Resep Rahasia Cara Membuat Manisan Cabe Kering (Anti Gagal)

2 min read

Pernahkah Anda membuat manisan cabe kering ? Nah kali ini mimin akan membagikan cara membuat manisan cabe kering. Pada dasarnya pembuatannya sangat mudah dan sederhana, bahkan kita bisa membuatnya sendiri di rumah.

Manisan cabe kering ini pembuatannya sederhana dan rasanya enak istimewa. Tak heran hampir semua orang tergiur untuk membelinya. Karena aromanya yang khas akan memancing lidah kita untuk mencoba.

Saat musim cabe dan panen cabe, banyak cabe yang berserakan dan dibuang begitu saja. Padahal, jika diolah menjadi manisan kering akan sangat bermanfaat karena bisa bertahan lama.

Untuk membuat manisan cabe kering yang enak, perlu memperhatikan beberapa hal agar menghasilkan rasa yang enak dan segar. Tentunya jenis bahan yang kita gunakan harus segar. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas trik dan tips serta resep rahasia cara membuat manisan cabe kering spesial.

Manisan cabe kering memiliki masa simpan yang lebih lama, hal ini dikarenakan manisan cabe kering diproses dengan cara dijemur atau dikeringkan hingga kering. Untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan cabe dengan tekstur yang lembut.

Di bawah ini akan mengulas resep rahasia cara membuat manisan cabe kering yang sederhana namun tetap enak dan segar. Yuk simak, langkah-langkah pembuatannya di bawah ini.

Cara Membuat Manisan Cabe Kering

Cara Membuat Manisan Cabe Kering

Bahan:

  • 1/4kg cabai merah besar
  • 1/2kg Gula
  • 1 sdt Garam
  • 1/2 sdt Air jeruk nipis/ citronzuur sdt
  • 1 sdm Jeruk nipis
  • 2 liter Air untuk merendam
  • 500 ml Air untuk merebus

Langkah dan cara pembuatan :

  1. Cabai dibersihkan dengan membuang tangkai cabai dan urat putihnya.
  2. Dalam 2 liter air larutkan kapur sirih dan endapan. Ambil bagian yang mengendap diibawah.
  3. Rendam cabai selama 6 jam dalam air kapur.
  4. Tiriskan cabai dan cuci bersih.
  5. Rebus sampai mendidih 500 ml air. Tambahkan gula dan aduk hingga larut. Tambahkan cabai dan masak hingga layu. Matikan kompor dan biarkan cabai terendam semalaman.
  6. Panaskan cabai yang telah direndam semalaman sampai air mendidih. Matikan kompor dan diamkan lagi semalaman. Lakukan hal yang sama selama 3 hari sampai cabai terasa manis.
  7. Kuras airnya, dan keringkan cabai dengan cara dijemur atau dimasukkan ke dalam oven. Setelah kering, taburi dengan gula dan masukkan ke dalam toples.
  8. Selesai, manisan cabe kering siap dikonsumsi maupun disimpan terlebih dahulu.

20 Manfaat Cabai untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cabai memiliki rasa pedas yang cukup kuat. Rasa pedas ini berasal dari zat aktif alkaloid yaitu capsaicin. Namun, rasa pedas dari sayuran ini berbeda-beda tergantung jenis dan kondisi tumbuhnya.
Bagi yang suka makan pedas, perlu mengetahui segudang manfaat tersembunyi dari cabai seperti berikut ini:

  1. Membunuh sel kanker
  2. Pencernaan lancar
  3. Meningkatkan kinerja otak
  4. Menghilangkan stres
  5. Mencegah obesitas dan membantu menurunkan berat badan
  6. Membantu pembentukan sel darah merah
  7. Anti-inflamasi
  8. Mengobati panas dalam terutama sariawan
  9. Mengatasi hidung tersumbat karena flu atau pilek
  10. Menjaga kesehatan mata
  11. Mengurangi pusing, migrain, atau sakit kepala
  12. Mencegah bau mulut
  13. Menjaga kesehatan jantung
  14. Meredakan nyeri sendi
  15. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  16. Mengatasi Psoriasis atau gatal-gatal dan bercak-bercak pada kulit
  17. Mencegah infeksi jamur
  18. Membantu mendetoksifikasi racun
  19. Mencegah penuaan dini dan membuat awet muda
  20. Menjaga kesehatan dan kecantikan

Efek Samping Terlalu Banyak Makan Cabai | Manisan Cabe Kering

5 Cara Menanam Cabe dengan Mudah, Anti Gagal!

1. Diare

Cabai memang bisa melancarkan sistem pencernaan. Namun, mengonsumsi terlalu banyak cabai dapat menyebabkan diare atau buang air besar yang terus-menerus.

Makan terlalu banyak makanan pedas akan menyebabkan Anda sakit perut, sensasi terbakar di usus, kram, dan diare. Solusinya adalah, Anda dapat mengonsumsi cabe sesuai dengan kemampuan perut atau tubuh Anda.

2. Berat Badan Bertambah

Cabai dapat membantu menurunkan berat badan dengan membantu sistem pencernaan untuk membantu mendorong sisa makanan agar tidak terlalu lama menumpuk di dalam tubuh. Namun, kecanduan makan makanan pedas justru bisa meningkatkan nafsu makan dan menyebabkan kenaikan berat badan.

3. Usus Buntu

Usus Buntu adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada usus buntu. Kebanyakan pasien yang mengalami penyakit ini harus segera diobati. Jika tidak, usus buntu akan pecah dan infeksi akan memburuk, dan dapat mengancam jiwa.

Penyakit usus buntu dapat disebabkan oleh faktor makanan. Beberapa penderita radang usus buntu harus dilarikan ke rumah sakit karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan radang usus buntu, seperti makanan pedas.

Rasa pedas dari cabe memang disukai oleh kebanyakan orang. Selain dapat melancarkan pencernaan, cabai ini dipercaya dapat mengatasi stres. Namun jika Anda makan terlalu banyak dan sering, bisa membahayakan usus dan membuatnya meradang.