Manfaatnya Optimal, Ini Aturan Tidur Siang yang Baik

3 min read

Tidur siang kerap jadi pilihan saat seseorang tidak cukup tidur saat malam hari atau hanya inginkan melacak saat untuk istirahat. Anjuran tidur ini bisa saja lebih kerap Anda dengar untuk anak-anak. Padahal, tidak hanya anak-anak, orang dewasa termasuk kadang memerlukannya. Supaya Anda dapat meraih manfaatnya secara optimal, pahami ulasannya selanjutnya ini.

Apa manfaat tidur siang?Meskipun kegiatan padat, Anda dapat mencoba untuk menyempatkan saat untuk tidur sebentar. Pekerja kantor kebanyakan difasilitasi bersama dengan napping room untuk beristirahat sejenak.

Nah, dari tidur siang Anda dapat meraih berbagai manfaatnya selanjutnya ini.

 

1. Mengurangi rasa penat dan ulang berenergi

Beraktivitas sedari pagi, sangat bisa saja mengakibatkan tubuh Anda penat dan perlu saat untuk beristirahat. Nah, tidur dapat jadi cara ampuh untuk menghilangkan rasa penat yang Anda alami.

Beristirahat termasuk jadi peluang bagi tubuh untuk mengisi kekuatan yang hilang, sehingga Anda dapat ulang beraktivitas bersama dengan semangat.

 

2. Meningkatkan situasi hati

Tubuh yang penat dan mata mengantuk dapat memperburuk situasi hati. Anda bisa saja jadi lebih enteng tersinggung dan marah. Hal ini tentu menimbulkan dampak yang buruk terhadap situasi kerja Anda dan rekan kerja Anda, bukan?

Supaya situasi hati Anda dapat ulang membaik, Anda dapat menyempatkan saat sebentar untuk tidur siang. Pasalnya, tidur semacam ini dapat mengusir rasa penat sekaligus kantuk.

 

3. Lebih cepat tanggap dan otak berfaedah lebih optimal

Tubuh yang kelelahan tentu mengakibatkan reaksi Anda menanggapi suatu hal jadi lebih lambat. Baik itu, di dalam berpikir maupun di dalam bergerak.

Agar otak dapat berfaedah secara optimal, layaknya menerima informasi lebih baik dan mengingat lebih tajam, Anda dapat mendapatkannya bersama dengan tidur siang. Di samping itu, tidur termasuk mengakibatkan tubuh dan otak Anda jadi lebih cepat tanggap.

Nah, berdasarkan manfaatnya ini, tidur sedang hari ternyata terbagi jadi beberapa jenis, seperti:

-Recovery nap. Jenis tidur ini dapat membantu memulihkan diri Anda dari tidak cukup tidur.
-Prophylactic Nap. Tidur jenis ini dilaksanakan sebagai persiapan kecuali Anda mempunyai kegiatan yang mengakibatkan tidak cukup tidur, perumpamaan wajib bekerja shift malam.
-Appetitive Nap. Tipe tidur ini mempunyai tujuan untuk mengakibatkan Anda rileks, situasi hati lebih baik, dan berenergi saat bangun tidur.
-Fulfillment Nap. Bayi dan anak-anak membutuhkan tidur yang lebih besar ketimbang orang dewasa, dan inilah jenis tidur mereka.
-Essential Nap. Klasifikasi tidur ini mutlak untuk orang sakit untuk mempercepat sistem penyembuhan maupun bagian dari tipe hidupnya.
-Meski bermanfaat, dapat termasuk berdampak buruk
-Meskipun tidur sedang hari, beri tambahan manfaat, kecuali Anda menerapkannya bersama dengan cara yang tidak tepat, ini dapat jadi bumerang bagi Anda.

Contohnya, Anda tidur siang sangat lama sampai memasuki sore hari. Tubuh Anda yang harusnya menyiapkan diri untuk beristirahat terhadap malam hari, jadi konsisten berenergi. Akibatnya, Anda jadi susah untuk tidur di malam hari dan bangun bersama dengan situasi tubuh yang kelelahan.

