Masak Daging Agar Cepat Empuk Tidak Alot

2 min read

Cara Masak Daging Agar Cepat Empuk

Daging

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara masak daging agar cepat empuk tidak alot, simak bahan dan langkah-langkahnya di bawah ini yaa! Sebelum kita lanjut taukah kalian apa itu yang dimaksud dengan daging itu sendiri? Daging ialah bagian lunak pada hewan yang terbungkus kulit dan melekat pada tulang. Terdiri dari jaringan otot, lemak, urat serta tulang rawan.

Baca juga: cara buat minyak kelapa asli

Cara masak daging agar cepat empuk

  1. Potong dagng dengan ukuran kecil

Cara memasak daging biar empuk yang pertama adalah dengan memotongnya menjadi ukuran yang lebih kecil. Kamu bisa memotong daging menjadi potongan tipis-tipis dan lebar. Karena, dengan potongan tersebut daging akan lebih cepat matang dan empuk.

Selain itu, kamu juga bisa mencincangnya. Sama halnya seperti memotong daging dengan ukuran kecil, mencincang daging juga dapat membuat daging lebih cepat empuk, dan bumbu akan lebih cepat meresap tanpa perlu dimasak terlalu lama.

Kemudian, kamu juga perlu memperhatikan cara memotongnya. Usahakan kamu memotong daging dengan arah yang berlawanan dengan serat. Hal tersebut berguna untuk memisahkan serat daging saat dimasak, agar daging lebih cepat empuk.

2. Bungkus daging dengan daun pepaya

Selain memotongnya dengan ukuran yang lebih kecil atau mencincangnya, kamu juga bisa menggunakan daun pepaya sebagai salah satu cara memasak daging biar empuk. Hal yang perlu kamu lakukan hanya membungkus daging dengan daun pepaya, selama kurang lebih 30 menit sebelum dimasak.

Pasalnya, kandungan zat papain yang dimiliki daun pepaya, dipercaya mampu membuat daging menjadi lebih empuk. Sehingga, kamu tidak perlu lagi memasak daging dalam jangka waktu yang lama, karena daging akan lebih cepat matang dan bumbu akan lebih meresap.

3. Rendam menggunakan baking powder

Meski lebih dikenal sebagai bahan untuk membuat kue, namun baking powder nyatanya menjadi salah satu cara memasak daging biar empuk yang perlu kamu lakukan. Bagi kamu yang baru belajar memasak daging, jangan khawatir. Sebab, cara memasak daging yang satu ini sangat mudah.

Kamu hanya perlu merendam daging yang telah dicuci bersih dan dipotong, ke dalam bumbu yang telah ditambahkan baking powder. Setelah itu, diamkan beberapa saat, lalu kamu bisa langsung memasak daging tersebut hingga empuk, tanpa harus menghabiskan waktu yang cukup lama. Cara yang satu ini sebenarnya akan lebih cocok digunakan, untuk membuat sate daging sapi atau kambing dan memasak daging bumbu lada hitam.

4. Daging dilumuri dengan jahe

Cara memasak daging biar empuk yang keempat adalah melumurinya dengan jahe. Bagaimana tidak, pasalnya kandungan enzim proteolitik yang dimiliki jahe dapat mengurangi ikatan protein dalam daging. Sehingga, ketika dimasak daging akan lebih cepat empuk. Untuk menggunakan cara yang satu ini pun sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa ruas jahe yang akan digunakan.

Setelah itu, kupas kulit jahe dan cuci hingga bersih. Jika sudah, parut jahe tersebut secukupnya dan lumuri semua bagian daging yang akan dimasak, dengan parutan jahe hingga tercampur rata. Kamu bisa diamkan terlebih dahulu, daging yang telah dilumuri jahe selama 30 menit sebelum dimasak. Tujuannya adalah agar kandungan enzim proteolitik yang dimiliki jahe, bekerja dengan maksimal dalam mengempukkan daging.

5. Dipukul hingga daging menjadi empuk

Walaupun cara yang satu ini terdengar unik, namun memukul daging menjadi cara memasak daging biar empuk yang efektif. Untuk melakukan cara ini, kamu hanya memerlukan alat pemukul daging saja. Setelah itu, pukul kedua sisi daging hingga mendapatkan tekstur yang empuk.

Namun sebelum memulainya, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah menggunakan talenan sebagai alas untuk memukul daging. Tidak hanya itu, pastikan juga kamu tidak memukul daging terlalu kencang, agar sari-sari daging tidak keluar dan terbuang begitu saja.

 

Itulah beberapa tips cara masak daging agar empuk, kalin bisa mempraktikannya ketika ingin memasak daging agar daging yang akan dimasak menjadi makanan tidak alot ketika digigit dan mudah untuk dikunyah.

Agency Digital Jakarta Selatan

Yang sedang popular sementara ini ialah marketing online yanag banyak dilirik oleh para pelaku usaha maupun merk besar.Menariknya memanfaatkan Agency Digital Jakarta sendiri adalah,...
Guithay thay
1 min read

Langkah Menonton Film di Telegram secara Gratis dan Tanpa…

Aktivitas melihat film sekarang ini bukan hanya dapat dicicipi di bioskop atau tayangan tv saja. Karena zaman telah makin hebat beberapa program kekinian sediakan...
Guithay thay
3 min read

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di…

Intel Core i9-12900K, Di-claim Sebagai Processor Gaming Terbaik di Dunia Berapa luar biasa Intel Core i9-12900K ini? Intel sah memperkenalkan keluarga processor Intel Core...
Guithay thay
4 min read