Membuat Sistik Renyah Dan Gurih Gampang Di Buat

2 min read

Membuat Sistik Renyah Dan Gurih

Sistik atau yang biasa disebut stik bawang adalah camilan gurih yang nikmat. Biasanya, sistik hadir saat ada perayaan spesial, termasuk Hari Raya Idulfitri. Rasanya yang gurih dan renyah bikin camilan ini mudah disukai banyak orang. Memang bukan hal sulit untuk menemukan sistik, karena banyak toko dan supermarket yang menjualnya.

Di kesempatan kali ini saya akan membagikan tips membuat sistik renyah dan gurih, bikin sistik sendiri sebenarnya gak sulit, lho.  Yuk bikin sistik dengan resep berikut ini!.

Membuat Sistik Renyah Dan Gurih

Bahan-Bahan:

  • 1 kg terigu
  • 5 siung bawang putih kupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • 50 gr mentega
  • Secukupnya bawang daun
  • 1 sachet santan kara
  • 500 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm penyedap
  • Secukupnya tepung kanji (utk menaburi adonan)
  • Secukupnya minyak goreng

Cara Membuat Sistik Renyah Dan Gurih:

  1. Ulek bawang putih garam dan penyedap sampai halus,beri 500ml air,tambahkan santan aduk sampai menyatu
  2. Aduk tepung terigu dan mentega sampai tercampur rata kemudian masukan bawang daun dan adonan bawang putih diatas
  3. Uleni sampai kalis,adonan tidak lengket ditangan
  4. Diamkan selama 30 menit tutup dengan kain kering
  5. Bulatkan adonan masing2 100gr sampai habis
  6. Pipihkan adonan menggunakan gilingan kue dgn ketebalan sesuai selera(saya di gear nomor 1 aja)lumuri tepung kanji,lakukan sampai habis
  7. Potong2 adonan yg sudah digiling dgn panjang sesuai selera aja(saya 10cm panjangnya)menggunakan pisau
  8. Panaskan minyak,Goreng di api sedang aja sampai kuning
  9. Kemudian angkat, tiriskan, dan sajikan.
Baca Juga: cara membuat sistik bawang renyah dan gurih 

Manfaat Bahan Sistik

manfaat bahan sistik

1.Tepung Terigu

1.Mengatasi luka bakar

Apabila Anda terkena luka bakar, misalkan tidak sengaja terkena air mendidih ketika masak, Anda dapat menggunakan tepung terigu untuk mengatasi masalah luka bakar yang Anda alami. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara mencelupkan tangan Anda yang terkena luka bakarke dalam tepung terigu kurang lebih selama 10 menit.

Hasilnya, tangan Anda yang tercelup air mendidih tersebut tidak akan terasa sakit maupun berwarna merah. Namun apabila luka bakar tersebut tidak terletak pada tangan, Anda dapat menaburkan tepung terigu pada luka bakar tersebut.

2.Membuat logam berkilau

Apabila ceret dapur, lampu tembaga maupun barang kerjaninan lain kepunyaan Anda yang terbuat dari logam terlihat usang karena dimakan waktu, Anda dapat menggunakan tepung terigu untuk mengembalikan kilau barang-barang tersebut.

Caranya cukup mudah, campurkan tepung terigu dengan cuka putih dan garam secukupnya hingga membentuk pasta kemudian oleskan pada barang-barang tersebut hingga kering. Setelah itu, hilangkan tepung pasta tepung terigu dari barang-barang tersebut dengan menggunakan kain yang lembut.

3.Mencerahkan kulit

Dengan takaran yang tepat, tepung terigu dapat Anda jadikan masker agar membuat kulit Anda terlihat lebih sehat dan cerah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan tepung terigu dengan 1 sendok makan yogurt dan sedikit bubuk kunyit untuk dijadikan masker. Aplikasikan masker pada wajah dan biarkan selama 25 menit, kemudian basuh dengan air hangat.

4.Sebagai lulur

Tepung terigu ternyata juga dapat digunakan sebagai lulur untuk detoksifikasi kulit. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan teung terigu dan anggur yang telah dihancurkan hingga menjadi adonan yang pas untuk lulur. Aplikasikan pada tubuh sebagai lulur dan diamkan selama lebih dari 15 menit, kemudian mandilah dengan air hangat.

2.Bawang Putih

1.Menyehatkan jantung

Bawang putih bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Manfaat ini paling efektif pada ekstrak bawang putih yang dikeringkan (aged garlic). Ekstrak ini disebut mampu mengurangi plak lunak dan bisa membendung pembentukan plak baru di arteri.

Meneruskan hasil penelitian Journal of Nutrition, ekstrak bawang putih yang dikeringkan menunjukan penurunan kadar kalsium dan protein C-reaktif dalam arteri yang merupakan tanda penumpukan plak yang bisa mempersempit atau meyumbat arteri serta memicu peradangan.

Apabila terus dibiarkan, maka seseorang akan rentan terkena stroke dan serangan jantung. Bukan hanya itu, kandungan sulfur dalam bawang putih bisa diubah oleh sel darah merah menjadi gas hidrogen sulfida yang berfungsi melebarkan pembuluh darah.

2.Mencegah alzeimer dan demensia

Antioksidan dalam bawang putih mampu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko terserang penyakit otak, seperti alzeimer dan demensia yang menyebabkan seseorang  kehilangan memori, kesulitan berpikir dan menyelesaikan masalah, hingga kesulitan dalam hal bahasa.

Nah itu dia artike dari saya kali ini tentang Membuat Sistik Renyah Dan Gurih semoga sangat bermanfaat dan membantu anda dalam membuat sistik sendiri, dan selamat mencobaa!.