Terbukti, 9 Macam Minyak Goreng Untuk Diet Sehat dan Aman

3 min read

Apakah kalian tahu ternyata beberapa minyak goreng aman dan sehat untuk diet? Pada kesempatan kali ini akan mengulas 9 minyak goreng untuk diet yang sehat dan aman. Kalian dapat mengganti minyak sawit dirumah menggunakan minyak goreng terbaik di bawah ini ya.

Biasanya kita menggunakan Minyak kelapa sawit untuk memasak, padahal minyak ini sering diduga sebagai minyak yang jahat, karena dapat menaikan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah kemudian dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dalam tubuh kita.

Maka dari itu daripada menggunakan minyak sawit, lebih baik menggunakan minyak yang lebih sehat. Pada umumnya minyak goreng yang sehat memiliki kadar lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, sehingga dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Nah tips diet untuk kalian yang menginginkan badan yang porposional, maka kalian harus mengganti minyak jahat menggunakan rekomendasi minyak yang terbukti dapat digunakan untuk diet dalam artikel ini.

Apa saya sih minyak goreng untuk diet yang sehat dan aman dikonsumsi? Yuk, daripada penasaran simak beberapa jenis minyak goreng untuk diet berikut ini :

9 Macam Minyak Goreng Untuk Diet Terbaik

1. Minyak Zaitun

Macam Minyak Goreng Untuk Diet Terbaik

Rekomendasi minyak goreng yang sangat baik digunakan untuk program diet yaitu Minyak zaitun. Minyak ini merupakan salah satu minyak goreng tersehat yang bisa Anda gunakan. Jika Anda mengonsumsinya secara rutin, minyak ini dipercaya bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, kanker, dan tentunya untuk program diet.

Kandungan asam oleat dalam minyak zaitun juga dapat memiliki sifat anti inflamasi, sehingga dapat membantu meredakan peradangan pada tubuh, termasuk persendian.

Bahan ini dapat digunakan sebagai minyak nabati yang sehat, tidak hanya karena manfaatnya bagi kesehatan, tetapi juga karena komposisi kimia di dalamnya dapat tetap stabil pada suhu tinggi.

Karena itu, minyak zaitun tidak mudah rusak saat digunakan. Jika ingin mencoba mendapatkan manfaat dari minyak ini, Anda bisa menggunakan minyak zaitun extra virgin Gallo untuk memasaknya terlebih dahulu. Minyak ini juga bisa langsung diminum dan digunakan sebagai bumbu salad atau sebagai bumbu perendam.

Baca Juga :

Macam-Macam Minyak Untuk Memasak dan Campuran Makanan

2. Minyak Canola|Minyak Goreng Untuk Diet

9 Macam Minyak Goreng Untuk Diet TerbaikSelanjutnya adalah minyak canola. Seperti namanya, minyak ini terbuat dari biji yang diekstrak dari minyak canola dan merupakan pilihan sehat untuk gorengan.

Mengandung 63% lemak tak jenuh tunggal dan asam alfa-linoleat yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol berbahaya dalam darah, sehingga dapat digunakan sebagai pengganti orang yang berusaha menurunkan kolesterol.

Namun, jika Anda memutuskan untuk menggunakan minyak canola, ingatlah untuk tidak membuatnya terlalu matang. Ini karena kandungan minyaknya menjadi berbahaya bagi tubuh manusia. Inilah mengapa minyak ini sering direkomendasikan untuk makanan cepat saji yang digoreng atau hidangan tumis.

3. Minyak Bunga Matahari|Minyak Goreng Untuk Diet

minyak Goreng Untuk Diet Terbaik

Terbukti bahwa Minyak bunga matahari bisa menjadi pengganti yang baik untuk minyak nabati atau minyak sawit dan sangat cocok digunakan untuk diet. Minyak ini mengandung banyak nutrisi bermanfaat, seperti asam oleat, betaine dan asam fenolat yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh.

Penggunaan Minyak ini cocok untuk menggoreng, menggoreng dan membuat kue, karena kandungannya tidak akan hilang meski terkena suhu tinggi.

4. Minyak Jagung|Minyak Goreng Untuk Diet

9 Macam Minyak Goreng Untuk Diet Terbaik

Pada Minyak jagung mempunyai kandungan asam lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan dengan minyak sawit.

Sehingga Minyak ini juga cocok digunakan untuk diet karena mengandung kandungan seperti asam oleat, asam linoleat, dan asam lemak tak jenuh tunggal yang mampu menyehatkan tubuh dan terhindar dari penyakit.

