Membuat Jagung Bakar Keju

2 min read

Dalam artikel kali ini saya akan menulis  bagamana cara membuat jagung bakar keju dengan sangat mudah dan sanggat  simple dalam pengolahanya, walau mudah untuk membuatnya namun rasa yang dimiliki dari jagung bakar  di hasilkan tetap saja lezat.  Banyak penelitian yang menyatakan bahwa jagung ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, bahkan setelah di masak pun kandungan dalam jagung tidak berkurang sedikit pun.

Kandungan yang paling banyak di dalam jagung adalah kandungan memiliki karbohidrat yang dapat menyamainya dengan tumbuhan gandum dan juga beras. Bagi beberapa negara besar seperti Amerika Tengah dan jugaSelatan jagung di jadikan sebagai makanan pokok uantuk sehari hari.

Jagung bisa didapatkan juga melalui petani maupun membeli di supermarket terdekat dikota kalian. Selain di bakar jagung juga dapat di rebus dengan selera kalian, bahkan jagung juga dapat dijadikan sebagai bahan makanan tambahan di dalam beberapa jenis sayur seperti sayur soup. Lainnya lagi jagung bisa menjadi cemilan kudapan seperti makanan ringan popcorn(namun jagung harus dirontokkan terlebih dahulu dengan mengunakan  mesin giling jagung

jagung keju

Cara Membuat Jagung Bakar Keju

Bahan bahan:

  • 5 sdm margarin cair
  • 2 sdm saus tomat
  • 155 gram keju parut
  • 5 sdm madu
  • 5 sdm saus sambal

Cara Membuat Jagung Bakar Keju :

  1. Siapkan beberapa mangkuktuang margarin cair, dan saus tomat, madu, dan saus sambal. Aduk hingga benar benar rata sempurna.
  2. Saat membakar jagung, olesi adonan bumbu yang sudah kalian campur tadi hingga merata.
  3. Saat jagung setengah matang, taburi dengan keju cheddar yang telah kalian parut. Ulangi langkah poin ke-2 dan 3 sebanyak hingga jagung habis.
  4. Pindahkan jagung bakar ke atas piring saji jika jagung sudah benar benar matang sempurna

Manfaat Membuat Jagung Bakar Keju

Selain memiliki rasa yang nikmat, jagung juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Belum banyak yang mengetahui berbagai manfaat dari mengonsumsi makanan jagung, baik yang sudah berbentuk cemilan seperti popcorn atau yang sudah dibakar seperti dari resep di atas tadi. Dibawah ini kami memiliki beberapa manfaat dari jagung untuk menjaga  kesehatan tubuh.

1. Kesehatan Mata

Selain mengandung karbohidrat jagung juga dapat mengandung karotenoid yang berperan penting  sebagai antioksidan. Kandungan yang dimiliki adalah antioksidan ini sangat berfungsi untuk melindungi mata dari kerusakan oksidasif di lingkungan.

2. Mengatasi Konstipasi atau Sembelit

Ada beberapa hal yang kalian perlu lakukan  salah satunya adalah memakan makanan yang banyak mengandung serat, Karena makanan jenis ini merupakan bagian dari obat pencahar alami yang baik untuk membantu mengatasi gangguan penyakit dalam pencernaan seperti sembelit dll. Nah bagi kalian sedang mengalami penyakit sembelit, jagung juga bisa menjadi obat yang cocok untuk menyelesaikan masalah sembelit kalian.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah membuat jagung keju

Bagi kalian yang mengalami penyakit  diabetes yang sangat penting untuk menjaga pola hidup dan pola makan, dan bahkan banyak dari penderita penyaki diabetes yang dilarang ataupun mengurangi konsumsi makan makanan nasi, karena didalamnya terdapat banyak sekali kandungan seperti zat gula atau glukosa. Padahal untuk memcukupi energi sehari hari manusia membutuhkan makanan yang memiliki karbohidrat. Bagi penderita penyakit diabetes jagung dapat dijadikan alternatif makanan pengganti nasi ,hanya non pasien penyakit diabetes yang makan nasi. Kandungan yang dimiliki dari karbohidrat dalam jagung baik bagi kesehtan tubuh karena mengandung amilosa yang lebih tinggi dari pada nasi. Serat yang dimiliki jagung akan di cerna oleh lambung lebih lambat sehingga dapat mengontrol gula darah tinggi.

4. Kesehatan Jantung

Dan salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung kalian yaitu dengan memakan makanan yang memiliki serat tinggi dan protein serta menghindari makanan lemak jahat. Salah satu dari  jenis makanan ini adalah jagung. Rajin rajinlah kalian untuk mengonsumsi jagung dan kacang-kacangan sebagai pengganti nasi putih kalan, terbukti memiliki risiko lebih kecil untuk terkena penyakit serangan jantung.

Jadi kalian bisa mempraktekan resep yang ada diatas tadi, ada banyak pilihan rasa untuk membakar jagung dengan pilihan rasa yang kalian miliki. Tahun baru adalah momen yang tepat untuk kalian  yang sedang berkumpul dengan teman maupun dengan keluarga kalian sambil membakar jagung ini. Dan resep di atas dapat dijadikan salah satu usaha UMKM di indonesia jika kalian inggin memnjalankanya kami memiliki beberapa resep alternatif selain jagung bakar keju yaitu resep usus crispy. Semoga resep diatas tadi dapat membantu kalian yang ingin membuatcemilan atau  makanan  jagung bakar.