Apa yang Harus Disiapkan Sebelum Pengumuman SBMPTN 2021?

1 min read

Belajar setelah pengumuman SBMPTN 2021

Pengumuman SBMPTN 2021 akan dilakukan pada tanggal 14 Juni 2021. Pengumuman ini akan memberikan informasi siapa saja yang berhasil lolos dari jalur SBMPTN yang mana merupakan satu di antara beberapa jalur masuk perguruan tinggi negeri. 

Jalur lainnya adalah jalur SNMPTN yang sudah lebih dulu diumumkan hasilnya. Sedangkan untuk jalur yang lain adalah seleksi mandiri yang biasanya akan dilaksanakan setelah pengumuman SBMPTN disiarkan. 

Terkait dengan pengumuman yang akan segera diadakan, ada beberapa hal yang sebaiknya disiapkan terlebih dahulu. Hal apa sajakah itu? Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya disiapkan menjelang pengumuman SBMPTN 2021. 

Belajar setelah pengumuman SBMPTN 2021

Siapkan Mental Sebelum Membuka Website Pengumuman SBMPTN 2021

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah mental. Sebelum membuka website pengumuman SBMPTN 2021, tanamkan bahwa SBMPTN bukanlah tujuan akhir. Tujuan akhir masihlah panjang. Impian tidak akan pupus begitu saja meski tidak lulus SBMPTN karena masih ada banyak cara lain untuk meraih impian. 

Jika sudah siap secara mental, silakan mulai buka website pengumuman SBMPTN. Satu tips yang bisa dicoba adalah dengan menanamkan mental nothing to lose. Lulus SBMPTN berarti selangkah lebih maju dalam meraih impian. Tidak lulus pun impian tetap dapat diwujudkan. 

Siapkan Rencana B,C, bahkan D

Hal berikutnya yang bisa disiapkan adalah rencana lain. Ada banyak jalur untuk dapat berkuliah di perguruan tinggi negeri. Ada jalur SIMAK UI untuk dapat masuk UI. Mau masuk UGM masih ada UTUL UGM. Hendak berkuliah di UNS masih ada SPMB. Dan banyak lagi jalur lainnya. 

Siapkan rencana lain karena tidak ada yang tahu cara manakah yang paling manjur untuk mencapai tujuan. 

Tidak Lolos dalam Pengumuman SBMPTN 2021 Boleh Sedih, Tapi. . .

Kegagalan memang menyakitkan dan silakan untuk bersedih hati. Meski begitu, jangan sedih sampai berlarut-larut karena harus diingat bahwa seleksi mandiri pun sudah menanti di depan mata. 

Silakan sedih tetapi secukupnya saja. Segera bangkit dan kembali belajar supaya hasil dari ujian mandiri dapat maksimal dan bisa dinyatakan lolos dan berhasil masuk ke perguruan tinggi impian. 

Masih Ada Tahun Depan

Jika memang sebenarnya belum begitu siap untuk menghadapi ujian mandiri yang sudah semakin dekat tanggal pelaksanaannya, perlu diingat bahwa masih ada tahun depan. Masih ada kesempatan lain yang bisa dicoba. 

Selama menunggu ujian tahun depan pun bisa sambil melakukan hal lain seperti bekerja, fokus ke hobi, fokus belajar lewat aplikasi belajar online, dan kegiatan lainnya. 

Sekian beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum pengumuman SBMPTN 2021. Semoga dapat menjadi bacaan yang bermanfaat dan mudah-mudahan mendapatkan pengumuman seperti yang diharapkan.

Terus Belajar tuk Tingkatkan kemampuan Berpikir

Pepatah lama mengatakan bahwa pikiran itu layaknya pisau. Makin diasah, makin tajamlah ia. Hal ini boleh jadi ada benarnya. Terlihat dari para pemikir besar...
Guithay thay
1 min read

Profil singkat Rektor Universitas Suryakencana

PROF DWIJA Dilahirkan di Blora, pada tanggal 7 Oktober 1959, dari Ayahanda yang bernama H. Soekandi Danoeatmadja Almarhum ( Pensiunan Administratur Perum Perhutani)  dan...
Guithay thay
1 min read