Makanan Khas Medan Untuk Oleh Oleh, Wajib Dibeli!

2 min read

makanan-medan-untuk-oleh-oleh

Sedang berkunjung ke Medan dan bingung mau bawa apa untuk oleh oleh keluarga di rumah? Tenang, saya akan berikan referensinya untuk kalian. Makanan khas Medan untuk oleh oleh yang wajib untuk kalian beli.

Penasaran dengan makanannya apa saja? Let’s check this out!

Medan, kota dengan beragam kuliner khasnya. Mulai dari makanan berkuah hingga makanan kering atau camilan. Pada dasarnya ciri khas makanan Medan adalah berkuah, tetapi juga banyak makanan kering, bolu, ataupun manisan yang ada di Medan.

Sering berkunjung ke Medan tapi bingung mau beli apa? Ada banyak makanan yang bisa kalian jadikan pilihan untuk oleh oleh.

Makanan Khas Medan untuk Oleh Oleh

1. Bika Ambon

makanan-medan-untuk-oleh-oleh

Karena namanya, banyak orang beranggapan jika Bika Ambon berasal dari Ambon. Akan tetapi, sebenarnya makanan yang lezat ini asalnya dari Kota Medan loh. Bika Ambon memiliki tekstur yang berserat dan rasa legit.

Tempat yang sangat populer di Medan untuk mendapatkan Bika Ambon ada di Bika Ambon Zulaikha yang letaknya di Jalan Mojopahit No. 62 dan 96 DEF.

2. Bolu Gulung Meranti

Bolu Gulung Meranti memiliki tekstur yang lembut serta rasa legit, kue bulung Bolu Gulung Meranti Medan menjadi oleh-oleh yang wajib kalian bawa ketika berkunjung ke Medan.

Toko yang menjadi incaran adalah toko Bolu Meranti yang beralamat di Jalan Kuring 2K dan Jalan Sisingamangaraja No. 19B.

3. Teri Medan

makanan-medan-untuk-oleh-oleh

Teri Medan memiliki warna putih yang dimasak dengan sambal kacang yang rasanya menggugah selera apalagi jika dinikmati bersama nasi putih hangat.

Teri Medan dijual dalam siap saji dan mentah yang dikemas dengan berbagai ukuran. Untuk harganya mulai dari Rp70.000/kg. Teri Medan ini sangat mudah untuk didapatkan, namun satu kawasan yang selalu ramai pembeli adalah Jalan Majapahit.

4. Kacang Sihobuk

Oleh-oleh khas Medan yang wajib kalian bawa selanjutnya adalah Kacang Sihobuk yang berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara yang memiliki rasa manis dan gurih. Teksturnya yang renyah dan garing.

Kacang ini dimasak mengunakan pasir sehingga menghasilkan rasa yang khas. Kalian bisa mendapatkan oleh-oleh ini di berbagai toko oleh-oleh khas Medan.

5. Medan Napoleon

makanan-medan-untuk-oleh-oleh

Medan Napoleon terbuat dari tiga lapisan pastry yang diberikan olesan selai kemudian luarnya ditutup menggunakan bolu dan topping yang beraneka ragam. Rasa patry yang renyah serta lembutnya bolu dibalut selai menjadi perpaduan yang sangat lezat.

Harga satu kotak Medan Napoleon mulai dari Rp65.000. Kalian bisa mendapatkan oleh-oleh ini di Jalan K.H. Wahid Hasyim No. 46/35, Babura.

6. Risol Spesial Gogo

Medan mempunyai makanan risoles khas yang rasanya nikmat bernama Risol Spesial Gogo dari Juliani Chandra. Kelebihan Risol ini terdapat pada kulitnya yang tipis serta tepung panir yang lebih halus dibanding tepung pada umumnya serta adanya krim dan susu yang sangat lembut. Untuk mendapatkannya kalian bisa langsung data ke tempat pembuatnya di Jalan Mojopahit No. 53, Petisah Tengah.

7. Pia Tamian

Salah satu produk pia di Medan yang populer sejak 40 tahun lalu adalah Pia Tamian yang dulunya bernama Pia Hou Chen dan dipopulerkan oleh Gwe Yen Huat, seorang turunan Tionghoa. Kalian bisa mendapatkan Pia Tamian sebagai makanan kering khas Medan di Jalan Tamiang No. 16.

8. Tempe Medan

Ternyata Medan memiliki olahan kacang kedelai menjadi tempe yang berbeda dari tempat biasa pada umumnya. Berbentuk lebih tembem dengan kedelai yang lebih besar serta warnanya yang kuning, saat dimasak menghasilkan cita rasa yang renyah dan sangat gurih. Kalian bisa mendapatkan Tempe Medan di Jalan Setia Luur, Hanafi.

9. Ikan Sale

Ikan Sale Medan adalah ikan yang dimasak dengan cara diasapi atau dijemur serta ikan yang dibutuhkan adalah ikan lele Limbat. Ikan sale ini bisa diolah menjadi gulai khas Mandailing atau hanya digoreng dengan irisan bawang dan cabai.

Untuk mendapatkan ikan sale bisa langsung ke Jalan MT Haryono yang berada di pusar central belakang Medan Mall dan siapkan uang sebesar Rp40.000, atau kalian bisa membelinya di restoran-restoran tapi harganya lebih mahal.

10. Lapis Legit

Lapis legit adalah jenis kue tradisional yang mendapatkan pengaruh dari kebudayaan Belanda jadi bukan asli Indonesia. Meskipun saat ini kerap sekali kita temukan di berbagai daerah bahkan luar kota Medan, namun cemilan yang satu ini sangat digemari siapa pun baik anak-anak maupun orang tua.

Di Medan, terdapat produsen lapis legit bernama Affinois Medan yang memberikan tambahan keju dan menghasilkan rasa yang nikmat. Kalian bisa mendapatkannya di Jalan Mojopahit No. 12 E Medan

12. Pancake Durian Medan

Pancake Durian Medan sangat terkenal dan menjadi oleh-oleh favorit para pecinta durian. Berbedan dengan bentuk pancake pada umumnya, Pancake Durian Medan berbentuk seperti dadar gulung terbuat dari kulit adonan tepung diisi dengan daging durian.

Toko yang cukup terkenal berada di Durian House beralamat di Jalan Sekip No.67 H, Medan Petisah. Pembuatannya pun dihasilkan dari durian dengan kualitas terbaik, karenanya saat mencicipi pancake langsung lumer di mulut.

Banyak sekali bukan pilihan makanan khas Medan untuk oleh oleh? Kalian mau pilih yang mana nih sebagai oleh oleh keluarga?