Peluang atau Prospek Kerja Jurusan Manajemen Pendidikan Islam.

Dalam jurusan manajemen pendidikan islam banyak memiliki peluang atau prospek kerja setelah lulus kuliah. Nah di bawah ini ada beberapa prospek kerja jurusan Manajemen Pendidikan Islam yang bisa kamu pilih, yaitu:

  1. Tenaga Administrasi Pendidikan
    Gaji staf administrasi lembaga pendidikan atau sekolah berbeda-beda tergantung kebijakan yang diterapkan. Biasanya tenaga administrasi pendidikan bertugas untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan administrasi sekolah, atau yang dikenal dengan staf administrasi. Gaji bervariasi tergantung nilai nominal 1 sampai 3 juta rupiah per bulan, bahkan bisa lebih tinggi tergantung sistem yang ada di sekolah.
  2. Konsultan Pendidkan.
    Lulusan program Manajemen Pendidikan Islam dapat bekerja sebagai konsultan pendidikan di pesantren. Biasanya konselor memberikan informasi atau nasehat mengenai manajemen sekolah, sistem pendidikan berbasis Islam, program pendidikan yang meningkatkan karakter anak, dan lain sebagainya. Gaji konsultan pendidikan di pesantren tergantung kebijakan, tapi rata-rata gaji konsultan 2 hingga 4 juta rupiah per bulan.
  3. Pegawai Kementrian Pendidikan.
    Anda juga bisa memilih karir sebagai pegawai Kementerian Pendidikan alias ASN. Untuk menjadi seorang ASN, Anda harus melalui tahapan seleksi yang cukup ketat seperti tes CPNS. Gaji ASN di Kementerian Pendidikan bisa mencapai jutaan rupiah, minimal 3 juta rupiah belum termasuk tunjangan dan lain-lain.
  4. Guru Pendidikan Agama Islam.
    Alumni PAI dan Manajemen Pendidikan Islam memiliki kesempatan berkarir sebagai guru pendidikan Islam di sekolah-sekolah mulai dari SD, SMP dan SMA. Untuk menjadi seorang guru, Anda tidak hanya perlu menerima gaji, tetapi juga menggunakan ilmu yang diperoleh untuk kepentingan masyarakat. Gaji guru honorer di Indonesia masih membutuhkan nilai yang lebih tinggi. Memang, gaji guru honorer di berbagai daerah berbeda-beda bergantung pada lembaga pendidikan yang melayani mereka, dan berkisar antara ratusan ribu hingga satu juta rupiah. Namun, bagi Anda yang telah menjadi guru penuh waktu atau ASN mungkin menerima gaji dan tunjangan lebih dari cukup.
  5. Dosen.
    Pastikan Anda memiliki gelar master untuk bekerja sebagai anggota fakultas di kampus swasta atau publik. Gaji guru di Indonesia cukup memuaskan, mulai dari kisaran 4 juta ke atas.
  6. Pengelola Yayasan Pendidikan Islam.
    Kiprah atau karir lulusan Manajemen Pendidikan Islam sebagai pengelola atau pengurus program pendidikan di lembaga sekolah tertentu tidak bisa diberhentikan. Anda juga dapat memilih karir sebagai direktur lembaga pendidikan Islam yang bekerja untuk umat Islam. Tidak hanya bekerja untuk memenuhi kehidupan sehari-hari, pengelolaan yayasan juga bekerja dengan tujuan memberkati dunia dan akhirat. Tidak mengherankan jika gaji para pengelola yayasan bervariasi, bahkan ada yang ikhlas bekerja tanpa sepeser pun.

Related posts