Peralatan Untuk Membuka Usaha Catering Bagi Pemula

1 min read

peralatan untuk membuka usaha catering

Pada artikel kali ini saya akan membagikan peralatan untuk membuka usaha catering bagi pemula. Yuk simak, peralatan apa saja yang dibutuhkan.

Macam-Macam Peralatan Usaha Catering Untuk Pemula

usaha catering
Water Boiler

Tentunya Anda membutuhkan water cooker otomatis yang memudahkan Anda untuk menyajikan minuman panas dan hangat. Nah, ketel air ini berbentuk seperti dispenser portabel untuk menyajikan minuman panas. Kebutuhan akan minuman panas seperti teh, kopi seduh, dan lain-lain cukup populer di kalangan masyarakat mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu.

Pembuat wafel

Untuk kategori dessert, waffle merupakan salah satu dessert yang paling populer dan juga mudah dibuat. Agar wafel menjadi gurih dan memiliki rasa wafel terbaik, Anda juga perlu menyiapkan pembuat wafel dengan kualitas terbaik pula. Dalam hal ini, sangat disarankan untuk menggunakan pembuat waffle elektrik, yang memudahkan Anda dalam proses pembuatannya dan tidak mengkonsumsi energi yang signifikan.

Grinder

Dalam hal pengolahan makanan, peralatan wajib yang Anda miliki adalah grinder. Penggiling ini berfungsi sebagai pengaduk dan pengolah makanan, biasanya menutupi tepung untuk membuat kue dan sebagainya. Bagi Anda yang berencana menyediakan menu dessert, maka grinder perlu menjadi pertimbangan dalam daftar belanjaan Anda. Tentunya grinder yang dibutuhkan adalah jenis produk yang telah mendapat sertifikat dan diakui kualitasnya. Selain itu, grinder yang digunakan tidak menimbulkan bau tambahan, tambahan rasa, dan harus menghasilkan hasil yang rapi dan konsisten.

Kompor

Sebagai peralatan utama untuk memasak, tentunya kompor yang digunakan harus tahan lama dan berkualitas baik. Baik dari segi penggunaan gas maupun kenyamanan harus menjadi pertimbangan utama bagi para pelaku bisnis kuliner. Sebaiknya kompor untuk usaha kuliner lebih awet dan terbuat dari bahan yang lebih kuat dari kompor rumah biasa.

Sendok dan Garpu

Sendok dan garpu adalah sepasang alat makan yang tidak boleh dilewatkan karena penting juga untuk membantu kita memakan makanan. Ada berbagai jenis bentuk sendok dan garpu, mulai dari yang kecil, sedang, dan besar. Fungsinya berbeda,

seperti sendok besar untuk menyendok sayur dari piring gosok ke piring, kemudian ukuran sedang digunakan untuk makan nasi, untuk yang kecil dan bulat digunakan untuk makan sup, dan untuk yang lebih kecil digunakan untuk makan es krim. Begitu juga dengan garpu, ada ukuran sedang untuk makan nasi dan ukuran kecil untuk makan kue.

Pemanas Makanan

Pemanas makanan (chafing dish) adalah nampan penyajian makanan yang juga berfungsi untuk menjaga suhu makanan di dalamnya agar tetap hangat. Alat ini sangat berguna untuk menghangatkan makanan yang sudah matang karena jika dimasak lama-lama suhunya akan turun, sehingga harus diletakkan pada peralatan yang dapat menjaga suhu makanan tetap baik.

Dispenser Jus

Dispenser jus adalah alat yang digunakan untuk meletakkan segala macam minuman agar lebih mudah disajikan dengan hanya menekan tuas lalu air akan mengalir ke dalam gelas. Dispenser jus bisa diisi dengan berbagai macam minuman seperti jus jeruk, jus jambu biji, dan lain sebagainya.

Piring dan Mangkuk

Piring dan mangkok adalah wadah yang digunakan sebagai alat makan dengan meletakkan makanan di atasnya. Produk inilah yang mendukung buffet catering karena piring dan mangkok selalu digunakan pengunjung sebagai alas makan saat acara berlangsung. Biasanya piring dan mangkok katering menggunakan bahan porselen, keramik, atau kaca.

Baca juga; Resep Jantung Pisang Santan Pedas Serta Manfaat Jantung Pisang

Gunakan juga mesin pengupas bawang dan mesin giling bumbu dapur untuk membuat masakan catering.

Itulah pembahasan kali ini tentang peralatan untuk membuka usaha catering bagi pemula.