Pentingnya Untuk Mengetahui Tips-Tips Dalam Keselamatan Kerja Listrik

1 min read

Alat keselamatan kerja – alat keselamatan dalam kerja iyalah alat yang harus di gunakan oleh pekerja baik yang di lapangan dalam kondisi kerja yang ekstrim sebagai bagian alat pelindung diri, namun tak banyak dari perusahaan atau karyawan yang memperhtikan hal ini. Kecelakaan dalam bekerja bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. membekali diri dengan alat keselamatan kerja akan melindungi diri dari berbagai bahaya berbahaya yang setiap saat terjadi.

Di indonesia masih sangat minim tentang kepedulian keselamatan kerja, baik itu dari perusahaan yang menaungi pekerja maupun pekerjanya sendiri. Ini membuat para pekerja menjadi nyaman dalam bekerja. Di indonesia banyak namun hal keselamatan kerja masih minim. Banyak situasi kerja yang membuat para pekerja menjadi tidak aman serta sangat rawan terhadap kecelakaan kerja, khususnya dalam kondisi medan kerja yang ekstrim.

Data di peroleh dalam badan keselamatan kerja, serta perusahaan-perusahaan besar di industri yang belum dapat menjalankan keselamatan kerja untuk para pekerjanya, hal seperti ini yang akan mengancam keamanan dan keselamatan kerja para pegawai.

 

Tips Keamanan Dan Keselamatan Bekerja Dengan Listrik

Peralatan  di gerakkan oleh tenaga listrik  di udara, kecelakaan bisa akibatkan  karena sentuhan atau akibat kelalaian dalam bekerja dengan peralatan listrik. Hal ini dapat dipahami karena biasanya alat- alat tersebut memiliki kapasitas yang besar, baik berupa putaran maupun tekanan. Oleh karena itu, sangat berbahaya jika kita kurang memahami ketentuan tentang keselamatan kerja.

Berikut tips dalam keamana dan keselamatan kerja listrik untuk menghindari kecelakaan lainya.

  1. Kenalilah peralatan dan jangan coba- coba

Jangan menggunakan peralatan yang digerakkan oleh tenaga listrik atau tekanan udara apabila belum tau atau paham, karena akan membahayakan jiwa atau barang.

  1. Yakin bahwa peralatan bekerja baik

alat keselamatan kerja  – Peralatan akan bekerja baik apabila dirawat. kabel yang terkelupas dapat menyebabkan hubungan pendek atau kebakaran( hubungan singkat/ korslet).

3.bekerja dengan perhatian, yaitu dengan tenang dan konsentrasi hanya dalam pekerjaan saja.

  1. Menggunakan alat pelindung ,Gunakan alat pelindung badan, jangan sampai terjadi kecelakaan.
  2. jangan menarik kabel listrik, jika kabel menggunakan stiker, ditarik akan mengakibatkan serabut kawat terputus.
  3. Jangan bekerja seorang diri
  4. Bekerjalah dengan satu tangan, Apabila bekerja pada peralatan listrik tsb usahakan menggunakan satu tangan, tangan yang lain masuk ke dalam saku. Maksudnya agar apabila terjadi aliran listrik pada tangan kanan, tidak mengalir ke tangan kiri lewat jantung.

8.jangan menyentuh aat yang memiliki tegangan listrik.

  1. jangan menggunakan aat listrik peralatan yang sangat mudah terbakar.
  2. Lihat prosedur pemakaian
  3. Jangan memperbaiki perelatan listrik yang masih bertegangan
  4. Periksa semua peralatan listrik sebelum digunakan
  5. Waspadalah,Waspadalah setiap saat merupakan kunci keamanan kerja, jangan melakukan kelalaian dalam melakukan pekerjaan.

 

alat keselamatan kerja – Alat keselamtan kerja wajib digunakan untuk melindungi diri dari bahaya- bahaya yang mengancam para pegawai. Maka seharusnya perusahaan maupun juga pekerjanya itu harus lebih memperhatikan keselamatan dalam kerja.

info untuk alat keselamatan kerja klik di sini

Aра Itu Pеmаѕаrаn Onlіnе?

Onlіnе Marketing Aра Itu Pеmаѕаrаn Onlіnе? Oleh Candra Haksono Pеmаѕаrаn оnlіnе аdаlаh рrаktіk mеmаnfааtkаn saluran berbasis wеb untuk mеnуеbаrkаn реѕаn tentang mеrеk, рrоduk, atau...
Guithay thay
6 min read