Beberapa Opsi Penting Dalam Perawatan Defibrillator

1 min read

opsi perawatan defibrillator

Defibrillator merupakan alat Elektromedik yang terdiri dari komponen elektronik. Komponen ini seringkali rentan terhadap kondisi dan keadaan lingkungan. Oleh sebab itu, anda yang memiliki alat Defibrillator hendaknya mengetahui langkah – langkah dalam perawatan defibrillator.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam pola perawatan alat Defibrillator ? Baik itu Defibrillator Manual ataupun AED (Automated External Defibrillator). Tentunya tidak terlepas dari bagaimana anda menggunakan, menyimpan dan melakukan maintenance atau pemeriksaan. Coba pahami beberapa aspek berikut ini.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Perawatan Defibrillator

1. Cara Menggunakan

Sebaiknya, yang akan menggunakan defibrillator diberikan pelatihan secara teknis. Dasar – dasar penggunaan dan juga secara maintenance. Hal ini penting ketika orang menggunakan alat ini dengan tidak benar, cenderung akan membuat alat ini menjadi tidak lagi terawat. Hendaknya anda menunjuk satu orang untuk melakukan pengujian atau perawatan secara berkala.

2. Lakukan Self Testing

Setiap perangkat Defibrillator dibekali dengan fitur Self Test. Bila AED anda jarang sekali digunakan, maka ada baiknya anda melakukan self test secara berkala minimal 1 bulan sekali. Hal ini penting untuk melihat performa alat anda dan menanggulangi secara dini ketika ada hal yang tidak benar.

3. Pad Dan Baterai

Khusus untuk AED, Pads dan Baterai memiliki umur simpan. Dan ketika sudah melebihinya, anda wajib untuk menggantinya dengan aksesoris yang baru. Anda bisa membeli baterai AED di toko khusus defibrillator dan pastikan tokonya Resmi agar anda tidak mendapatkan produk non original atau palsu. Demikian juga dengan Pads AED.

4. Kalibrasi Rutin

Perangkat ini juga membutuhkan kalibrasi, khususnya pada proses seleksi energi dan analisa pada grafik EKG pasien. Justru ini yang sangat penting karena dalam hal ini akan dapat membahayakan pasien apabila tidak pada satuan yang tepat.

5. Pemeriksaan Lengkap

Selain self test, perlu juga dilakukan pemeriksaan secara lengkap dan utuh dalam waktu tertentu. Bisa tahunan atau 6 bulan sekali. Pemeriksaan ini dilakukan secara menyeluruh pada berbagai macam komponen dan sistem yang terdapat di dalam alat AED atau Defibrillator tersebut.

Tips menentukan jenis flow meter yang hendak dipakai

Flow meter adalah alat instrumentasi guna mengukur aliran dari suatu fluida baik liquid ( liquid flowmeter), sludge ( sludge flow meter) maupun gas ( flow meter gas), baik...
Guithay thay
1 min read