Penyebab Rinnai Water Heater tidak mau menyala

37 sec read

Saya dirumah ada water heater merek Rinnai ( bukan solahart )  yang pakai gas. Beberapa waktu yang lalu tidak mau menyala karena gas habis. Yang anehnya setelah saya ganti gas, masih juga belum menyala, saya periksa baterainya ternyata masih baik. Jadi apa ya sebabnya?

 

Untung saya ingat dulu pernah mengalami masalah yang sama. Awal mulanya sama, gas habis trus gas diganti tapi masih belum bisa menyala. Ganti baterai karena saya pikir baterainya yang soak ternyata tidak mengatasi masalah. Terpaksa saya telpon teknisi.

Ternyata yang dilakukan teknisi itu sederhana sekali, dia hanya mencopot selang gas yang ke water heater(tentu sebelumnya harus ingat mencopot regulator gas dari tabung gas agar tidak terjadi kebocoran gas).  Setelah dicopot dan pasang lagi, water heater sudah berfungsi normal.

Kalau tidak salah waktu itu sempat saya tanya sebabnya kenapa, menurut teknisi didalam water heater itu ada valve yang bisa stuck diposisi tertentu dan dengan mencopot selang gas bisa mengembalikan valve itu ke posisi semula.

Simple ya solusinya? Tapi agak menyebalkan juga kalau setiap ganti gas mesti copot selang gas dulu

Tips menentukan jenis flow meter yang hendak dipakai

Flow meter adalah alat instrumentasi guna mengukur aliran dari suatu fluida baik liquid ( liquid flowmeter), sludge ( sludge flow meter) maupun gas ( flow meter gas), baik...
Guithay thay
1 min read