Memanfaatkan Sabut Kelapa Jadi Sapu

Memanfaatkan Sabut Kelapa Jadi Sapu

Selamat datang pada artikel saya kali ini ,Pada kesempatan  kali ini saya akan membagikan sebuah seribu keuntungan  yaitu  memanfaatkan sabut kelapa jadi sapu karena bisa menambah ekonomi  masyarakat  menengah kebawah ,yuk baca  artikel kami.

Sejarah

Sabut kelapa merupakan bagian dari selimut atau pelindung buah kelapa yang berupa serat kasar. Ketebalan setiap sabut kelapa berbeda satu sama lain, tergantung dari jenis kelapanya.

Umumnya sabut kelapa yang digunakan untuk kerajinan diambil dari buah kelapa yang sudah tua. Hal ini karena kelapa tua memiliki sabut yang lebih tebal dan kokoh.

Alasan sabut kelapa bisa diolah adalah karena kandungan serat sabut dan bubuk sabutnya. Kedua bahan ini merupakan bahan utama pembuatan kerajinan dari sabut kelapa. Namun, sebelum diolah menjadi kerajinan, sabut kelapa akan melalui proses pembersihan dan sebagainya agar berfungsi lebih baik.

Sabut kelapa juga dipercaya mampu menghemat 60% kadar air dibandingkan pupuk lainnya. Ini sangat cocok untuk Anda yang bercocok tanam di daerah dengan curah hujan rendah atau sedang mengalami kekeringan dengan menggunakan  cocomesh jaring sabut kelapa semua jadi instan.

Pohon kelapa merupakan pohon yang memiliki banyak manfaat. Dari buahnya saja anda bisa membuat kerajinan dari batok kelapa, kerajinan dari sabut kelapa, dan masih banyak lagi.

Bagi para pelaku bisnis, pohon kelapa memiliki potensi bisnis yang sangat besar. Mulai dari bisnis UMKM seperti menjual kerajinan dari sabut kelapa, hingga mengekspor batok kelapa.Sabut kelapa merupakan salah satu serat alam yang dapat diolah menjadi beberapa kreasi kerajinan tangan.

Memanfaatkan Sabut Kelapa Jadi Sapu

Memanfaatkan Sabut Kelapa Jadi Sapu

Alat dan bahan:

  • 2 butir kelapa ambil sabutnya saja.
  • Sebatang bambu atau dahan yang panjangnya 1 m.
  • Tali dari sabut kelapa.
  • Sebuah bambu kecil berukuran 3-4 mm panjang 20 cm.
  • kayu kelelawar.
  • Sikat kawat.
  • Pisau / parang.
  • Jarum karung.

Bagaimana membuat:

  1. Pukul sabut kelapa sampai semua daging sabut terlepas dan hanya serat sabut yang tersisa.
  2. Sikat sabut yang sudah dikocok tadi agar serat pendeknya terlepas.
  3. Membuat tali menggunakan serat pendek.
  4. Ikat ujung serat yang panjang dengan tali yang telah disiapkan seukuran segenggam jari telunjuk.
  5. 4 akar serabut bisa buat 1 sapu dengan 1 ikat sabut diikat langsung ke ujung tangkai sapu.
  6. Tusukkan sebatang bambu kecil sebagai bahu pada simpul sabut.
  7. Tusuk empat helai sabut di bahu kanan dan kiri tangkai, masing-masing 2 helai.
  8. Ikat ujung sabut di bagian atas tulang belikat.

Memanfaatkan Sabut Kelapa Jadi Sapu dan limbah yang Mengguntungkan

Limbah yang dibuang begitu saja dapat dimanfaatkan sebagai produk yang bermanfaat bagi lingkungan dan bernilai ekonomi di pedesaan. Limbah sabut kelapa dapat diolah menjadi sabut kelapa yang merupakan bahan dasar sapu, tali, dan keset.

Warga Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo memanfaatkan kegiatan daur ulang sabut kelapa.Dengan berkembangnya teknologi, sabut kelapa produksi dalam negeri diincar oleh negara tetangga, yang diolah menjadi barang yang memiliki harga sangat tinggi.

Selama ini negara kita hanya mengekspor sabut kelapa mentah. Dari berbagai literatur, sabut kelapa kini dapat diaplikasikan sebagai bahan yang ramah lingkungan, seperti mengisi tanah bekas tambang sehingga menjadi tanah yang produktif.

Dan sekarang sedang dikembangkan cocomatrass, yaitu sabut kelapa untuk matras dan ada juga cocomesh jaring sabut  kelapa .Ternyata dengan pemanfaatan dan teknologi yang tepat, sampah-sampah yang dibuang tersebut dapat diubah menjadi barang yang bernilai ekonomis tinggi dan dapat melindungi lingkungan.

Terimakasih telah mengunjungi artikel saya semoga bisa menambah wawasan teman – teman tentang memanfaatkan sabut kelapa  jadi sapu  Dan juga bisa membantu ekonomi anda untuk  di jual . Demikianlah beberapa cara yang mudah dan bisa dicoba dirumah.

 

Related posts