Mengenal Sam Smith, Biodata, Profil dan Karirnya

1 min read

Mengenal Sam Smith, Biodata, Profil dan Karirnya

Sam Smith merupakan seorang penyanyi dan penulis lagu bergenre pop.Dia menjadi terkenal ketika singlenya ‘Latch’ ditemani oleh duo, Guy dan Howard Lawrence pada alat musik elektronik mencapai tempat kesebelas di ‘UK Singles Chart’. Ketenarannya sebagai penyanyi tumbuh dengan single berikutnya ‘La La La’ dengan musik dari ‘Naughty Boy’ pada tahun berikutnya. Dia dinominasikan untuk ‘Sound of 2014’ yang dilakukan oleh BBC dan ‘Brit Critic’s Choice Award’ dan memenangkan kedua kompetisi. Album debutnya dengan sejumlah besar single menjadi hit besar baik di Inggris maupun AS. Dia juga menjadi terkenal karena dinominasikan untuk enam ‘Grammy Awards’ dan karena memenangkan empat dari mereka. Gaya bernyanyinya mencakup beberapa genre seperti pop, soul, R&B dan lainnya. Dia juga seorang selebriti media sosial terkenal dan memiliki penggemar berat mengikuti di berbagai situs jejaring sosial seperti Twitter, Facebook dan Instagram.

Sam Smith lahir dengan nama Samuel Frederick Smith pada 19 Mei 1992 di Bishop’s Stortford, Inggris dari fredrick Smith dan Kate Cassidy, yang merupakan pialang saham. Dia menghadiri ‘Sekolah Katolik St. Mary’ yang terletak di Bishop’s Stortford. Pada usia 8 tahun ia belajar bernyanyi di bawah pianis jazz bernama Joanna Eden di Saffron Walden di Essex dan kemudian bergabung dengan band jazz. Dia mulai bernyanyi sejak usia sangat dini dan bergabung dengan ‘Cantate Youth Choir’ dan ‘Bishop’s Stortford Junior Operatics’ yang kemudian dikenal sebagai ‘Bishop’s Stortford Musical Theater Society’.
Sam Smith mendapat kesempatan pertamanya ketika singlenya ‘Latch’ dirilis pada 8 Oktober 2012. Single ini langsung menghantam kesebelasan di ‘UK Singles Chart’. Sam Smith Age & Facts

Masa depannya sebagai sensasi bernyanyi mendapat dorongan lebih lanjut dengan album debutnya yang bertajuk ‘Lay Me Down’ pada Februari 2013. Pada 1 Mei 2013 ‘Naughty Boy’ memberikan iringan musik untuk singlenya ‘La La La’ yang mencapai posisi teratas dalam ‘UK Singles Chart’ tahun itu.
Sam merilis album mini pertamanya yang berjudul ‘Nirvana’ juga pada tahun 2013. Ini terdiri dari empat lagu ‘Safe With Me’, ‘Nirvana’, Latch dan ‘I’ve Told You.’ Pada 24 Juli 2013 lagu pertama ‘Safe With Me’ disiarkan untuk pertama kalinya di acara ‘BBC Radio 1Xtra’ yang dilakukan oleh ‘Mistajam’.
Pada 27 Desember 2013 Amazon.com menyatakan bahwa mereka menawarkan lagu ‘I’ve Told You Now’ yang dinyadingi oleh Sam di ‘Gereja Lama St. Pancras’ sebagai unduhan promosi gratis dari internet. Pada bulan Februari 2014, Sam Smith keluar dengan album keduanya ‘Money on My Mind’ yang sangat meningkatkan citranya sebagai penyanyi yang muncul.

Dia merilis album studio pertamanya ‘In the Lonely Hour’ pada 26 Mei 2014 dengan bantuan ‘Capitol Records’. Album ini didasarkan pada kehidupan cintanya yang tak terbalas dan mencapai posisi teratas di ‘UK Albums Chart’ segera. Ini juga mencapai posisi kedua di ‘Billboard 200’ di Amerika dan menjual salinan rekor di Amerika pada November 2014 dan Inggris pada Januari 2015. Tak mau kalah dengan Amazon.com, ‘iTunes Store’ juga mulai menawarkan lagu ‘Make It To Me’ sebagai unduhan promosi gratis dari internet mulai 13 Januari 2014.

Sam Smith terlibat dalam kasus pengadilan pada Oktober 2014 ketika Tom Petty mengajukan keberatan tentang penggunaan kata-kata dan frasa serupa dari lagunya ‘I Won’t Back Down’ yang telah ia rekam pada tahun 1999 dalam singel ‘Stay With Me’. Penyelesaian di luar pengadilan dibuat oleh Sam yang menurutnya Petty akan mendapatkan 12,5 persen royalti dari penjualan salinan ‘Stay With Me’.