Membuat Roti Zebar Coklat Kukus

3 min read

Kali ini kita akan membahas apa itu roti zebra kukus?Membuat  Roti zebra kukus merupakan salah satu kue bolu lembut yang sudah klasik sejak zaman dahulu kala ketika nenek moyang kita masih muda. Kue bolu ini bermotif indah seperti kuda zebra, roti kukus zebra merupakan jenis kue yang memiliki rasa yang sangat enak dan tekstur yang sangat lembut dan mengembang. Dengan rasa manis yang begitu pas dan membuat siapapun yang mencicipi roti ini akan langsung jatuh cinta dan ketagihan. Ciri khas dari roti zebra kukus adalah motifnya memiliki corak yang indah seperti zebra yaitu berwarna hitam dan putih sehingga dinamakan roti zebra. Namun ada juga bun yang hampir mirip dengan roti zebra kukus ini yaitu roti pelangi kukus. Warnanya tidak hanya 1 atau 2 warna saja, tapi terlihat seperti pelangi. Dari situ banyak yang menyebutnya roti pelangi kukus. Dan sekarang ini tren seperti roti zebra kukus juga.

Untuk mendapatkan kedua warna tersebut anda membutuhkan dua macam adonan yang berwarna hitam dari coklat dan putih dari bahan seperti bahan yang tidak berwarna, anda tinggal menambahkan santan. Untuk anda yang ingin mendapatkan hasil yang sangat indah, anda memerlukan cara membuat contoh material hitam secara bergantian terlebih dahulu kemudian putih kemudian selanjutnya. Kue zebra kukus bisa disajikan saat merayakan hari-hari bedar seperti lebaran atau hari raya lainnya, cocok juga untuk syukuran juga. Dalam membuat roti zebra tentunya caranya sangat mudah, tidak akan kesulitan, karena bahan-bahannya mudah ditemukan dimana-mana. Dan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk membuat roti zebra kukus ini karena bahan-bahannya yang mudah didapat.

Kali ini kita akan membahas cara membuat bakpao kukus yang mudah dan simpel. Supaya mendapatkan hasil yang enak dan memuaskan, berikut akan kami ulas beberapa resep bikin bakpao kukus dengan berbagai macam rasa. Teruslah membaca semuanya !!!

Resep Membuat Roti Zebra Kukus 

Bahan-bahan  Membuat Roti Zebra Kukus:

  • Telur ayam 6 butir
  • Margarin 100 gram ( dicairkan )
  • Gula pasir 150 gram
  • Cake emulsifier atau ovalet 1 sendok teh
  • Tepung terigu 150 gram ( diayak )
  • Santan kental matang 150 mili lter
  • Coklat bubk 1 sendok makan
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • Vanili bubuk 1/2 sendok teh

Cara Membuat Roti Zebra Kukus :

  1. Langkah awal panaskan pengukus di atas api sedang selanjutnya olesi loyang menggunakan margarin lalu taburi dengan sedikit tepung agar adonan nanti tidak lengket.
  2. Selanjutnya ambil wadah, lalu masukkan telur, gula dan cake emulsifier , aduk sebentar hingga rata mengunakan mesin coklat. Kemudian masukkan tepung terigu, vanili bubuk, baking powder, margarin dan santan aduk terus hingga semua adonan tercampur rata.
  3. Setelah itu bagi adonan menjadi 2 bagian 50:50 . lalu tambahkan cokelat bubuk pada salah satu bagian adonan roti, aduk rata .
  4. Siapkan loyang ukuran 20 centi meter. Tuangkan adonan ke dalam loyang ukuran 20 centi meter. Dengan cara menuang adonan warna putih tepat ditengah-tengah loyang , yang ditumpuk dengan adonan warna cokelat dititik yang sama, adonan tidak perlu diratakan diloyang, karena adonan roti ini sebenarnya sangat ringan jadi dengan sendirinya akan mengalir kepinggir-pinggir loyang tanpa perlu diratakan terlebih dahulu .
  5. Terakhir kukus adonan ke dalam pengukus selama 30 menit, untuk memastikan kalau kue bolu kukus zebra sudah matang kita dapat mengeceknya dengan menggunakan lidi, tusukkan kedalam rotinya lalu jika lidi bersih tanpa ada adonan yang menempel itu tandanya kue sudah matang. Angkatlah, kemudian dinginkan .
  6. Potong-potong kue bolu kukus zebra sesuai selera, lalu sajikan.