Jika rutin menggunakan minyak ini dapat membuat kulit menjadi semakin sehat karena banyak kandungan didalamnaya yang mampu mempercepat regenerasi sel kulit mati dan menutrisi kulit.

5. Minyak Wijen|Minyak Goreng Untuk Diet

9 Macam Minyak Goreng Untuk Diet Terbaik

Selanjutnya yaitu Minyak wijen, minyak ini merupakan salah satu minyak paling sehat yang dapat kamu temukan di pasaran karena terbukti dapat mencegah diabetes dan menurunkan kadar kolesterol.

Ternyata minyak ini terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah lesi atherosclerotic karena mempunyai kandungan antioksidan dan antiperadangan.

6. Minyak Kelapa

Banyak sekali macam macam minyak untuk memasak, Namun Jika kamu menginginkan tubuh yang lebih sehat, kamu bisa mengonsumsi minyak kelapa sebagai pengganti minyak kelapa sawit.

Kandungan dari minyak ini yaitu mengandung HDL atau kolesterol baik dan asam laurat tinggi yang dapat berfungsi untuk menurunkan risiko penyakit serangan jantung dan antibakteri pada tubuh.

7. Minyak Kacang

Mengapa minyak kacang merupakan minyak goreng yang sehat? Karena bahan ini kaya akan kandungan vitamin E yang bisa membantu menjaga tubuh dari serangan penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, kolesterol tinggi, dan diabetes.

Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, minyak kacang tanah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Karena kandungan asam lemak omega-6 di dalamnya cukup menyehatkan, maka akan menjadi sangat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Kandungan minyak kacang tanah, seperti lemak tak jenuh, vitamin E, seng, selenium, magnesium, dan kalium, terbukti dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker pada tubuh manusia. Perlu diketahui bahwa minyak kacang akan mengeluarkan rasa pahit saat dipanaskan.

Oleh karena itu minyak ini lebih cocok sebagai dressing salad. Tenang saja, jika Anda menggunakan minyak ini sebagai penyedap rasa tidak akan terlalu pahit.

8. Minyak Biji Anggur|

Kandungan dari minyak biji anggur memiliki lemak tak jenuh tunggal sebesar 17% dan juga lemak tak jenuh ganda sebesar 73%. Jumlah senyawa aldehida pada minyak ini juga jauh lebih rendah dibandingkan dengan mentega atau minyak hewani.

Selain itu, Kandungan pada minyak biji anggur tidak akan hilang ketika dipanaskan, sehingga minyak ini cocok digunakan sebagai minyak untuk memasak.

9. Minyak Alpukat

Rekomendasi minyak untuk diet selanjutnya yaitu Minyak alpukat, minyak ini merupakan minyak nabati sehat yang terbuat dari biji alpukat yang diproses dan diekstraksi.

Di Indonesia, penggunaan minyak ini mungkin belum begitu populer. Namun mulai sekarang, Anda bisa menjadikannya sebagai pilihan yang lebih sehat saat memasak.

Kelebihan mengonsumsi Minyak alpukat dalam jumlah yang cukup dapat membantu mengurangi kadar kolesterol berbahaya dalam darah, sehingga menjaga kesehatan jantung. Dan juga dapat membantu meredakan peradangan pada tubuh, termasuk mencegah radang gusi, dan kaya akan lutein yang baik untuk mata.

Kandungan lain dari minyak ini yaitu kaya akan potasium, vitamin B dan lemak tak jenuh tunggal, sehingga bisa menghindari rasa lapar dan membuat berat badan Anda turun dengan cepat. Jadi cocok sekali untuk diet.

Demikian ulasan mengenai 9 Minyak Goreng Untuk Diet Sehat dan Aman, semoga bermanfaat untuk kalian semua ya. Untuk informasi dan tips lainnya kalian dapat melihat disini. See you and keep healthy.

Synthesis Homes yang Pas untuk Milenial

Salah satu tujuan dibangunnya Synthesis rumah jakarta timur adalah menggairahkan bagi pasar properti, bersama dengan menghadirkan hunian bagi milenial yang jadi menggapai jaman mapan...
Guithay thay
1 min read

Mengenal Seluk Beluk Dari HEPA Filter

Kebersihan merupakan hal yang perlu diperhatikan setiap orang. Rumah yang terlihat bersih belum pasti benar-benar bebas mikropartikel atau mikroorganisme tak kasat mata. Namun hal...
Guithay thay
42 sec read