 

Jadi, patuhi aturan tidur siang yang sehat

Supaya tidur terhadap sedang hari tidak menimbulkan masalah, ikuti beberapa aturan atau tips tidur siang selanjutnya ini.

 

1. Pahami tujuan tidur siang

Sebagian besar orang tidur siang karena menjadi lelah, mengantuk, atau karena inginkan bekerja shift malam sehingga tidak mengantuk saat bekerja.

Namun, tersedia termasuk yang sengaja tidur di sedang hari karena inginkan menerapkan metode tidur bifasik, yakni membagi saat tidur jadi dua, yakni terhadap malam dan siang hari.

 

2. Tidak tidur sangat lama

Menurut Sleep Foundation, keliru satu aspek mutlak yang bertanggung jawab atas dampak buruk tidur siang adalah durasi tidur. Setiap kali tertidur, Anda menjadi memasuki serangkaian tahapan tidur.

Para peneliti mendapatkan bahwa tidur terhadap sedang hari selama lima menit sangat pendek, untuk membuahkan manfaat. Di segi lain, tidur selama 30 menit atau lebih lama, berikan tubuh memadai saat untuk memasuki tidur nyenyak.

Namun, durasi tidur yang sangat lama ini dapat mengakibatkan kepala Anda menjadi pusing saat terbangun. Kondisi ini Anda kenal bersama dengan makna “sleep inertia“.

Dengan pertimbangan ini, lama tidur siang terbaik di dalam banyak situasi adalah yang memadai memulihkan tubuh tetapi tidak menimbulkan sleep inertia.

Tidur siang selama 10 sampai 20 menit merupakan durasi yang paling ideal. Kadang-kadang ini disebut sebagai “power naps” karena beri tambahan manfaat pemulihan tanpa mengakibatkan kantuk sesudahnya. Supaya Anda tidak kebablasan, pakai alarm atau minta pertolongan orang lain untuk membangunkan.

Pengecualian kecuali tidur siang yang Anda melakukan masuk di dalam kategori essential nap dan fulfillment nap. Jenis tidur terhadap sedang hari ini membutuhkan durasi lebih lama karena mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan tidur anak dan orang yang sakit.

 

3. Lakukan tidur siang terhadap saat yang tepat

Waktu terbaik adalah sedang hari, atau sekitar jam 2-3 sore, tidak boleh memulai tidur lebih dari jam 3 sore. Ini adalah saat yang ideal karena Anda bisa saja mengantuk setelah makan siang.

Selain itu, tidur terhadap jam ini condong tidak dapat menganggu tidur Anda terhadap malam hari. Namun, Anda wajib pastikan bahwa tidur tidak dilaksanakan setelah makan. Beri jeda 2-3 jam setelah makan.

 

4. Pastikan situasi tidur yang mendukung

Suasana tidur siang sebaiknya tidak berbeda jauh bersama dengan tidur malam, yakni tempat yang tenang dan gelap bersama dengan suhu kamar yang nyaman dan tidak sangat bising.

Kemudian, setelah bangun tidur, jangan buru-buru beraktivitas lagi. Buru-buru bangun dapat mengakibatkan Anda sakit kepala, uring-uringan, dan tidak sedap badan. Berikan jeda beberapa menit sampai Anda menjadi segar lagi.

Hello Health Group tidak sediakan panduan medis, diagnosis, atau perawatan.

Layanan Gesek Tunai Kartu Kredit Makin Marak

Selain untuk berbelanja, kartu kredit termasuk memberi tambahan fasilitas tarik tunai bagi para pengguna. Tarik tunai mampu dilakukan di anjungan tunai mandiri (ATM) terdekat....
Guithay thay
2 min read

Berikut Contoh Soal Perhitungan PPh Pasal 24?

PAJAK Penghasilan (PPh) Pasal 24 adalah salah satu type pelunasan PPh di dalam tahun berjalan yang merupakan pajak yang dibayar atau terutang di luar...
Guithay thay
1 min read