahkan tepung kasar yang telah digiling kemudian haluskan kembali tepung menggunakan penggiling.
  • Jika tepung yang dihaluskan teksturnya basah. maka, keringkan tepung lagi.
  •  Tepung terigu siap digunakan untuk macam-macam olahan.

Related posts