Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Dijamin Kelar 10 Maret

FIM, Dorna, & ITDC putusan bulat melakukan pengaspalan Sirkuit Mandalika di beberapa bagian. PT Pembangunan Perumahan (PP) menjadi pihak kontraktor yg membangun lintasan primer Sirkuit Mandalika menjamin proses pengaspalan ulang ini, selesai paling lambat dalam 10 Maret 2022.

Setelah mendengar masukan berdasarkan rider MotoGP selama tes pramusim, otoritas penyelenggara MotoGP menetapkan buat melakukan pengaspalan ulang Pertamina Mandalika International Street Circuit, pada Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Seperti diberitakan sebelumnya kondisi aspal Sirkuit Mandalika jadi keluhan utama rider MotoGP. Beberapa rider menyampaikan material kerikil yang ada di lapisan aspal primer di beberapa titik, mudah terlepas, sehingga sangat berbahaya buat rider MotoGP ketika kecepatan tinggi.

Pihak penyelenggara MotoGP pun eksklusif merespons keluhan para pebalap terkait material kerikil yg terdapat di trek utama Sirkuit Mandalika. FIM, Dorna, dan ITDC setuju melakukan pengaspalan ulang di sejumlah bagian.

“FIM, yang mengawasi homologasi trek, sudah berkomunikasi menggunakan (pihak) Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengenai perbaikan yang dibutuhkan, yang akan dilaksanakan minimal tujuh hari sebelum peresmian Pertamina Grand Prix Indonesia,” tulisnya misalnya dikutip menurut situs MotoGP.

“Pemilik sirkuit ITDC sudah menyetujui penilaian dan permintaan FIM, menunjukkan tingkat dukungan & komitmen mereka yg tinggi terhadap olahraga tadi. Semua pihak sudah bereaksi menggunakan cepat dan upaya perbaikan ini telah berlangsung, termasuk pelapisan ulang sebagian lintasan”.

Ditegaskan jua bahwa Sirkuit Mandalika akan dilapis ulang di beberapa bagian, tepatnya sebelum Tikungan 17 (T17) sampai sesudah Tikungan lima atau T5.

Sirkuit Mandalika bakal diaspal ulang Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI

Target Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika

Direktur Utama PT PP, Novel Arsyad, berkata, pihaknya sudah mulai beranjak melakukan proses pengaspalan ulang beberapa bagian Sirkuit Mandalika. Novel mengungkapkan logistik yg diharapkan telah mulai dikirim menurut sejumlah wilayah.

“Per lepas 15 (Februari) Jasa Pengaspalan di Medan kami sudah berjalan, equipment semua berdasarkan Jakarta telah berkecimpung & kita menggunakan satu kawalan spesifik buat meningkatkan kecepatan sampai ke Lombok. Juga material menurut Palu, berupa batu pecah telah kita prepare. Dan kalau tidak ada halangan, besok pagi sudah langsung berangkat,” tutur Novel dalam Press Briefing Paska Mandalika MotoGP Official Test & menyambut Pertamina Grand Prix of Indonesia, Rabu (16/dua/2022).

“Dan seluruh personil terkait ini, berdasarkan kami juga dari consultant (RIM) juga akan tiba memastikan apa-apa saja yg kita lakukan pada perbaikan ini, on the track, sinkron spesifikasi yg ditentukan agar tidak terjadi hal-hal yang nir diinginkan,” sambung Novel.

Lanjut Novel menambahkan, proses pengaspalan ulang ini dijamin sanggup kelar kurang lebih seminggu sebelum penyelenggaraan MotoGP (18-20 Maret). Jadi para antusiasme otomotif dan olahraga MotoGP nir perlu khawatir.

“Kami telah punya schedule (jadwal) buat aplikasi ini, di mana Jasa Pengaspalan kinitelah berjalan, & kami schedule-kan paling lambat di tanggal 10 Maret, itu seminggu sebelum mulai (MotoGP), pekerjaan itu telah kita selesaikan. Dan insya Allah, 2 hari ke depan peralatan-peralatan berat sudah mulai di sana. Kami kerja 24 jam buat memastikan semua ini on schedule, on track, & sinkron dengan baku yg diinginkan,” sambungnya.

“Komitmen kami sesuai dengan apa yang kita bicarakan beserta, ITDC, MGPA, Dorna, maupun RIM, kita all out, on schedule kita selesaikan. Keyakinan kami, (pengaspalan ulang ini) terselesaikan satu minggu sebelum lepas 18, insya Allah mampu kita lakukan,” tukasnya.

Related posts