Tips Membuat Roti Zebra Kukus

  • Hingga saat ini kita bisa menemukan banyak sekali macam-macam jenis brownies yang diproduksi oleh para produsen dengan tampilan yang beragam dan berbagai macam rasa yang berbeda-beda, tentunya akan memanjakan lidah para penikmatnya.
  • Namun meski begitu, semua itu tetap aroma bahan dasar brownies, baik brownies kukus maupun brownies panggang, memiliki aroma coklat yang begitu khas, harum, dan menggugah selera.
  • Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam membuat brownies, agar brownies yang dihasilkan memiliki rasa yang enak dan enak.
  • Pada resep brownies kukus brownies ini umumnya terdiri dari 3 langkah dasar yaitu melelehkan mentega dan coklat, telur kocok dan gula pasir, dan terakhir ditambahkan tepung.
  • Cara membuat brownies ini memiliki trik yaitu jangan terlalu lama mengocok bahannya, karena brownies akan menjadi basah, padat, dan kenyal.
  • Terlalu lama mengocoknya akan membuat brownies menjadi keras atau membentuk lapisan tipis kering pada permukaan kue.
  • Jadi, kocok saja bahan basah dan kering sampai tercampur, jangan terlalu lama dikocok setelah memasukkan telur.
    Kebanyakan resep brownies kukus coklat dimulai dengan melelehkan mentega dan coklat.
  • Cara yang baik dan aman untuk proses ini adalah dengan menggunakan 2 loyang dengan ukuran berbeda.
    Panci besar berisi air mendidih, lalu masukkan panci kecil ke dalamnya dan masukkan dua bahan, lalu aduk hingga mentega dan cokelat meleleh.
  • Agar permukaan brownies terlihat mengkilat saat dimasak, lelehkan coklat sebentar, lalu tuangkan ke dalam adonan sebagai bahan terakhir, lalu aduk rata.
  • Untuk memperbaiki tekstur brownies, Anda bisa menyimpan adonan mentah di lemari es selama beberapa jam atau semalaman sebelum dikukus atau dipanggang.
  • Untuk mendapatkan permukaan brownies yang halus, Anda bisa melapisi loyang atau cetakan brownies dengan kertas roti dan melapisinya dengan mentega.
  • Agar panasnya merata, gunakan loyang stainless steel. Sebaiknya tidak menggunakan panci kaca atau wajan gelap yang tidak lengket, karena brownies yang dihasilkan akan menjadi basah dan volumenya akan berkurang.
  • Brownies bisa dikukus atau dipanggang dalam kaleng muffin kecil, sehingga bisa dipotong dengan mudah. Jika Anda menggunakan loyang, ada baiknya untuk melapisi loyang dengan aluminium foil agar bersih dan panasnya merata.
  • Kacang tanah juga bisa anda tambahkan pada resep brownies kukus brownies, anda bisa memanggang atau memanggang kacang terlebih dahulu agar bisa menambah aroma kacang.
  • Jika Anda ingin menambahkan potongan buah, kacang-kacangan atau chocochip ke dalam campuran brownies, ada kemungkinan mereka akan mengendap di bagian bawah. Untuk menghindarinya, taburi bahan dengan sedikit tepung, diayak agar tepung tidak terlalu kental. Campurkan saja adonan brownies.
  • Untuk brownies jenis fudge, keluarkan kue segera setelah tepi kue sedikit menyusut dari loyang. Bagian tengah kuenya masih sedikit keras dan lengket, tetapi mengeras segera setelah kuenya dingin. Untuk cake type brownies tancapkan stick di tengah cake, jika remah-remah menempel di stick berarti sudah matang.
    Biarkan brownies mendingin di dalam wajan sebelum mengeluarkannya dari wajan dan memotongnya.
    Brownies bisa disimpan dalam wadah tertutup rapat. Jika ingin langsung menikmatinya jangan didinginkan di lemari es karena akan mengering, kecuali jika ingin disimpan dalam waktu lama, karena brownies tahan 4-6 bulan di dalam freezer
  • Terakhir, pengalaman adalah guru terbaik, jangan berkecil hati jika brownies Anda gagal, karena membuat brownies yang enak, enak, dan lezat membutuhkan waktu dan keterampilan.

Demikian Itu tadi adalah beberapa tips membuat roti zebra kukus yang dapat membantu kalian dirumah, dan kami juga memiliki beberpa resep lainya yang dapat membantu kalian yaitu resep usus crispy. Itu saja yang dapat saya sampaikan bila ada kekuranga dalam penulisan saya mohon maaf.