Perbedaan Tensimeter Manual Dan Tensimeter Digital

1 min read

perbedaan tensimeter manual dan digital

Perbedaan tensi digital dan manual sebenarnya terdapat pada cara penggunaanya. Namun lebih dari itu kalau kita rinci mulai dari ukuran fisik, komponen atau bagian – bagiannya serta harganya, tentu saja terdapat banyak perbedaannya. Untuk anda yang ingin membeli tensimeter untuk kebutuhan pribadi, lebih baik baca ulasan singkat ini tentang perbedaan tensi manual dan digital.

Perbedaan Tensimeter Manual dan Digital

Berikut ini point – point penting yang membedakan antara jenis tensimeter manual dan tensimeter digital.

# Penunjuk Tekanan

Pada tensimeter manual penunjuk tekanan digunakan sebuah manometer berupa jarum atau berupa tabung air raksa berskala. Sedangkan pada tensimeter digital, penunjuk tekanan berupa layar LCD.

# Cara Melihat Hasil

Untuk tensimeter manual hasil tidak bisa secara langsung terlihat pada manometer. Melainkan harus diamati dengan seksama dengan panduan tertentu. Sedangkan pada tensi digital, hasil sudah langsung muncul pada layar ketika pengukuran telah selesai dilakukan.

# Memompa Manset

Pada tensimeter manual manset dikembangkan dengan cara memompa bola karet. Sedangkan pada tensimeter digital, manset dikembangkan secara otomatis dengan menggunakan pompa dc yang terdpat di dalam unit. Dengan kita menekan tombol start, secara langsung manset akan terpompa dan mengembang dengan sendirinya.

# Daya Listrik

Pada tensi manual tentu saja tidak membutuhkan daya listrik untuk mengoperasikannya. Namun untuk tensimeter digital, sangat bergantung pada daya listrik yang umumnya menggunakan baterai atau catu daya eksternal (adaptor).

# Analisa Hasil

Perbedaan yang mendasar dari kedua macam jenis tensi ini adalah analisa hasil atau bagainana bisa diperoleh hasil pengukuran. Untuk tensi manual jelas, hasil diperoleh dari analisa pengukur secara manual. Sedangkan untuk tensimeter digital hasil diperoleh dengan menggunakan sensor yang terprogram dengan komputer mikro.

# Harga

Perbedaan yang paling mencolok diantara yang sudah kita sebutkan adalah harga. Ya, harga ternsimeter digital jauh lebih mahal dibandingkan dengan tensimeter manual. Namun demikian, anda bebas memilih mana yang menurut anda paling cocok untuk anda gunakan sendiri di rumah.

Nah itulah beberapa point perbedaan antara tensimeter digital dan tensimeter manual. Untuk anda yang belum memiliki tensimeter, anda bisa cek katalog produk tensimeter di website toko alat kesehatan PT Fulki Hasya.