Mengenal Monumen Jogja Kembali Monjali

1 min read

monumen jogja kembali nalatra.com

Rute perjalanan travel ke yogyakarta terkadang memaksa para driver mengambil keputusan untuk melewati jalan ring road utara. Biasanya ini terjadi saat musim liburan dimana kota jogja padat dengan kunjungan turis baik lokal maupun mancanegara.

monumen jogja kembali nalatra.com

Bila kita melintasi jalan Ring Road Utara Yogyakarta pasti akan melewati sebuah peninggalan bukti sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang diberi nama monjali atau kepanjangan dari monumen jogja kembali. Monumen ini memiliki ketinggian 32 meter dengan warna putih berbentuk kerucut.

Monumen jojga kembali sengaja dibuat sebagai sebuah benda sejarah untuk mengingat bagaimanan perjungan dalam upaya merebut Yogyakarta dai tangan penjajah. Bila anda masayarakat Jakarta mungkin akan menemukan kemiripan antara gedung juang 45 jakarta dengan monjali.

Tempat ini bisa menjadi tujuan wisata sekaligus wahana edukasi bagi putra putri anda. Dari tempat ini kita banyak belajar bagaimana kegigihan para pendahulu kita dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Lagi pula untuk berkunjung ke tempat ini tidak dibutuhkan biaya yang mahal.

Bangunan ini merupakan tempat menyimpan catatan sejarah atas peristiwa berdarah yang menggambarkan kondisi kota jogja dalam upaya merebut kembali dari tangan belanda. Di Monjali ada banyak diorama yang menceritakan peristiwa serangan umum yang terjadi pada tanggal 1 Maret 1949.

Selama berada dimonumen, para pengunjung akan diperdengarkan musik kebangsaan serta lagu perjuangan. Hal ini dilakukan pengelola agar para wisatawan yang datang ke tempat ini dapat hanyut terbawa suasana yang terjadi pada peristiwa tersebut.

Benda benda saksi bisu sejarah banyak dipamerkan ditempat ini. Pengunjung bisa melihat secara langsung peralatan atau senjata yang digunakan pada masa masa perjuangan dan mempertahankan kemerdekaan. Ada juga kereta kuda milik Jenderal Soedirman yang banyak menjadi objek photo para pengunjung.

Monumen jogja kembali menempati areal seluas 5.6 hektar. Arsitekter unik dengan bentuk kerucut membuat Monjali terlihat gagah seolah menunjukan bahwa tiada lagi yang bisa merebut jogja dari Indonesia. Akses dan pintu masuk terdiri dari 4 buah yang searah mata angin.

Meski peristiwa yang digambarkan terjadi pada tahun 49, Monjali bari dibangun sekitar tahun 1985. Jogja merupakan kota penuh misteri, salah satu yang belum terpecahkan adalah mengapa monjali bisa sejajar dengan tugu, Gunung merapi dan Keraton Yogyakarta

 

Wisata Pulau Komodo Labuan Bajo Sailing 3D2N

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terdapat di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan...
Guithay thay
2 min read

Destinasi Wisata Keluarga Lagi Viral di Jogja

Destinasi Wisata Keluarga Lagi Viral di Jogja – Kalau ingin merasakan suasana perlop dengan budget pas-pasan, tapi hati puas jawabannya merupakan tempat wisata keluarga...
Guithay thay
1 min read

Ini Dia Sewa Bus Klaten Surabaya

Ini Dia Sewa Bus Klaten Surabaya serta rasakan jalan-jalan ke mana pun Bepergian dengan armada bis merupakan cara mudah untuk melaksanakan perjalanan berbagai tujuan...
Guithay thay
1 min read